My Buku Kuning Center : 9 IKHTISAR TAFSIR IBN KATSIR TERBAIK

Tuesday, January 19, 2016

9 IKHTISAR TAFSIR IBN KATSIR TERBAIK



DAFTAR KITAB-KITAB IKHTISAR TAFSIR IBN KATSIR

By: Buku Kuning Center

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، أما بعد:

PADA edisi lalu penulis telah merangkum (18) Kitab-Kitab Tafsir Simpel Terfavorit di Zamannya, yaitu merupakan kitab-kitab tafsir ringkas, sederhana, dan mudah dicernah oleh pembaca pemula dan menengah tanpa memerlukan penjelasan lebih lanjut. Dan kitab-kitab ikhtisar tafsir Ibn Katsir lebih berbobot dari semua itu – setidaknya – menurut pengamatan penulis.

Tafsir Ibn Katsir sendiri merupakan salah satu tafsir kategori kelas atas yang cocok bagi kalangan peneliti dan pemerhati ilmu tafsir, karena mengurai tuntas semua hadits, riwayat-riwayat, dan pendukung-pendukungnya yang berhubungan dengan tema kajian, yang hanya bisa digeluti oleh peneliti dan pemerhati ilmu itu saja. Adapun kitab-kitab ikhtisar Ibn Katsir yang akan penulis rangkum ini sangat cocok untuk kalangan pembaca menengah, dan jenis itu jumlahnya sangat banyak, tetapi penulis akan memilih 9 ikhtisar yang terbaik saja, seperti:





1. ‘Omdatut Tafsir ‘anil Hafiz Ibn Katsir, Karya Pakar Tafsir Dunia Ahmed Mohamed Syakir.
Kitab (عمدة التفسير عن الحافظ ابن كثير) merupakan salah satu ikhtisar tafsir Ibn Katsir terbaik dan tertua yang pernah penulis baca, pengarangnya Ahmed Syakir berusaha mendekatkan tafsir Ibn Katsir untuk pembaca kelas menengah. Dia tetap menjaga ciri khas utama tafsir Ibn Katsir seperti tafsir Alquran dengan Alquran; meringkas pada riwayat-riwayat yang paling autentik dari tafsir Alquran dengan Assunnah; membuang perkataan-perkataan shahabat dan tabi’in yang berulang-ulang dan mengambil sebahagiannya saja; menjauhkan semua riwayat-riwayat israiliyat dan sejenisnya; dan ikhtisar ini berusaha mempertahankan pendapat-pendapat Ibn Katsir dan penegasannya dalam menafsirkan ayat-ayat Alquran, serta mengupayakan sebisa mungkin memindahkan perkataan-perkataan Ibn Katsir sebaimana aslinya.
Ikhtisar ini merupakan karya besar yang patut dipuji, sangat layak dibaca, dan mengambil manfaat darinya. Adalah Ahmad Syakir – tadinya – memperingatkan tentang efek ikhtisar/ringkasan, tetapi kemudian dia kebutuhan yang urgen untuk meringkas tafsir Ibn Katsir secara khusus maka dibuatlah Ikhtisar Tafsir Ibn Katsir ini, dan dia membuka peluang pada siapa saja setelahnya untuk membuat ikhtisar serupa dengan metodelogi yang berbeda.
Ikhtisar (عمدة التفسير) dicetak oleh “Dar al-Wafa” dan “Dar Thyba” dalam 3 jilid, mencakup semua tafsir pada tahun 1424 H/2003 M.

2. Alyasir fi Ikhtisari Tafsir Ibn Katsir (اليسير في اختصار تفسير ابن كثير)
Karya tiga peneliti besar yaitu Shalah Mohamed Arafat, Mohamed Abdellah Assyanqiti, dan Khalid Fauzi Abdelhamid, di bawah editor yang mulia Syeikh Dr. Shalih Abdellah bin Hamid. Dan ikhtisar ini dicetak dalam 1 jilid besar, kertasnya ringan berdurasi tebal 2004 halaman dari kertas ukuran biasa. Diterbitkan oleh “Dar Al-Hudat”, Jeddah, Tahun 1426 H/2005 M. Ia merupaka ikhtisar yang bermutu tinggi bagi tafsir Ibn Katsir, yang benar-benar telah menutupi kebutuhan umat sebagaimana telah dilakukan oleh Ahmed Mohamed Syakir sebelumnya dengan ikhtisar Ibn Katsir.
Ikhtisar tafsir Ibn Katsir karya tiga peneliti besar ini istimewa karena teguh memelihara uslub Ibn Katsir secara utuh dan keistimewaan seperti itu nyaris tidak ditemukan pada ikhtisar selainnya. Ia meringkas tafsir Ibn Katsir terbatas pada riwayat Abu Amr Al Bashri yang merupakan pegangannya dalam tafsirnya bukan qiraat Hafash, sebagaimana dilakukan Ibn Katsir di dalam tafsirnya yang menafsirkan Alquran menurut qiraat Abu Amr kemudian menafsirkannya setelah itu dengan qiraat Hafash. Ikhtisar ini telah membuang semua sanad dan semua perangkap-perangkap bahasa serta sejenisnya. Oleh karena itu ikhtisar ini merupakan salah satu pelopor dari ikhtisar-ikhtisar tafsir Ibn Katsir.
3. Taisir Al’aly Alqadir fi Tafsiri Ibn Katsir, Karya Syaikh Mohamed Nasib Arrifa’i
Kitab ikhtisar (تيسير العلي القدير في اختصار تفسير ابن كثير) ini merupakan salah satu ikhtisar terbaik bagi tafsir Ibn Katsir, ia telah terbit lebih dahulu jauh sebelum diterbitkan ikhtisar Ahmed Syakir secara utuh. Oleh karena itu ia cepat beredar di kalangan pembaca, dan disamping karena metodelogi Syeikh Arrafa’i dikenal ramah.
4. Addarrun Natsir fi Ikhtisari Tafsirl Hafiz Ibn Katsir, Karya Dr. Mohamed Mousa Aal Nashar
Ikhtisar Ibn Katsir (الدر النثير في اختصار تفسير الحافظ ابن كثير) ini merupakan salah satu ikhtisar kategori baik bagi tafsir Ibn Katsir, ia telah didahului sebelumnya oleh Ikhtisar Syeikh Nasib Arrifa’i dan Ikhtisa Asshabuni. Dan telah diterbitkan baru-baru ini oleh “Dar Gharras” dalam satu jilid dicetak pada sisi mashaf. Ikhtisar ini telah membuang semua sanad dan semua perangkap-perangkap bahasa serta sejenisnya. Namun pengarangnya menambahkan darinya tafsir  sebagian ayat-ayat yang tidak ditafsirkan oleh Ibn Katsir, ia membatasinya pada hadits-hadits yang dianggapnya shahih saja. Ikhtisar ini kategori cukup baik.
5. Husnut Tahrir fi Tahdzibi Tafsir Ibn Katsir, Karya Tahyib Mohamed Alhammud Annajedi
Efesiensi bukanlah seperti ikhtisar, mengefesiensikan tidak sekedar membuang saja, bahkan terkadang menambahkan efesiensi pada kitab jika dipandang perlu. Kitab (حسن التحرير في تهذيب تفسير ابن كثير) ini terbit dalam 4 jili besar, pengarangnya menerapkan metode efesiensinya nyaris seperti metodelogi Syeikh Ahmed Syakir dengan tingkat kemiripan di atas 95 %. Bahkan dia mentrasfer penjelasan-penjelasan ikhtisar dari uraian Ahmed Syakir sendiri, meski terkadang menunjukkan beberapa perbedaan.
Kitab ini diterbitkan oleh “Jam’iyah Ihyaut Turats al-Islami”, Kuwait. Dan penulis kitab adalah dari salah satu pakar tafsir Kuwait, yang juga penulis kitab (المختصر المبين في مناهج المفسرين).
6. Ikhtisar Tafsir Ibn Katsir, Karya Syeikh Mohamed Karim Rajih
Kitab (مختصر تفسير ابن كثير) merupakan ikhtisar yang bagus, memelihara di dalamnya uslub Ibn Katsir, dan membuang seluruh sanad hadits, uraian-uraian, riwayat-riwayat yang berulang-ulang, dan hadits-hadits yang sama maksudnya, sama seperti dua ikhtisar sebelumnya. Diterbitkan dalam satu jilid dan tergolong kategori ikhtisar cukup baik.
7. Almishbahul Munir fi Tahdzibi Tafsir Ibn Katsir
Karya beberapa orang peneliti di bawah promotor Syeikh Shafiyur Rahman Almubarakfuri. Ikhtisar Ibn Katsir (المصباح المنير في تهذيب تفسير ابن كثير) ini tergolong kategori ikhtisar cukup baik.  Ia komitmen mempertahankan perkataan Ibn Katsir dengan persentase tinggi, mengambil secukupnya riwayat-riwayat yang paling shah, dan menguraikan keautentikan hadits-hadits pada sisi luar mashaf. Dan kitab ini meraih sambutan para pembaca serta beredar luas di pustaka-pustaka besar belakangan ini, ia banyak dibaca orang dan mengambil mamfaat dengannya.
8. Fathul Qadir fi Tahdzibi Tafsir Ibn Katsir, Karya Qadi Mohamed Ahmed Kan’ani
Kitab (فتح القدير في تهذيب تفسير ابن كثير) merupakan salah satu karya besar yang telah berupaya meringkas dan mengefesiensikan tafsir Ibn Katsir. Pengarangnya memiliki kemampuan yang patut dipuji dalam meringkas dan mengedit beberapa kitab tafsir yang lain dan mengementarinya. Kitab ini diterbitkan pada tahun 1412 H/ 2011 M oleh “Penerbit dan Distributor Dar Luban”, Cetakan lux dalam 6 jilid.
9. Alqabsul Munir Mukhtasaru Tafsir Ibn Katsir, Karya Dr. Mohamed Sulaiman Alasykar
Kitab Ikhtisar (القبس المنير مختصر تفسير ابن كثير) ini termasuk salah satu ikhtisar Ibn Katsir kontemporer yang dicetak baru-baru ini, pengarangnya memiliki karya lain sebelumnya yaitu meringkas kitab (فتح القدير) karya Assyaukani. Metode yang digunakan sama seperi metodelogi ikhtisar-ikhtisar sebelumnya, akan tetapi ia lebih banyak mengutak-atik pada redaksion, sehingga ia lebih pantas disebut tafsir Alasykar yang ditransfer dari tafsir Ibn Katsir. Dan ia lebih progresif berekspresi dan menentukan lebih dari ikhtisar lainnya, yaitu sebuah kerja yang patut dipuji.
Demikian beberapa ikhtisar tafsir Ibn Katsir yang telah penulis sebutkan di atas, dan tentu masih banyak ikhtisar-ikhtisar tafsir Ibn Katsir yang lain belum disebutkan di sini. Hakadza wa Bittaufiq!


BACA JUGA:
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading