My Buku Kuning Center : BINTANG AT-THAARIQ (PULSARS) DALAM AL-QUR'AN

Monday, May 07, 2012

BINTANG AT-THAARIQ (PULSARS) DALAM AL-QUR'AN


(وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ)
"Demi Langit dan Bintang at-Thariq (Pulsars)"
Autor: Med HATTA

Lihat: Neutron Stars And Pulsars
Kata  (الطارق)"Thaariq", nama Surah ke-86 dari al-Qur’an, berasal dari akar kata bahasa arab  (طارق)"thaariqun", yang arti dasarnya adalah "mengetuk atau memukul dengan cukup keras untuk menimbulkan suara", atau "menumbuk", atau "berdenyut atau berdetak". (Lihat: The Noble Quran's Divine Claims).
Penjelasan Pakar tafsir Dunia:
Bintang at-Thariq (Pulsars)
Ada beberapa pendapat dari para pakar tafsir dunia tentang ayat kajian ini, sebut saja misalnya:
  1. Ibnu Katsir, ia mengemukan pendapat Qatadah dan ahli tafsir terdahulu lainnya mengatakan: "Di namakan bintang thaariq karena muncul di malam hari dan menghilang pada siang hari…", dan menambahkan tafsiran Ibnu Abbas ra. tentang kalimat  (الثاقب)"ats-tsaaqib" dengan “bersinar”.
  2. Berbeda dengan Sayyid Quthub hanya mengomentari sebagai jenis bintang tertentu saja, tidak bersedia merincikan jenis bintang tersebut, bahkan berkesimpulan bahwa langit dan bintang-bintangnya semua memancarkan cahaya dikegelapan malam.
  3. Sedangkan Makhluf menafsirkan: "Yang diaksudkan disini (at-thaariq), yaitu bintang yang nampak di malam hari..", ia menambahkan: "an-najmu ats-tsaaqibu", yaitu yang bersinar, seakan-akan menembus kegelapan dengan cahayanya..” Seperti juga Sayyid Quthub, ia menyebut sebagai jenis bintang tertentu.
  4. Ash-Shabuni dan para penyusun Tafsir al-Muntakhab sepakat dengan pendapat Ibnu Katsir di atas, dan menambahkan bahwa selain kalimat sumpah ini menunjukkan jenis bintang tertentu, ada juga pembatasan dan pengkhususan yang tidak bisa dilupakan dalam ayat ini. Seandainya simbol at-Thaariq sama dengan semua bintang, tidaklah disebutkan dalam ayat ini dengan perincian sedetail ini...
Astronomi al-Qur’an Lebih 14 Abad Lalu Telah Mengkomfirmasikan Sebuah Bintang Yang Super Dahsyat bernama At-Thaariq (Pulsar):
Beli Bukunya Sekarang!
Dengan mempertimbangkan arti yang memungkinkan dari suku kata tersebut, yaitu memukul keras, berdenyut atau berdetak seperti dijelaskan di atas, dan penjelasan dari beberapa pakar tafsir dunia, perhatian kita akan diarahkan ayat ini pada sebuah kenyataan ilmiah penting. 

Istilah bintang disebutkan di dalam al-Qur’an sebanyak 14 kali, empat diantaranya bentuk single "an-najm", bintang pluralnya "an-nujuum", dan satupun diantaranya tidak ada disebut dengan "wat-thaariqi an-najmu ats-tsaaqibu", kecuali yang ada dalam surah yang dikaji ini. 

Allah SWT demi menggambarkan bintang maha dahsyat tersebu, Dia mengkomfirmasikan pada ayat ke-2 dan 3, lanjutan ayat kajian di atas, berfirman:
Artinya: "Tahukah anda apakah bintang Thaariq itu?, yaitu bintang yang cahayanya menembus".
Istilah at-thariq dalam ayat ayat kajian berarti sebuah bintang yang menembus malam, yang menembus kegelapan, yang muncul di malam hari, yang menembus dan bergerak, yang berdenyut atau berdetak, yang menumbuk, atau bintang terang. 

Dari ayat ke-3 surat at-Thaariq istilah "an-najmu ats-tsaaqibu", yang berarti yang menembus, yang bergerak, atau yang membuat lubang, mengisyaratkan bahwa: Thaariq adalah sebuah bintang terang yang membuat lubang dikegelapan dan bergerak, semua sifat-sifat ini mengidentifikasikan pada sebuah fenomena alam ruang angkasa yang super dahsyat, baru pada abad ke-20 ini ditemukan oleh sains modern, yaitu dikenal dengan "PULSARS".
Fakta Sains modern Tentang Pulsars:
Melalui penelitian oleh Jocelyn Bell Burnell, di Universitas Cambridge pada tahun 1967, maka sinyal radio yang terpancar secara teratur diperkenalkan sanis. Namun, hingga saat itu belumlah diketahui bahwa terdapat benda langit yang berkemungkinan menjadi sumber getaran atau denyut (detak) teratur yang agak mirip detakan jantung itu. (Lihat: Jocelin Bell Burnell).

Pada tahun 1967, para pakar astronomi menyatakan bahwa, ketika materi menjadi semakin rapat dibagian inti karena perputarannya mengelilingi sumbunya sendiri, medan magnet bintang tersebut juga menjadi semakin kuat, sehingga memunculkan sebuah medan magnet pada kutub-kutubnya sebesar satu triliun kali lebih kuat daripada yang dimiliki bumi. (Lihat: Discovering Pulsars)

Mereka lalu paham bahwa sebuah benda yang berputar sedemikian cepat dan dengan medan magnet yang sedemikian kuat memancarkan berkas-berkas sinar yang terdiri dari gelombang-gelombang radio yang sangat kuat berbentuk kerucut di setiap putarannya. 

Lalu, tak lama kemudian diketahui juga bahwa sumber sinyal-sinyal itu adalah perputaran cepat dari bintang-bintang neutron. Bintang-bintang neutron yang baru ditemukan ini dikenal sebagai "pulsar" (Radio Pulsars). Disebut demikian, karena menimbulkan denyutan-denyutan sinyal radio secara teratur setiap detik, yang mencapai tiga puluh kali denyutan perdetik. (Lihat juga: Pulsars)
Fungsi Bintang at-Thaariq (Pulsars) Dalam Kestabilan Cosmos Raya Termasuk Kelestarian Hidup Makhluk Bumi:
Konfigurasi Pulsar Kembar: Dua pulsar baru ditemukan cukup dekat untuk mempengaruhi balok masing-masing, yang ditunjukkan pada konsepsi artistik ini (Lihat: Pulsars Double Up)
Adalah rahmat Allah kepada semua manusia, bahwa denyutan-denyutan radio paling dekat kepada kita mencapai 5000 tahun cahaya, kalau tidak pastilah denyutan-denyutannya yang mengerikan tersebut akan menghancurkan semua tata kehidupan di bumi ini. (Dengar suara denyutan Bintang Pulsars Berikut ini)
  Dengar Suara Palsar 






PSR 0329+54
0.715 sec pulse




PSR 0833+45
89.3 msec pulse  




PSR 1937+21
1.56 msec pulse  
Bintang-bintang ini, yang berubah menjadi pulsar melalui ledakan supernova, tergolong yang memiliki massa terbesar, dan termasuk benda-benda yang paling terang dan yang bergerak paling cepat diruang angkasa. Sejumlah pulsar berputar 600 kali per detik. 

Kata pulsar berasal dari kata kerja "to pulse". Menurut kamus American Heritage Dictionary, kata tersebut berarti bergetar, berdenyut. Kamus Encarta Dictionary mengartikannya sebagai berdenyut dengan irama teratur, bergerak atau berdebar dengan irama teratur yang kuat. Lagi menurut Encarta Dictionary, kata "pulsate", yang berasal dari akar yang sama, berarti mengembang dan menyusut dengan denyut teratur yang kuat. 

Menyusul penemuan itu, diketahui kemudian bahwa peristiwa alam yang digambarkan dalam al-Qur'an sebagai thaariq, yang berdenyut, sangat identik dengan bintang-bintang neutron yang dikenal sebagai pulsars. 

Bintang-bintang neutron terbentuk ketika inti dari bintang-bintang maharaksasa runtuh. Materi yang sangat termampatkan dan sangat padat itu, dalam bentuk bulatan yang berputar sangat cepat, menangkap dan memampatkan hampir seluruh bobot bintang dan medan magnetnya. Medan magnet amat kuat yang ditimbulkan oleh bintang-bintang neutron yang berputar sangat cepat ini telah dibuktikan sebagai penyebab terpancarnya gelombang-gelombang radio sangat kuat yang teramati di Bumi. 

Pada ayat ke-2 surah at-Thaariq: "Tahukah anda apakah ath-Thaariq itu?", merujuk pada pemahaman Pulsar, yang terbentuk melalui pemampatan bintang yang besarnya beberapa kali ukuran Matahari, termasuk benda-benda langit yang sulit untuk dipahami. Pertanyaan pada ayat tersebut menegaskan betapa sulit memahami bintang berdenyut ini. (Wallaahua'lam) 

Artikel yang berhubungan:
  1. Fenomena Waktu dalam Al-Qur'an
  2. Bukit Thuur Sinai dan Segitiga Bermuda
  3. Galaksi Bima Sakti versi Al-Qur'an
  4. Bintang-Bintang di Ruang Angkasa Menurut Al-Qur'an
  5. Langit dan Sifat-Sufatnya dalan Al-Qur'an
  6. Kekayaan Alam dalam Al-Qur'an
  7. Bahtera Nuh dan TITANIC
  8. Khasiat Medical Buah Tin dan Zaitun Dalam al-Qur'an
  9. Black Hole dalam Al-Qur'an 
  10. Struktur Langit Dalam al-Qur'an 
  11. Cosmic Web Dalam al-Qur'an  
  12. Rotasi Bintang-Bintang Dalam al-Qur'an 
  13. Cahaya Senja dan Kiamat 2012
  14. Rasi Bintang Dalam al-Qur'an  
  15. Bintang Sirius Dalam al-Qur'an
Karya Terbaru Penulis:
Beli Bukunya Sekarang!
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading