My Buku Kuning Center : KITAB-KITAB TAFSIR TERFAVORIT DI ZAMANNYA

Monday, January 18, 2016

KITAB-KITAB TAFSIR TERFAVORIT DI ZAMANNYA



DAFTAR KITAB-KITAB TAFSIR SIMPEL FAVORIT DI ZAMANNYA

By: Buku Kuning Center

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، أما بعد:

“Jangan apriori menafsirkan Alquran, waktu yang akan menafsirkannya” (Ibn Abbas)

Setelah sebelumnya penulis me-review 10 Kitab Tafsir Populer dan daftar 10 kitab tafsir penting lainnya pada edisi lalu, maka pada edisi ini akan menguraikan daftar beberapa kitab tafsir kategori sederhana, ringkas dan simpel, yang dimaksudkan oleh pengarangnya menjelaskan makna-makna Alquran dengan uraian sesederhana mungkin, ringkas, simpel, dan tidak membutuhkan penjelasan tambahan seperti fotenote dan keterangan lainnya untuk memahami maksudnya, tetapi pembaca pemula akan langsung faham artinya meski tanpa bantuan apapun. Kitab-kitab tafsir terpavorit di zamannya pada kategori ini seperti Tafsir Jalalain, Tafsir Albaidhawy, dan sejenisnya yang tidak memerlukan penjelasan tambahan diperuntukkan bagi pembaca tahap awal dan menengah.





Penulis akan mengurut kitab-kitab tafsir kategori ini berdasarkan tahun meninggal pengarangnya, yaitu dengan gaya bahasa yang sesuai dengan masa penulisannya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan kitab-kitab tafsir kontempore sesuai dengan perkembangan zaman agar umat Islam mudah memahami Alquran dengan bahasa berkembang dimana ia hidup sekarang tanpa kesulitan. Dan tentu ini adalah tanggungjawab pakar tafsir sepanjang masa. Berikut daftar kitab-kitab tafsir sederhana dan ringkas, seperti:
1. Alwajiz fi Tafsiril Kitabil ‘Aziz Karya Imam Ali bin Ahmed Alwahidy (Wafat 468 H/1070 M)


Kitab Tafsir (الوجيز في تفسير الكتاب العزيز) atau “Tafsir Alwahidy” merupakan salah satu kitab tafsir ringkas tertua di dunia, Imam Alwahidy menulisnya atas permintaan murid-muridnya untuk mendapatkan sebuah kitab tafsir yang mudah dipahami, ringkas, simpel, dan hanya satu penjelasan sederhana saja dalam mengartikan ayat-ayat yang mempunyai banyak makna di dalam Alquran, maka ia memenuhi harapan murid-muridnya tersebut dan menulis kitab ini.
Imam Alwahidy menulis kitab tafsir ini sesederhana mungkin, enak dibaca, dan mudah dipahami pada masa penulisannya, ia wafat pada tahun 468 H/1070 M. Kitab tafsir ini kemudian ditahqiq oleh Shafwan Daudy dan dicetak oleh “Darul Qalam”.
2. Tafsir Kifayatu Dhu’afais Sudan Karya Abdellah Foudy (Wafat 1250 H/1834 M)
Tafsir (كفاية ضعفاء السودان) ini ditulis sangat sederhana oleh Abdellah Foudy berkebangsaan Nigeria (w 1250 H/1834 M) dengan penafsiran-penafsiran ringkas, simpel, dan mudah dipahami. Ia menulisnya berdasarkan Mashaf riwat Warasy bin Nafi dan mengikuti pendapat-pendapat Imam Malik dan sahabat-sahabatnya dalam masalah-masalah fiqhi, serta bebas dari penyimpangan-penyompangan yang disengaja.
3. Tafsir Taufiqur Rahman fi Durusil Quran Karya Syeikh Faishal Aal Mobarak (Wafat 1366 H/1946 M)
Kitab tafsir (توفيق الرحمن في دروس القرآن) ini asalnya adalah kumpulan dari pengajian-pengajian yang disampaikan oleh Syeikh Faishal Aal Mobarak di Masjid, lalu diraciknya dalam sebuah kitab tafsir menggunakan metode-metode Atthabary, Albaghwy, Ibn Katsir, dan yang lainnya. Bahasanya sederhana, tersusun baik, dan enak dibaca serta mudah memahaminya. Kitab tafsir ini dicetak terakhir oleh Darul ‘Ashimah di Riyadh, Edisi Kedua.

4. Tafsir Shafwatul ‘Irfan Karya Mohamed Faried Alwajedy (Wafat 1373 H/1953 M)


Kitab tafsir (صفوة العرفان) ditulis oleh Mohamed Farird Wajedy sekitar tahun 1321 H/1903 M, yaitu tahun terbit edisi pertamanya. Pengarang menulis pada awalnya sebagai refrensi pribadi yang ditulis dipinggir mashaf, dan tetap merujuk pada kitab-kitab utama dalam penyusunannya. Kemudian ia memandang perlu menerbitkannya lebih luas untuk kebutuhan publik. Kitab ini disebut sebagai satu kitab pelopor yang menafsirkan ayat-ayat Alquran dipinggir mashaf di mana halamannya tidak melebihi jumlah halaman mashaf. Bahasanya sederhana dan mudah dipahami, ia memulai dengan menyebutkan arti kata perkata ayat, lalu menjelaskan pengertiannya lebih menyeluruh dengan bahasa yang sederhana.

5. Attafsirul Wajiz li Kitabillahil ‘Aziz Karya Usamah Abdel Karir Arrifa’iy (Kontemporer)


Penulis kitab (التفسير الوجيز لكتاب الله العزيز) ini adalah dari keturunan Aal Arrifa’iy yaitu salah seorang ulama Suria kontemporer, yaitu putra dari Syeikh Abdel Karim Arrifa’iy. Dia menfokuskan tafsirnya pada arti kata perkata ayat Alquran deng bahasa sederhana pada bagian pinggir mashaf, lalu mengungkapkan setelah itu sebuah hadits yang ma’tsur pada setiap halamannya untuk menjelaskan ayat dari ayat-ayat yang terdapat pada halaman itu dengan harapan mendekatkan pembaca pada tafsir nabi SAW tentang ayat-ayat tersebut. Kemudian menambahkan keterangan sebab turunnya ayat dari kitab Assuyuthy (لباب النقول).

6. Almuntakhab fi Tafsiril Quran Disusun Oleh Lembaga Alquran dan Assunnah Kementerian Urusan Islam Mesir


Kitab tafsir (المنتخب في تفسير القرآن الكريم) disusun oleh gabungan beberapa ulama Al Azhar di Cairo-Mesir, ia merupakan penjelasan tuntas setiap ayat dari ayat-ayat Alquran dan ditulis dipinggir mashaf. Secara keseluruhan ia merupakan salah satu tafsir simple terbaik yang pernah penulis baca, meski masih perlu editing ulang dan diterbitkan kembali oleh Al Azhar dengan memperhatikan beberapa hal penting terutama masalah editorial dan tampilan luar seperti pada “Tafsir al-Muyassar” yang diterbitkan oleh Majma’ al-Malik Fahad, agar lebih mudah menyebarnya di antara pembaca di masjid atau majelis-majelis lainnya.

7. Alwajiz fi Tafsir Alquran Alkarim Karya Dr. Syauqi Dhaif (Kontemporer)

Penulis tafsir (الوجيز في تفسير القرآن الكريم) adalah seorang sastrawan besar Dr. Syauqi Dhaif yang wafat baru-baru ini, dan tafsir ini tergolong tafsir ringkas dengan bahasa yang sederhana, ia menafsirkan ayat-ayat Alquran secara simple dan ringkas. Penulis merujuk kitab-kitab induk dalam menyusun tafsirnya dan setelah itu meraciknya dengan gaya sastranya yang indah, dan di dalamnya terdapat suplemen dan perbandingan-perbandingan yang Teliti nan indah. Namun ia mesti diterbitkan lebih praktis dan indah dari terbitannya yang beredar sekarang dari penerbit “Dar Al Ma’arif”. Terbitan keduanya keluar tahun 1415 H/1994 M, tetapi karena bukunya terlalu tebal menyebabkan susah beredarnya dengan cepat. Sebagian peneliti tidak mengetahui tafsir ini karya Dr. Syauqi Dhaif karena dia lebih popular sebagai sastrawan dan pakar bahasa ketimbang sebagai pakar tafsir.
8. Attafsir Almukhtashar Asshahih Karya Prof. Dr. Hikmat Bachir Yasin
Kitab tafsir (التفسير المختصر الصحيح) ini tergolong tafsir ringkas dan simple, penulisnya cenderung merangkum di dalamnya penafsiran ulama-ulama salaf dari sahabat-sahabat dan para tabi’in serta sesudahnya. Dia telah mengisyaratkan nama-nama ulama salaf dan tafsirnya pada Mukaddimah tafsirnya. Metode tafsirnya sederhana dan simple, dan ditulis pada pinggir mashaf.
9. Almukhtashar Aljami’ fi Bayani Wujuhi Attafsir wa Asbabi Annuzul, Karya Abdessalam Mohamed ‘Allousy (Kontemporer)
Penulis Kitab (المختصر الجامع في بيان وجوه التفسير وأسباب التنزيل) telah berusaha menafsirkan Alquran denagn bahasa yang sesederhana mungkin, ringkas dan simple, namun terjebak pada kepanjangan dalam menafsirkan ayat-ayat Alquran. Tetapi karena bahasanya sederhana membuatnya dapat diterima oleh pembaca pemula. Kitab ini perlu dicetak ulang yang lebih ringan dan bagus dari cetakannya dari “Maktabah Arrusyd” dalam jilid yang sangat berat dan susah membanya.
10. Alkafi fi Tafsiri Al-ayaat wa Idhahi Alqiraat, Karya Abdel’aziz Rabah dan Basyir Juwaijati
Kedua pengarang kitab (الكافي في تفسير الآيات وإيضاح القراءات) ini fokus membuat tafsirnya dengan bahasa yang sangat Teliti dan lembut. Dan berusaha menjelaskan asbab nuzul pada setiap ayat yang ditafsirkannya. Lalu pada bagian bawah halaman mereka menguraikan jenis qiraat tujuh dan menjelaskan artinya dengan bahasa sederhana pula. Kitab ini diterbitkan oleh “Dar Alma’mun” di Suriah.
11. Attafsir Almoyassar, Disusun oleh Kelompok Pakar Tafsir Dunia
Kitab (التفسير الميسر) terbit dari Majma’ Almalik Fahad di Madinah Munawwarah pada Kementerian Syeikh Dr. Abdellah bin Abdel Muhsin Atturki, dan dia yang terakhir ini penggagasnya.  Ikut terlibat dalam menyusun kitab tafsir ini beberapa pakar tafsir besar dunia di antaranya: Dr. Abdel’aziz Ismail, Dr. Hikmat Basyir Yasin, Dr. Mohamed bin Abderrahman, dll. Editor Dr. Abdellah bin Abdel Muhsin Atturki, dan akan segera dicetak edisi keduanya serta akan ada beberapa perbaikan dari kesalahan-kesalahan yang ada.  Ia adalah tafsir lengkap dan sangat sederhana bahasanya serta cocok bagi pembaca pemula menelaahnya pada pinggir mashaf dan langsung memahami ayat dengan mudah.
Tafsir ini merupakan tafsir simpel terbaik menurut amatan penulis, sangat pantas dimiliki di rumah dan beredar luas di dunia Islam. Harganya memang tergolong masih tinggi sekitar SR. 35.
12. Attafsir Almanhaji, Disusun oleh Kelompok Pakar Tafsir Dunia di Yordania.
Kitab (التفسير المنهجي) sangat cocok dipelajari di Pesantren-pesantren dan sekolah, ia dibagi-bagi berdasarkan metode pengajaran di dalam kelas; ada keterangan atas kata-kata langka pada ayat; tafsir lengkap bagi ayat-ayat dengan bahasa sederhana; kemudian dilengkapi dengan berbagai pertanyaan, latihan-latihan, dan penguasaan materi layaknya kelompok materi-materi tafsir yang dipelajari di dalam kelas.
Tafsir ini disusun oleh kelompok pakar tafsir dunia di Yordania, di antaranya adalah Prof. Dr. Ahmad Khalid Syukri.
13. Attafsir Alwadhih Almuyassar, Karya Syeikh Mohamed bin Ali Asshabuni
Kitab (التفسير الواضح الميسر) adalah salah kitab yang ditulis oleh Syeikh Mohamed bin Ali Asshabuni, dia telah menulis kitab tafsir sebelumnya berjudul (صفوة التفاسير), (درة التفاسير), dll. Dan tafsir yang kita bahas ini merupakan karya tafsir terbaiknya. Bahasanya sederhana, ringkas, dan terkadang tambahkan faedah-faedah serta komentar yang bobot tinggi. Namun, disayangkan cetakannya kurang bagus meski telah dicetak berulang-ulang, semestinya dicetak dipinggir mashaf agar lebih sederhana, ringan, cantik dan mudah dibawahnya. Tafsir ini bebas dari ta’wil-ta’wil seperti pada tafsir (صفوة التفاسير), ia telah mengikuti metode tafsir salaf.
14. Attafsir Almuyassar Karya Syeikh Ayidh Alqarni
Kitab (التفسير الميسر) karya Syeikh Ayidh Alqarni tergolong tafsir simpel dan sederhana, ia meraih sambutan luas dari kalangan pembaca. Tetapi seandainya tafsirnya ditulis dipinggir mashaf tentunya akan lebih praktis, membawa berbagai faedah dan manfaat lebih tinggi.
14. Zubdatu Attafsir Karya Mohammed Al Asyqar
Kitab (زبدة التفسير) ini merupakan ringkasan dari (فتح القدير) karya Assyaukani yang diletakannya dipinggir mashaf, ia beredar luas ditengah-tengah masyarakat, dan bahasanya sederhana serta luwes.
15. Zubdatu Attafsir Karya Mohammed Al Asyqar
Kitab (زبدة التفسير) ini merupakan ringkasan dari (فتح القدير) karya Assyaukani yang diletakannya dipinggir mashaf, ia beredar luas ditengah-tengah masyarakat, dan bahasanya sederhana serta luwes.
16. Tafsir Alquran Linnasyiin, Karya Dr. Abdelhalim ‘Uwais dan Ali Jabar
Dua pakar tafsir dunia penyusun kitab (تفسير القرآن للناشئين) ini telah berusaha keras meracik tafsirnya sesederhana dan seefisien mungkin, dan keduanya telah berhasil maksimal; pertama-tama mereka menjelaskan arti kata perkata pada ayat dengan bahasa sederhana dan ringkas; lalu menjelaskan kandungan ayat dan menggabungkan potongan-potongan yang serupa dalam satu bahasan; kemudian mengeluarkan intisari-intisari ayat dalam bentuk pointer yang mencerahkan. Tafsir ini sangat cocok bagi pelajar pemula dan ini merupakan usaha besar yang patut dipuji, serta ini adalah karya ilmiah yang langka dari perpustakaan-perpustakaan dunia. Meski masih perlu diedit lebih bagus dan cantik.
17. Assahlul Mufid fi Tafsiri Alquran Almajid, Karya Dr. Abdelhayyi Alfarmawi
Kitab (السهل المفيد في تفسير القرآن المجيد) disusun oleh pakar tafsir dunia Prof. Dr. Abdelhayyi Alfarmawi dengan bahasa sederhana, meski terdapat beberapa ulasan-ulasan panjang tetapi mudah dipahami dan terjangkau oleh pembaca pemula sekalipun. Dia menjelaskan di dalamnya asbab annuzul, dan menerangkan panjang lebar pada ayat-ayat tertentu, serta berusaha menarik kesimpulan pada tema-tema penting di dalam ayat kajian dari faedah-faedah yang mencerahkan dengan seringkas mungkin. Telah dicetak dalam tiga juz oleh “Dar Alma’rifah – Bairut.
18. Almu’in ‘alaa Tadabburil Kitabil Mubin, Karya Syeikh Majd Makki
Tafsir (المعين على تدبر الكتاب المبين للشيخ) berdurasi 606 halaman dalam satu jilid tebal. Tafsirnya ditulis pada sisi samping dan bawah mashaf sehinggs tidak menambah lebih banyak dari halaman mashaf Madinah Munawwarah. Penulis Syeikh Majd Makki memberikan prolog pada mukaddimah tafsirnya berbicara tentang pentingnya tadabbur Alquran dan maknanya secara bahasa dan etimologi. Kemudian penulis menjelaskan tentang pentingnya selalu men-update penulisan kitab tafsir yang sesuai dengan kebutuhan zaman, bahasa dan pemahaman mereka. Penulis telah sukses meracik tafsirnya dengan bahasa simpel sederhana dan mendatangkan banyak manfaat.
Demikian 18 kitab tafsir simpel dan sederhana di atas, dan tentu masih banyak lagi kitab-kitab tafsir sejenis yang tak kalah pentingnya dari yang telah disebutkan. Penulis sengaja tidak mencantumkan satu pun dari kitab-kitab tafsir ringkasan dari tafsir Ibn Katsir yang jumlahnya cukup banyak, karena penulis akan menguraikannya secara khusus pada edisi lain setelah ini. Insya Allah,,,, Wa Bittaufiq!
 
BACA JUGA:
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading