My Buku Kuning Center : CERITA DARI AL-MAGHRIBI

DROP MENU

Selasa, April 02, 2013

CERITA DARI AL-MAGHRIBI



BEDAH BUKU:
UNTAIAN CERITA DARI NEGERI AL-MAGHRIBI
By: My Buku Kuning
Details:

ISBN: 978-079-1568-85-2
Author: Arita Agustina Benyamin – Med HATTA
Language: INDONESIA
Date Published: December 2012
No. of Pages: 197
Type: SOFT COVER
Dimensions (cm): 15 x 24 

SYNOPSIS:
|
| Negeri Kerajaan al-Maghribi (Baca: Maroko), boleh berbangga karena dia-lah satu-satunya Dinasti Islam, penerus keturunan nabi Muhammad SAW, yang masih bertahan di dunia hingga kini. Rajanya Mohamed VI bin al-Hassan bin Mohamed V, adalah seorang habib, keturunan langsung dari nasab al-Hassan bin Fatimah (isteri Sayyidina Ali bin Abu Thalib) binti Muhammad SAW.

Maroko juga mempunyai sejarah panjang penyebaran Islam ke Benua Biru, ia merupakan batu loncatan pertama pelebaran dakwah Islam ke wilayah-wilayah Eropa, di awali dengan invansi pasukan muslimin kedaratan Spanyol di bawah komando panglima legendaris Thariq bin Ziyad (asal Maroko), selanjutnya berhasil mendirikan sebuah imperium besar dan membangun kebudayaan Islam tersohor di bumi Andalusia, yang mampu bertahan selama lebih dari 8 abad. 

Selain itu, ternyata negeri terbenam matahari ini juga menyimpan sejarah hubungan emosional yang mendalam dengan negeri kita tercinta Indonesia, mulai dari kunjungan bersejarah ekspeditor dunia, sejarahwan dan ilmuan Islam terkenal Ibn Batouta ke Samudera Pasai (Aceh) pada abad pertengahan. Dilanjutkan dengan kunjungan-kunjungan persahabatan pemimpin kedua negara, Sultan Muhammad V dari Maroko mengadakan kunjungan kenegaraan pertama ke Indonesia tahun 1955, kemudian bersama Soekarno dan beberapa pemimpin negara lainnya mendeklarasikan berdirinya Persatuan Negara-Negara Non-Blok di Bandung.

Kemudiaan Presiden pertama RI Ir. Soekarno mengadakan kunjungan balasan pada tahun 1962 dan mendapat sambutan sangat meriah dari Raja dan Masyarakat Maroko, sehingga nama Soekarno di abadikan sebagai nama salah satu jalan protokoler di Ibukota Rabat. Dan nama-nama seperti Indonesia, Jakarta, Bandung atau Bali banyak ditemuai sebagai nama sebuah jalan atau toko di kota-kota besar Maroko seperti di Casablanca dan Marrakech.

Buku inilah satu-satunya yang mengupas habis ke unikan negeri al-Maghribi itu, selain berisi pengalaman priadi, objek-objek menarik, koleksi foto-foto unik, budaya dan tradisi masyarakat setempat, penulis juga tetap konsekuen memuat unsur sejarah dan kultur yang kental, untuk memberi nilai plus buku ini. ***
Aritaagustina Benyamin – Med HATTA

Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic