My Buku Kuning Center : SYEIKH UTSMAN THAHA PENULIS ALQURAN YANG TAK DIKENAL:

Sunday, May 29, 2016

SYEIKH UTSMAN THAHA PENULIS ALQURAN YANG TAK DIKENAL:

Syeikh Utsman Thaha
(Penulis Alquran dari Aleppo)
By: My Buku Kuning Center

Anda yang selalu membaca Alquran pasti pernah membaca tulisan tangan tokoh satu ini? Dia adalah Assyeikh Utsman Thaha yang diserahi tanggungjawab menulis Mashaf Madinah al-Munawwarah, yang dicetak dan diterbitkan oleh Komplex Raja Fahd untuk percetakan Alquran Kerajaan Saudi Arabia (KSA). Ia juga merupakan salah satu anggota Dewan Juri pada Festival Lomba Kaligrafi Arab Internasional yang diselenggarakan oleh  Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Nama lengkapnya adalah Abu Marwan Utsman bin Abduh bin Hussain bin Thaha al-Halaby, lahir di pedesaan Shindi Aleppo - SYRIA, tahun 1934. Ia pertama kali menulis Alquran pada tahun 1970 dan diterbitkan oleh Kementrian Wakaf Syria. 



Lalu pada tahun 1988 ia datang ke Kerajaan Saudi Arabia dan ditunjuk sebagai penulis pada Komplex Raja Fahd untuk percetakan Alquran yang berpusat di Kota Madinah, dan sekaligus sebagai penulis resmi Alquran Mashaf Madinah. Pada tahun yang sama ia ditunjuk pula sebagai anggota Lembaga Dewan Juri Internasional untuk Festival Lomba Kaligrafi Arab yang diselenggarakan di Istanbul setiap tiga kali setahun.

Keistimewaan Mashhaf Alquran hasil tulisan tangan Syeikh Utsman Thaha adalah dimulai setiap halaman dengan awal ayat dan diakhiri dengan akhir ayat, dimana hal ini merupakan  inovasi baru bagi penulisan Alquran dan sebagai terobosan besar dari penulisnya... Bukan sampai disitu saja, bahkan ia merancang tulisannya dengan target 20 lembar setiap juz dari Alquran. Dia menambahkan 2 lembar pada juz pertama untuk memberikan estetika – khusus – pada surah Alfatihah dan pembukaan surah al-Baqarah, serta menambahkan 2 lembar juga pada juz 30 (terakhir) karena jumlah ayatnya terlalu banyak. Maka genaplah jumlah halaman Alquran menjadi 604 halaman.
Keistimewaan lain yang menakjubkan dari Mashhaf Alquran tulisan tangan Syeikh Utsman Thaha ini adalah memudahkan mencari halaman awal setiap Juz Alquran. Misalnya jika anda ingin mengetahui awal Juz 3 dari Alquran itu berada di halaman keberapa, maka cukup menulis angka 3 lalu kurangi 1, dan tentu hasilnya adalah 2. Kemudian hasilnya angka 2 tersebut perlu dikalikan dengan 2 (2x2=4). Selanjutnya letakkan angka 2 dibelakang hasil akhir tadi yaitu 4. Jadi Juz 3 berada pada halaman "42".

Contoh lain, Juz 9 berada pada halaman keberapa: (9-1=8) x 2 = (18), lalu letakkan angka 2 dibelakang hasil akhir, maka Juz 9 berada pada halaman "182".

Juz 25 berada pada halaman keberapa: (25-1=24) x 2 = (48), lalu letakkan angka 2 dibelakang hasil akhir, maka Juz 25 berada pada halaman "482". Dan seterusnya.
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading