Minggu, Oktober 24, 2021

ALAM KUBUR DESTINASI PERTAMA MENUJU AKHIRAT :

*Dinamika Dimensi Ruang dan Geografi Dalam AlQuran (32)

Alam Barzakh

By: Med Hatta

"Dimensi ruang merupakan salah satu esensi utama dalam kehidupan manusia dan peristiwa-peristiwanya, dan ayat-ayat AlQuran memberikan perhatian khusus dalam dimensi ini, di mana ia terkadang mengajak kita berpetualang di antara tempat-tempat yang berbeda seolah-olah itu hanya satu tempat, pada kesempatan lain ia membawa kita menerobos di antara waktu yang berbeda seolah-olah itu hanya satu waktu (saja), kemudian bergerak dalam peristiwa masa lalu, masa depan dan tempat yang berbeda di berbagai pelosok bumi dan alam semesta, semua dalam satu waktu yang bersamaan, seolah-olah semua peristiwa terjadi di depan mata secara live streaming. AlQuran itu menyiarkan kepada kita waktu dan tempat untuk menjadikannya satu kesatuan dalam dinamika yang unik, dan tidak dapat ditemukan dimana pun selain dalam AlQuran. Setelah - sebelumnya - My Buku Kuning-kita melanglang buana dengan kajian ayat-ayat geografi AlQuran, maka - kini - kita akan berpetualang ke alam ghaib dengan ayat-ayat kajian yang baru, dan My Buku Kuning-kita akan memulai dari Alam Qubur atau Barzakh...!"

*BACA: VERSI SELULER

Allah berfirman :

وَلَا تُصَلِّ عَلَىٰ أَحَدٍ مِنْهُمْ مَاتَ أَبَدًا وَلَا تَقُمْ عَلَىٰ قَبْرِهِ 

Terjemah arti: "Dan janganlah engkau (Muhammad) melaksanakan salat untuk seseorang yang mati di antara mereka (orang-orang munafik), selama-lamanya dan janganlah engkau berdiri (mendoakan) di atas kuburnya." (QS. At-Taubah: 84);

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ 

Terjemah arti: "dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al-Hajj: 7) ;

إِنَّ اللَّهَ يُسْمِعُ مَنْ يَشَاءُ وَمَا أَنْتَ بِمُسْمِعٍ مَنْ فِي الْقُبُورِ 

Terjemah arti: "Sungguh, Allah memberikan pendengaran kepada siapa yang Dia kehendaki dan engkau (Muhammad) tidak akan sanggup menjadikan orang yang di dalam kubur dapat mendengar." (QS. Fathir: 22);

قَدْ يَئِسُوا مِنَ الْآخِرَةِ كَمَا يَئِسَ الْكُفَّارُ مِنْ أَصْحَابِ الْقُبُورِ 

Terjemah arti: "sungguh, mereka telah putus asa terhadap akhirat sebagaimana orang-orang kafir yang telah berada dalam kubur juga berputus asa." (QS. Al-Mumtahanah: 13);

ثُمَّ أَمَاتَهُ فَأَقْبَرَهُ 

Terjemah arti: "kemudian Dia mematikannya lalu menguburkannya," (QS. Abasa 21);

وَإِذَا الْقُبُورُ بُعْثِرَتْ

Terjemah arti: "dan apabila kuburan-kuburan dibongkar." (QS. Al-Infithar: 4);

أَفَلَا يَعْلَمُ إِذَا بُعْثِرَ مَا فِي الْقُبُورِ 

Terjemah arti: "Maka tidakkah dia mengetahui apabila apa yang di dalam kubur dikeluarkan," (QS. Al-Adiyaat: 9);

حَتَّىٰ زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ 

Terjemah arti: "sampai kamu masuk ke dalam kubur." (At-Takatsur: 2). 

Delapan ayat kajian di atas menunjukkan suatu alamat tempat yang familiar dengan manusia disebut "Kubur", dan semua orang - cepat atau lama - pasti akan pindah domisili di alamat itu. Secara sederhana kubur adalah tempat memakamkan jasad seseorang yang telah mengalami kematian, ia ibarat sebuah liang yang digali di atas lahan tanah tertentu, berbentuk persegi empat panjang, luasnya disesuaikan dengan ukuran tubuh orang yang meninggal dan dalamnya tidak melebihi dari 2 meter.

Dalam liang itulah akan dimasukkan tubuh orang yang meninggal, dimiringkan ke kanan, wajahnya menghadap ke qiblat lalu ditimbun rata dengan tanah. Dan tempat itu kemudian disebut pekuburan atau pemakaman. Berbeda gaya, model dan desain pekuburan pada setiap negara, bangsa, budaya dan agama, sebagaimana (juga) pekuburan di beberapa tempat di dunia menjadi simbol monumental sebuah negara tertentu, bahkan dijadikan sebagai destinasi parawisata.

Pada beberapa negara memakamkan jenazah anggota keluarga atau orang yang mereka hormati di dalam sebuah bangunan yang di desain khusus untuk pemakan keluarga atau tokoh penting yang mereka cintai. Seperti Taj Mahal yang memiliki arsitektur unik, indah dan historis di India, yang telah salah keajaiban dunia yang baru. Begitu pula Piramid Khufu di Mesir salah satu dari 7 keajaiban dunia yang masih utuh. 

Di Indonesia kita mengenal pemakaman umum San Diego Hills yang di tata mewah layaknya sebuah taman yang indah, orang-orang Yahudi kuno memahat gunung untuk meletakkan orang mati mereka, orang-orang Nasrani kuno membangun kuburan mereka dalam sebuah ruah di bawah tanah yang mereka sebut terowongan mayat. Dan orang-orang Tanah Toraja di Sulawesi Selatan meletakkan mayat-mayat mereka di dalam gua.

Namun, semua yang disebutkan di atas adalah penampakan-penampakan luar tentang dunia kubur belaka, sedangkan alam kubur yang sesungguhnya adalah suatu yang jauh berbeda, ia merupakan bagian dari alam ghaib yang hanya Allah (saja) yang mengetahui hakikatnya. Yang kita ketahui tentang kehidupan di alam kubur sedikit saja, hanya sebatas sebuah tempat atau destinasi pertama yang harus disinggahan oleh setiap jiwa untuk menunju perjalanan terakhirnya ke alam kekal di akhirat. 

Karenanya alam kubur juga lumrah disebut sebagai alam "Barzakh". Yaitu alam yang memisahkan antara alam dunia yang sementara dengan alam akhirat yang kekal abadi. Dan, di alam barzakh itulah setiap jiwa akan mengetahui nasib takdir terakhirnya, apakah ia akan mendapatkan kehidupan kekealnya dengan penuh kenikmatan dan kebahagian di surga sebagai balasan keimanannya, dan ataukah ia akan menjalani kehidupan penderitaan kekalnya di neraka dengan berbagai azab yang pedih, karena kekafirannya.

Oleh karena itu, kehidupan yang pasti dilalui oleh setiap orang ada 3; pertama, kehidupan dunia yang akan berakhir dengan kematian, kedua, kehidupan barzakh setelah kematian sampai hari kebangkitan di hari kiamat dan ketiga, kehidupan kekal di akhirat, apakah di surga atau di neraka Jahannam. Kehidupan di alam barzakh di alami oleh setiap orang setelah mengalami kematiannya sampai ia dibangkitkan, baik ia dikubur secara normal atau dibakar atau tenggelam di laut atau dimakan binatang buas. 

Keterangan tentang adanya kehidupan di alam barzakh, telah ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam berbagai atsar, di antaranya hadits nabi yang menjelaskan bahwa apabila jenazah seseorang telah dimakamkan dalam kuburnya ia akan mendengarkan suara langkah-langkah kaki keluarganya. Dan kehidupan dalam barzakh tersebut, bisa menjadi nikmat dan bisa juga terasa neraka. Karenanya, kubur seseorang bisa menjadi taman dari taman-taman surga baginya, atau menjadi liang dari liang-liang neraka. Allah berfirman :

ٱلنَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ أَدْخِلُوٓا۟ ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ ٱلْعَذَابِ

Terjemah Arti: "Kepada mereka diperlihatkan neraka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Lalu kepada malaikat diperintahkan), "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras!" (QS. Ghafir: 46).

Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya iman, maka mereka akan memasuki kuburnya dengan damai dan tenang, dan apabila mereka ditanya oleh 2 malaikat maka ia akan menjawabnya dengan meyakinkan, berkat keimanan, ketaqwaan dan amal baiknya, serta persiapannya yang prima menghadapi hari akhirat. Allah berfirman :

يُثَبِّتُ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ بِٱلْقَوْلِ ٱلثَّابِتِ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ ۖ وَيُضِلُّ ٱللَّهُ ٱلظَّٰلِمِينَ ۚ وَيَفْعَلُ ٱللَّهُ مَا يَشَآءُ

Terjemah arti: "Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (dalam kehidupan) di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan Allah berbuat apa yang Dia kehendaki." (QS. Ibrahim: 27).

Bagi seseorang yang telah dikuburkan, maka akan datang kepadanya 2 malaikat yang diutus oleh Allah untuk bertanya kepadanya tentang Tuhan yang ia sembah, nabi yang diikuti dan pedoman yang diimami. Dan setelah kedua malaikat itu berlalu - setelah diperlihatkan bakal tempatnya di surga atau di neraka - maka dimulailah kehidupan baru di alam kubur; jika seorang hamba yang beriman maka rumah kuburnya akan dilapangkan, diberikan fasilitas-fasilitas surgawi dan senantiasa berharap agar kiamat dipercepat untuk segera menikmati the real surga yang diidamkannya. 

Dan bagi hamba-hamba yang kafir dan zalim maka mereka setelah ditanya oleh 2 malaikat dan diperlihatkan bakal tempatnya di neraka, maka mereka berharap tidak terjadi kiamat sehingga mereka tidak masuk ke dalam neraka yang sangat mengerikan. Mereka memulai kehidupan kubunya yang amat sempit dan merasakan azab kubur dari berbagai arah. Dan azab yang paling menyakitkan mereka di alam kubur adalah diperlihatkannya bakal tempat penyiksaan yang menanti dirinya di neraka setiap pagi dan petang. Allah berfirman :

ٱلنَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ۖ 

Terjemah Arti: "Kepada mereka diperlihatkan neraka, pada pagi dan petang."

Wallahul Musta'an !


Kajian Berhubungan : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam!