My Buku Kuning Center : My Buku Kuning WIKI | IDRIS AS AHLI SAINS PERTAMA & AHLI ZIKIR:

Saturday, August 02, 2014

My Buku Kuning WIKI | IDRIS AS AHLI SAINS PERTAMA & AHLI ZIKIR:

IDRIS AS AHLI PENEMU DAN AHLI ZIKIR


Adalah nabi Allah Idris as seorang taylor, bahkan yang pertama kali memperkenalkan profesi itu di muka dunia. Dia tidak memasukkan atau mengeluarkan seuntai pun benang dari lobang jarum kecuali mengucapkan empat kalimat:

(سبحان الله، والحمد لله، ولا إله إلا الله، والله أكبر)


sehingga Allah mengatakan kepadanya: Hai Idris! Tahukah kamu kenapa Aku mengangkat martabatmu di sisi-Ku begitu tinggi? Sebagaimana firman Allah:
(ورفعناه مكاناً علياً)


Artinya: "dan Kami telah mengangkatnya (Idris) ke martabat yang tinggi". (QS: 19: 57)

Idris menjawab: saya tidak tahu wahai Tuhanku. Maka Allah menjawab: terangkat kepada-Ku setiap hari dari amalmu setara amal perbuatan dari separoh penduduk bumi karena banyaknya zikirmu. Lihat: "Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya" (QS: 35: 10).

Semoga Allah menjadikan kita semua sebagai orang-orang ahli zikir kepada Allah SWT,,, setiap kamu perbanyak perkataanmu banyak pula kesalahanmu,,,, kecuali berzikir kepada Allah semakin banyak kamu berzikir kepada-Nya maka semakin dikurangi kesalahanmu.

Ya Allah! Jadikanlah kami orang-orang ahli zikir, memuji dan bersyukur kepada-Mu. AMIN!

BIOGRAFI NABI IDRIS AS:

Nabi Idris as hidup sekitar 4533-4188 SM, adalah salah seorang rasul yang pertama kali diberikan tugas untuk menyampaikan risalah kepada kaumnya. Ia diberikan hak kenabian oleh Allah setelah Adam dan Syits. Bernama asli Khanukh (Akhnukh), ia dipanggil Idris karena ia selalu mempelajari mushaf-mushaf Adam dan Syits. Menurut buku berjudul The Prophet of God Enoch: Nabiallah Idris, Idris adalah sebagai sebutan atau nama Arab bagi Akhnukh, berasal dari kosa kata bahasa Arab, "darasa" yang memiliki arti belajar. Ia dijuluki demikian karena ia banyak sekali mempelajari ilmu, ia dianggap pula sebagai penemu tulisan dan alat tulisnya.

Diriwayatkan bahwa Idris lahir dan tinggal di wilayah Babil - Iraq, untuk berdakwah kepada kaumnya yang bernama Bani Qabil dan Memphis. Sedangkan beberapa kisah menyebutkan, ia lahir di daerah Munaf - Egypt. Namanya disebutkan sebanyak dua kali dalam Al Quran.

Ia juga dijuluki sebagai "Asad al-asad" (Singa dari segala singa) karena keberanian dan kegagahannya, sedangkan di dalam kisah lain, Idris diberi julukan "Harmasu al-Haramisah" (Ahlinya perbintangan).

Idris adalah keturunan keenam dari Adam, silsilah lengkapnya adalah sebagai berikut, Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qainan bin Anusy bin Syits bin Adam. Nenek moyang Nuh as. Menurut beberapa kitab tafsir, ia hidup 1.000 tahun setelah Adam wafat. Sedangkan dalam kitab Qishash al Anbiya karya Ibn Katsir dituliskan bahwa Idris hidup bersama Adam selama 308 tahun.

Nabi Idris dianugerahi kepandaian dalam berbagai disiplin ilmu dan kemahiran, serta kemampuan untuk menciptakan alat-alat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dalam beberapa kisah dikatakan bahwa Idris sebagai nabi pertama yang mengenal tulisan, menguasai berbagai bahasa, ilmu perhitungan, ilmu alam, astronomi, dan lain sebagainya. Menurut suatu kisah, terdapat suatu masa di mana kebanyakan manusia akan melupakan Allah sehingga Allah menghukum manusia dengan bentuk kemarau yang berkepanjangan. Nabi Idris pun turun tangan dan memohon kepada Allah untuk mengakhiri hukuman tersebut. Allah mengabulkan permohonan itu dan berakhirlah musim kemarau tersebut dengan ditandai turunnya hujan.

Nabi Idris diperkirakan bermukim di Mesir, Egypt di mana ia berdakwah untuk menegakkan agama Allah, mengajarkan tauhid, dan beribadah menyembah Allah serta memberi beberapa pendoman hidup bagi pengikutnya supaya selamat dari siksa dunia dan akhirat.

Ia dinyatakan di dalam Al Quran sebagai manusia pilihan Allah sehingga Dia mengangkatnya ke langit. Ibnu Abi Hatim dalam tafsirnya meriwayatkan bahwa Nabi Idris wafat saat beliau sedang berada di langit keempat ditemani oleh seorang malaikat. Ia hidup sampai usia 82 tahun.
 
 
 

Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading