Selasa, Januari 31, 2012

SILSILAH PARA NABI, RASUL DAN BANGSA-BANGSA DUNIA

SILSILAH PARA NABI, RASUL DAN BANGSA-BANGSA UMAT MANUSIA DI DUNIA MENURUT AL-QUR'AN
Oleh: Med HATTA
Sepakat seluruh ahli teologi, ahli sejarah dan ahli-ahli sains lainnya, bahwa manusia pertama yang mengisi planet bumi ini adalah pasangan ayahbunda Adam dan Hawa. Namun, tidak ada catatan pasti kapan kedua bapak manusia tersebut mulai mendiami permukaan bumi kecuali hanya ada beberapa konfirmasi yang telah disebutkan di dalam al-Qur'an, menceritakan awal penciptaan Adam, dari mana dia diciptakan. Kemudian diciptakan pula isterinya Hawa, bagaimana mereka berdua menjalani hidup di surga dan beradu kejeniusan dengan malaikat, sampai perseteruan mereka dengan Iblis, hingga akhirnya takdir Allah menentukan kedua bangsa ciptaan Allah tersebut diusir dari surga untuk menjadi musuh abadi di dunia. 

Senin, Januari 30, 2012

ULUMUL QUR'AN III

(Pertemuan Ke-3) : 

SEBAB TURUN SEBAGIAN AYAT AL-QUR’AN 
Oleh: Med HATTA
Mukaddimah:
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، وبعد

Ilmu Asbab an-Nuzul atau tafsirnya, adalah salah satu cabang ilmu dalam Islam yang secara khusus membahas sebab-sebab atau latar belakang turunnya ayat-ayat al-Qur’an; kasus-kasus dan peristiwa-peristiwa yang berhungan dengannya; dan membahas juga tentang waktu dan tempat turunnya ayat al-Qur’an.

Sabtu, Januari 28, 2012

TAFSIR AYAT AHKAM II | AHKAM AT-TAYAMMUM :

Pembahasan III: 
Hukum-Hukum tayammum[48]
By: Med Hatta

Allah berfirman: 

(وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ)

Terjemah Arti: “dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau habis buang air atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak mendapatkan air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu” (QS. An-Nisa: 43).

Jumat, Januari 27, 2012

TAFSIR AYAT AHKAM II | AHKAM AT-THAHARAH :

Hukum-Hukum Mandi Wajib (Junub) :

(Sambungan: Tafsir Ayat-Ayat Ahkam II)

By: Med Hatta


ALLAH berfirman: 

(وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا) 

Terjemah Arti: “dan jika kamu junub” (QS. Al-Maidah: 6) :

Kamis, Januari 26, 2012

TAFSIR AYAT-AYAT AHKAM II | AHKAM AT-THAHARAH (WUDHU) :

(Pertemuan Ke-2)
AHKAM AT-THAHARAH | Hukum-Hukum Wudhu)[1]
Oleh: Med HATTA
Mukaddimah:

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، وبعد!

1. Allah berfirman dalam Surah an-Nisaa’: 43:

Rabu, Januari 25, 2012

ULUMUL QUR'AN II

(Pertemuan Ke-2)
TURUNNYA AL-QUR’AN & PENGUMPULANNYA
DALAM SATU MASHHAF[1]
Oleh: Med HATTA

Mukaddimah:

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، وبعد!

Al-Qur’an al-Karim adalah ni’mat langit ke bumi, merupakan tali penghubung antara hamba dan penciptanya, diturunkan melalui ar-Ruh al-Amin Jibril as kepada rasul yang mulia Muhammad SAW dengan benar untuk menjadi peringatan bagi semesta alam, petunjuk dan penolong, sebagaimana firman Allah pada ayat ke-174, surah an-Nisaa’:

Senin, Januari 16, 2012

TAFSIR AYAT-AYAT AHKAM I

(Pertemuan Perdana)
PENGANTAR UMUM TAFSIR AYAT-AYAT AHKAM[1]
Oleh: Med HATTA

Mukaddimah:

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، وبعد!

Sejarah Perkembangan Tafsir Ayat-Ayat Hukum[2]
Tafsir fiqhi atau ayat-ayat ahkam (hukum) telah tumbuh dan berkembang semenjak era rasulullah SAW, karena ia merupakan bagian dari al-Qur’an yang diturunkan Allah kepadanya. Jenis tafsir ini termasuk bagian dari tafsir rasulullah SAW yang telah disampaikan kepada manusia, karena banyak sekali dari ayat-ayat yang diturunkan kepada rasulullah SAW merupakan ayat-ayat “al-far’iyah” (subtansial), yang dikenal “al-mushtalah” dalam terminologi fiqhi. Maka rasulullah SAW menafsirkannya kepada sahabat-sahabatnya dengan perkataan dan perbuatannya; Beliau menjelaskan yang totalitasnya, me-menspesifikasikan yang absolutnya, dan mendefinisikan yang substansialnya; serta beliau menjelaskan kepada mereka apa-apa yang rumit dari ayat-ayat tersebut. ---- (Lihat: Sambungan)

Rabu, Januari 11, 2012

PENGANTAR UMUM TAFSIR AYAT-AYAT AHKAM

Pertemuan Perdana*
Oleh: Med HATTA
Mukaddimah:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، وبعد!

Sejarah Perkembangan Tafsir Ayat-Ayat Hukum[1]

Tafsir fiqhi atau ayat-ayat ahkam (hukum) telah tumbuh dan berkembang semenjak era rasulullah SAW, karena ia merupakan bagian dari Alquran yang diturunkan Allah kepadanya. Jenis tafsir ini termasuk bagian dari tafsir rasulullah SAW yang telah disampaikan kepada manusia, karena banyak sekali dari ayat-ayat yang diturunkan kepada rasulullah SAW merupakan ayat-ayat “al-far’iyah” (subtansial), yang dikenal “al-mushtalah” dalam terminologi fiqhi. Maka rasulullah SAW menafsirkannya kepada sahabat-sahabatnya dengan perkataan dan perbuatannya; Beliau menjelaskan yang totalitasnya, me-menspesifikasikan yang absolutnya, dan mendefinisikan yang substansialnya; serta beliau menjelaskan kepada mereka apa-apa yang rumit dari ayat-ayat tersebut.    (Lihat: Sambungan)

Senin, Januari 09, 2012

ULUMUL QUR'AN I

(Pertemuan Perdana) : 

PENGANTAR UMUM ULUMUL QURAN [1]
Oleh: Med HATTA
Mukaddimah

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، وبعد!

Ulumul Quran (علوم القرآن) “Ilmu-ilmu AlQuran”, tersusun dari dua suku kata bahasa Arab, yang saling menjelaskan satu sama lain dengan mempelajari salah satu bagiannya, yaitu: (علوم) “’Ulum” dan (القرآن) “AlQuran”. Adapun (علوم) “’Ulum” single (علم) “’Ilm” (ilmu), yaitu kata dasar dari bahasa Arab yang berarti memahami dan mengetahui. Dan ilmu kontra bodoh. (Lihat: Lisanul Arab).