My Buku Kuning Center : SEGERA TERBIT: CERITA SERU DARI NEGERI AL-MAGRIBI

Tuesday, May 29, 2012

SEGERA TERBIT: CERITA SERU DARI NEGERI AL-MAGRIBI


Autor: Arita Agustina Benyamin-Med HATTA

Sekapur Sirih:
"Dan kepunyaan Allah-lah al-Masyriq dan al-Magrib, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah (kekuasaan) Allah

Bumi Allah amat-lah luas maka berhijrah-lah
Jauh berjalan banyak-lah di lihat,,, 

Apabila anda berjalan ke Magrib
maka jangan-lah merasa garib
karena akan banyak hal lebih garib (unik)...

Penulis: Domisili di Maroko 2006 - 2010
Maroko, Le Maroc sebagaimana mereka sering menamakannya atau al-Magrib (Morocco: Inggris), adalah belahan bumi sangat asing bagi penulis, dan sama sekali tidak pernah terlintas dalam benak untuk menjajakinya apalagi sampai berdomisili di ujung dunia ini. Jangankan terpikir membayangkannya saja tidak sanggup, tetapi Allah berkehendak lain mempertemukan jodoh penulis di persinggahan nabi ini.

Maroko secara geografis terletak dibagian utara-barat benua Afrika, berbatasan dengan negara: Spanyol di sebelah utara, Aljazair di sebelah timur, Mauritania di sebelah selatan dan di sepanjang pesisir bagian baratnya terbentang lebar samudera Atlantik hingga ke benua Amerika. Jarak dari Indonesia sendiri sekitar 18.000 Km atau dapat ditempuh selama 18 jam non-stop via airplane

Negeri yang satu ini telah menyimpan 1001 kenangan yang pasti tidak akan terlupakan di hati penulis seumur hidup. Bagaimana tidak, di negeri Ibnu Batouta inilah penulis bertemu belahan jiwa, menikah dan mengarungi empat tahun bahtera rumah tangga kami bersama suami tercinta. Negerinya sangat eksotik membuat sulit untuk dilupakan begitu saja berlalu termakan waktu. 

Tulisan ini adalah bagian dari karunia berupa pengalaman yang harus penulis bagikan, sekaligus ingin sharing informasi tentang pengenalan tradisi, seni dan budaya masyarakat setempat (Maroko - pen). Penulis juga banyak membuat dokumentasi mengenai kisah-kisah perjalanan selama merantau di negeri yang indah ini. Berbekal dengan pengalaman tinggal selama empat tahun itu, dan keinginan kuat untuk bernostalgia dengan cerita-cerita unik yang penulis rasakan sendiri di sana, maka penulis tawakkal dan memulai mengerjakan buku ini. 

Penulis memilih Judul "Untaian Cerita dari Negeri al-Magribi", tadinya adalah nama dari site pribadi penulis, yang memuat kisah-kisah dan dokumentasi berbagai peristiwa unik yang penulis saksikan pada setiap kesempatan bertandan ke daerah-daerah Maroko yang indah, atau hasil jepretan dari objek-objek unik yang penulis tidak pernah jumpai di belahan dunia manapun termasuk di Indonesia, tidak juga di Qatar, tempat domisili penulis sebelumnya. 

Alasan lain yang paling prinsif mendasari penulisan buku ini adalah faktor sejarah yang kokoh: Pertama, Bumi al-Magribi merupakan batu loncatan pelebaran dakwah Islam pertama ke wilayah Eropa, di awali dengan invansi pasukan muslimin kedaratan Spanyol di bawah komando Panglima Thariq bin Ziyad (asal Maroko), yang kemudian wilayah pendaratan pertamanya di abadikan sebagai nama panglima legendaris yaitu Jabal Thariq. 

Selanjutnya mereka merebut wilayah demi wilayah sehingga dalam waktu relatif singkat sudah menguasai hampir semua benua Eropa. Pasukan muslimin yang gagah berani tersebut berhasil mendirikan sebuah imperium besar dan membangun kebudayaan Islam tersohor di bumi Andalusia. Mereka menancapkan kekasaan Islam di sana selama lebih dari 8 abad, hingga akhirnya direbut dengan paksa oleh pasukan salib. 

Peninggalan-peninggalan seni budaya mereka seperti keindahan kota Grenada, arsitektur istana dan mesjid al-Hamraa dan lain sebagainya masih utuh dan bisa disaksikan di sana sampai sekarang. Kejayaan Islam di Andalusia tersebut bisa eksis sepanjang itu tidak lepas dari bantuan dan dukungan sultan-sultan penguasa Maroko pada masanya. 

Kedua, hubungan emosional Maroko dan Indonesia yang sudah terjalin sangat lama, mulai dari kunjungan bersejarah ekspeditor dunia, sejarahwan dan ilmuan Islam terkenal Ibn Batouta ke Aceh pada abad 14 M. Dilanjutkan dengan kunjungan-kunjungan persahabatan pemimpin kedua negara, Sultan Muhammad V dari Maroko mengadakan kunjungan kenegaraan pertama ke Indonesia tahun 1960, kemudian bersama Soekarno dan beberapa pemimpin negara lainnya mendeklarasikan berdirinya Persatuan Negara-Negara Non-Blok di Bandung. 

Selanjutnya Presiden pertama RI Ir. Soekarno mengadakan kunjungan balasan pada tahun 1962 dan mendapat sambutan sangat meriah dari Raja dan Masyarakat Maroko, sehingga nama Soekarno di abadikan sebagai nama salah satu jalan protokoler di Ibukota Rabat. Dan nama-nama seperti Indonesia, Jakarta, Bandung, Bali atau Makazzar banyak ditemui sebagai nama sebuah jalan atau toko di kota-kota besar Maroko seperti di Casablanca dan Marrakech. 

Buku sederhana ini, selain berisi pengalaman priadi, objek-objek menarik, koleksi foto-foto unik, budaya dan tradisi masyarakat setempat, penulis juga tetap konsekuen memuat unsur sejarah dan kultur yang kental, untuk memberi nilai plus buku ini. Penulis menyajikan dalam metodologi sederhana sesuai dengan penulisan karya tulis saat ini, mudah dicerna dengan bahasa yang naratif deskriktif dan sangat bagus di baca oleh siapa saja. Berusaha menghindari sesuatu yang menyinggung dan mendeskreditkan budaya tertentu dan dijamin tidak merugikan pihak-pihak manapun

Penulis berharap buku ini dapat menjadi buku 'pintar' yang menawarkan info-info singkat dibutuhkan orang-orang yang ingin berwisata atau studi ke Maroko atau sekedar ingin tahu negeri matahari senja ini, dan menjadi tour naratif yang deskriktif sehingga seolah-olah pembaca dapat merasakan 'aroma' Maroko serta menyelami pengalaman penulis. 

Ucapan terima kasih yang sangat dalam penulis persembahkan kepada kedua orang tua yang membesarkan, mendidik dan mengantarkan penulis ke ujung paling barat belahan bumi, untuk bertemu jodoh dan melangsungkan resepsi pernikahan kami di negeri al-Magribi. 

Terima kasih dan persembahan yang sama penulis haturkan kepada Bapak Tosari Widjaja, Duta Besar LB/ BP RI di Rabat, atas apresiasinya mulai dari mensosialisasikan Site pribadi penulis ke masyarakat Maroko, hingga bersedia membaca ulang dan memberikan sambutan di dalam buku ini. Penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada suami yang dengan setia mendampingi serta menyemangati penulis hingga selesai buku ini. 

Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih yang sangat dalam kepada Bapak Sjachwien Adenan, Dubes RI di Rabat (2006 - 2010) dan juga kepada Ibu Dewi Sjachwien, yang telah memberikan bantuan riil dan materil kepada kami sehingga terlaksana acara pernikahan kami di Rabat (2 Maret 2006). Dan Kepada Bapak Mas'ud Thahir, penghulu yang bijaksana. Lebih Khusus penulis persembahkan buku ini kepada arwah yang suci Bapak Djuman Farid, saksi pernikahan, semoga beliau mendapat rahmat kedamaian dan kelapangan dalam kuburnya, amin. 

Serta kepada semua pihak yang telah andil dan berpartisipasi dalam resepsi kami tersebut, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan pula, hanya keterbatasan kertas inilah membatasi kami menyebutkan satu persatu. Semoga Allah SWT membalas budi baik semuanya. Amin! 

Akhirnya, penulis sangat yakin buku ini tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan, oleh karena itu barang siapa yang menemukan cela-cela yang tidak dimaksudkan tersebut mohon diluruskan dan diperbaiki.

DAFTAR ISI
  • Sekapur Sirih
MENGENAL MAROKO DALAM PETA DUNIA
RAJA DAN FIRST LADY MAROKO SEKARANG
Profil Singkat Raja Mohamed VI dan Beberapa Kebijakan Politiknya
  • Pendidikan Formal dan Informal Sidi Mohamed
  • Kebijakan Baru Politik
  • Penobatan Baru Yang Membawa Angin Segar Bagi Perpolitikan Maroko
SILSILAH KETURUNAN RAJA MOHAMED VI SAMPAI KEPADA NABI MUHAMMAD SAW.
Profil Singkat First Lady Lalla Salma (Permaisuri)
  • Kisah Pertemuan Cinderella Maroko
Negeri yang mencintai ilmu dan ulama
Umara dan Ulama Saling Berdampingan
  • Dourous al-Hassania
Hubungan Emosional Indonesia & Maroko SEPANJANG MASA
Mengenal kota-kota penting Maroko, strategis dan fungsinya
Rabat Ibukota Kerajaan Maroko
  • Sejarah Singkat kota Rabat
Casablanca Ibukota Perdagangan dan Industri
  • Casablanca 'Twin sister' Jakarta
Fes Kota Pendidikan & Spritual
Marrakech Kota Merah
Agadir Bali-nya Maroko
Tetouan Kota Unik Yang Pernah Bergabung Ke La Liga Spanyol
  • Wilayah-Wilayah yang meliputi Tetouan
  • Martil
  • Mdiq (Rincon)
  • Fnideq (Castikho)
Tanger Kota Ibn Batouta Yang Asri
Meknes Kota Seratus Menara
Kinetra Kota Mahasiswa Asal Asia Tenggara
Ouarzazate Hollywood Sahara
Tour & visit Maroko
Situs-Situs Bersejarah di Kota Rabat dan Sekitarnya:
Situs-Situs Penting Di Kota Casabalanca
Tempat dan Situs-Situs Bersejarah di Kota Fes
Tempat-Tempat Wisata Yang Penting Di Marrakesh
  • Djemaa elfna Tempat Pestival Sihir Terbesar:
  • Kompleks Mesjid Koutoubia
  • Jardine Majorelle Milik Monsiur Jacque Majorelle
  • Jardin Menara

  • Situs-Situs Sejarah di Tanger
    • Gua Hercules Sang Legenda Perkasa
    • Kasba
    • Makam Ibn Batouta
    Studio Film International Kebanggaan Maroko di Ourzazate
    Tradisi Masyarakat Maroko Dari EvenT ke EvenT Sepanjang Tahun
    Tradisi "Aouachir"
    • Sepuluh Hari-Hari Besar
    Friday Cous-cous
    Tradisi Malam 27 Ramadhan Lailatul Qadr
    Eid al-Adha Hari Pesta Kambing
    TRADISI UNIK TIDAK DITEMUKAN DI BELAHAN BUMI MANAPUN
     Tradisi Mirinda Minum Teh Sore
    • Cara Penyajian dan Bahan-bahan Atai
    • Jenis Dedaunan yang biasa dipakai membuat Atai
    Tradisi Ngape Massal di Café
    Tradisi Zerda Yang Super Heboh
    Budaya Parabola dan masyarakat Maroko
    Ritual Pernikahan Sakral Bagi masyarakat Maroko
    Ritual Yang Dilakukan Calon Pengantin Sebelum The Big Day
    • Hammam Pensucian Raga
    • Henna (Acara Beberiska)
    • H'dia (Hadiah)
    • Berza
    • Henna
    Busana Pengantin di Maroko Yang Serba Wah
    PENIKAHAN PALING BERSEJARAH DALAM HIDUP KAMI
    Pertemuan Ajaib di Negeri Ajaib
    • Menikah di Maroko
    Pakaian Tradisional Masyarakat Maroko (Djellaba)
    • Djabador
    • Caftan
    • Tachita.
    Pakaian Tradisional Maroko Bagian Selatan (Sahara)
    Pakaian Tradisional Kaum Pria Maroko
    • Gandora
    • Burnoose atau Selham
    • Baboosh (Sandal Kulit)
    • Tarbouche (Topi Merah)
    Pola dan Motif Zellige dari Berbagai Kota Maroko
    • Motif zellige berasal dari kota Fes
    • Motif zellige ini berasal dari Marrakech
    Gypsum
    Sdader (Sofa Panjang)
    • Perkawinan Sdader Maroko dan Sofa Jepara
    Karpet Tradisional Maroko
    • Karpet pedesaan
    • Karpet Perkotaan
    Tembikar (keramik khas maroko)
    Sulaman Khas Masyarakat Maroko
    Musik dan Tembang-Tembang Syaabi Maroko
    Musik Barbar
    Musik Chaabi (Traditional)
    Musik Andalus
    Musik Rai
    Kuliner TRADISIONAL khas Maroko
    Makanan pokok masyarakat Maroko
    Tajine: Jenis-jenis dan Resep
    • Tagine Kuali Ajaib
    • Tagine Kambing Prune, Bahan dan Cara Membuat
    • Tagine Ayam Berselaput Jagung Pipil Siram Telur, Bahan dan Cara Membuat
    • Tagine Ayam Anggur Kering, Bahan dan Cara Membuat
    • Tagine Telur Kiftah, Bahan dan Cara Membuat
    Couscous:
    Daun Tradisional Yang Selalu Ada Dalam Kuliner Maroko
    Kuliner Lumrah Tetapi Tidak Resmi
    • Nasi Minyok (Nasi Mauritania)
    • Salad Sayuran
    Jenis-Jenis Makanan Ringan Ala Maroko dan Falsafahnya
    Hidangan Berbuka Puasa ala Maroko
    Chobbakia DAN RESEP
    Harcha DAN RESEP
    Malwi DAN RESEP
    Bagrir
    • Resep dan Bahan-Bahan Bagrir
    • Cara Membuat Bagrir
    Pastella DAN RESEP
    • Pastella Bildi
     Harira
    • Resep dan Bahan-Bahan Harirah
    • Cara Membuat Harirah
    Chorba
    Jenis-Jenis Snack masyarakat Maroko
    • Bukaddilus
    • Patisserie
    • Shawarma
    • Machoui bel-Frit
    • Yaumy dan Danette
    • Kiri atau La Vache Qui Rit
    Patisserie Traditionnelle au Maroc
    Buah-buahan kering ala Maroko
    Hindi Buah Unik Favorit Masyarakat Maroko
    produk-produk herbal dan Minyak tradisional Maroko
    Minyak Argan
    Minyak Zaitun atau Zit zaitun
    Minyak biji bunga matahari (Nouar Lchams)
    pasar dan Mata uang Maroko
    Tragedi Di Pasar Kamra Dengan Driyal Maroko
    Convers Dirham dan Driyal
    Transportasi dan telecomunikasi Tradisional Maroko
    Bus Kota
    Taxi (Petite & Grand)
    Kereta api
    Bus antar kota (CTM)
    Royal Air Maroc (RAM)
    Telekomunikasi
    tokoh Penting Dunia Yang identik dengan al-magribi
    The Facts about Morocco
    Mengurus ID Card di Maroko
    Menikah di Maroko dan Syarat-Syaratnya
    Bahasa Resmi Yang Dipakai Maroko
    • Glossary bahasa Maroko sehari-hari
    Universitas-universitas yang ada di Maroko
    Daftar Silsilah Dinasti Alawiyine

    Selesai ditulis di Cempaka Putih, Pada hari: 20 Mei 2012
    By: Arita Agustina

    Artikel berhubungan:
    Post a Comment

    歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

    {} Thanks For Visiting {}
    {} شكرا للزيارة {}
    {} Trims Tamu Budiman {}


    MyBukuKuning Global Group


    KLIK GAMBAR!
    Super-Bee
    Pop up my Cbox
    Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
    Website Traffic

    flagcounter

    Free counters!

    ADVERTISING BUSINESS

    My AliExpress



    I K L A N | KLIK FOTO


    OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

    My Buku Kuning Global FB

    BOOK FAIR ONLINE 2013

    Book Fair Online

    KARYA TERAKHIR PENULIS

    KARYA TERAKHIR PENULIS
    @ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
    @ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

    Islamic Finder




    Date Conversion
    Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
    Day: Month: Year

    Google+ Badge

    My Buku Kuning Search

    Loading