My Buku Kuning Center : GURU SEJATI: SALMAN KHAN

Sunday, March 25, 2018

GURU SEJATI: SALMAN KHAN


PADA tahun 2004, seorang kewarganegaraan Amerika dari kedua orang tua imigran berasal dari Banglades Salman Khan, awalnya ia ingin membantu kemanakannya Layla (13 thn) yang tinggal sekitar 2000 Km dari tempat tinggalnya dengan memberikan pelajaran tambahan dalam memahami pelajaran Matematika. Khan memberikan pelajaran jarak jauh pada Layla dengan menggunakan telpon dan Internet. Sejalan dengan berjalannya waktu bertambah pula keluarganya yang ingin memperoleh kesempatan belajar yang sama darinya, maka mulailah ia merekam materi yang diajarkan melalui vidio dan disiarkannya via YouTube, dan hingga saat ini telah dimanfaatkan pelajarannya oleh sekitar 80 juta orang dari seluruh penjuru dunia.

(Lihat: Sambungan)


Pada tahun 2009, Khan yang telah memperoleh pendidikan dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Amerika, yang bekerja pada sebuah agen commercial ternama dengan gaji yang cukup tinggi, memutuskan untuk berhenti dari tempat kerjanya tersebut untuk konsentrasi mengajarkan materi Matematika, Fisika, Kimia, IPA, Ekonomi, Computer, dan Sejarah. Ia menyampaikan setidaknya 5 materi pelajaran dalam sepekan, dan setiap materi rata-rata berdurasi antara 8-15 menit.

Khan melakukan perbuatan kemanusiaan ini tanpa pamrih, ia yakin bahwa pekerjaan yang dilakukannya ini dapat membuka kesempatan bagi anak-anak yang putus sekolah karena membantu orang tuanya bekerja mencari rezki, maka mereka mempunyai kesempatan mengikuti materi-materi yang diajarkannya ketika pulang dari bekerja pada sore hari. Lalu mereka akan mengikuti ujian persamaan pada akhir tahun pelajaran.

Pekerjaan mulia yang digelutinya ini bukan tidak ada tantangan bagi Khan, adalah isterinya telah memberinya ultimatum yang cukup keras, yaitu ia harus segera mendapatkan sumber penghasilan alternatif sampai satu tahun dari mulai ia mulai meninggalkan pekerjaan aslinya. Karena meski jutaan Likes dan komentar yang ia peroleh di Internet atas kemuliaannya serta pujian dari berbagai respondens atas kepahlawanannya dalam mengajarkan ilmu itu tidaklah cukup untuk menghidupi keluarganya. Namun, tanpa dinyana tiba-tiba pertolongan Allah itu datang melalui tangan seorang Milyarder, orang terkaya di planet bumi Bill Gates, founding fathers Microsoft yang memberinya uang sebesar US $ 1.500.000, sebagai penghargaan atas jasanya sebaga “Pelopor Gerakan Pengguna Teknologi untuk Manfaat Pendidikan Yang Melibatkan Massa Yang Banyak”, dan dipuji oleh para pelajar dengan methode pengajarannya tersebut. Dan pada waktu bersamaan GOOGLE juga menganugerahinya US $ 2.000.000.

Maka jadilah Khan sebagai Celebrity baru dunia, ia diundang oleh berbagai media televisi dunia sekelas CNN dan sejenianya, menghadiri seminar dan simposium-simposium International, begitu pula sekolah Wilayah Calipfornia memutuskan untuk mempergunakan materi-materi pengajarannya yang terekam sebagai kurikum resmi untuk Kelas V SD dan Kelas I SMP, karena ketertarikan dewan pengajar terhadap metode penyampaian materinya.

Menurut Khan, sebaiknya santri/siswa mengikuti penjelasan materi-materi pelajaran di Internet pada sore hari, dan dijadikan sekolah sebagai tempat untuk mengerjakan latihan-latihan atau pendalaman, bukan sebaliknya, sebab guru pada saat itu berkonsentrasi untuk membantu setiap santri/siswa sesuai kebutuhannya masing-masing. Karena permasalahan sebenarnya bukan pada memahami pelajaran tetapi pada aplikasi apa yang yang diajarkannya pada santri/siswa dalam mengurai soal-soal atau latihan.

Salman Khan merekomendasikan agar santri mengutamakan belajar melalui monitor tanpa harus melihat pada guru, tetapi cukup mendengarkan suaranya saja, karena menurutnya itu dapat membantunya meningkatkan konsentrasi tanpa terpecah-pecah pikiran, begitu juga santri/siswa harus menulis tangan, bukan dengan bantuan komputer karena menulis dengan tangan akan membuat santri lebih percaya diri dan lebih akrab dengan gurunya.

Ajaibnya, bahwa orang-orang yang mengikuti pelajaran Khan, yang ada di dalam media elektronik: www.khanacademy.org. Tidak terbatas pada pengguna Bahasa Inggris saja, bahkan telah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dunia. Dan adalah orang Spanyol yang paling agresif menerjemahnya hingga saat ini.



Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

FRANCHISE DDI MART SYARIAH

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder

Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading