My Buku Kuning Center : BANGSA BUGIS KETURUNAN DARI SEORANG RAJA BESAR CINA DARI YUNAN LA SATTUMPUGI:

Sunday, August 04, 2013

BANGSA BUGIS KETURUNAN DARI SEORANG RAJA BESAR CINA DARI YUNAN LA SATTUMPUGI:




Asal Usul Manusia Bugis
By: Sandi Alfath Sfc

Manusia Bugis memiliki ciri khas yang unik dan sangat menarik. Mereka adalah contoh yang langka terdapat di wilayah nusantara bahkan di dunia. Mereka mampu mendirikan kerajaan-kerajaan yang sama sekali tidak mengandung pengaruh india dan tanpa mendirikan kota sebagai pusat aktivitas mereka.

Bugis juga memiliki kesustraan yang bernilai tinggi, baik itu lisan maupun tulisan. Berbagai sastra Bugis berkembang seiring dengan tradisi sastra lisan. Hingga kini masih tetap dibaca dan disalin ulang, perpaduan antara tradisi sastra dan tulis itu kemudian menghasilkan salah satu epos sastra terbesar di dunia yaitu I LA GALIGO yang naskahnya jauh lebih panjang dari epos Mahabharata.

Sejak awal - mungkin 50.000 tahun - yang lalu Sulawesi Selatan sebagaimana daerah lain di Asia Tenggara telah dihuni manusia se-zaman dengan manusia WAJAK di pulau Jawa. Mereka mungkin tidak terlalu beda dengan penghuni Australia pada masa itu di Asia Tenggara, mereka mengalami proses penghalusan bentuk wajah dan tengkorak kepala meski memiliki fenotipe australoid

Pada permulaan abad 20, penjelajah asal Swiss Paul Sarasin dan sepupuhnya Fritz Sarasin mengemukakan sebuah hipotesis bahwa to ale' (penghuni hutan) sekelompok kecil manusia yang hidup di berbagai gua di pegunungan di Lamocong (Bone bagian selatan) adalah keturunan langsung dari manusia penghuni gua pra-sejarah dan ada hubunganya dengan manusia veddah di Srilanka (Lihat: Suryadin Laoddang).

PENAMAAN BUGIS
Bugis adalah suku yang tergolong ke dalam suku-suku melayu (deutero) masuk ke nusantara setelah gelombang imigrasi pertama dari daratan Asia tepatnya Yunan (cina). Kata “Bugis” berasal dari kata “To Ugi” yang berarti orang Bugis. penamaan Ugi merujuk pada raja pertama kerajaan cina yang terdapat di Pammana saat itu yaitu La Suttumpugi.

Ketika rakyat La Suttumpugi menamakan dirinya merujuk pada raja mereka dan menjuluki dirinya sebagi to ugi atau pengikut La Suttumpugi.

BIOGRAFI LA SUTTUMPUGI
La Sattumpugi adalah ayah We Cudai dan bersaudara dengan Batara Lattu ayah dari Sawerigading. Dan Sawerigading sendiri adalah suami We Cudai yang melahirkan beberapa anak termasuk LA GALIGO yang karyanya di sebut I LA GALIGO dengan jumlah sekitar 9000 halaman folio yang terkenal itu. (BERSAMBUNG)


Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading