My Buku Kuning Center : BEDAH BUKU: 4O SUMPAH TERDAHSYAT DALAM AL-QURAN

Saturday, March 30, 2013

BEDAH BUKU: 4O SUMPAH TERDAHSYAT DALAM AL-QURAN



40 SUMPAH TERDAHSYAT DALAM AL-QUR’AN
(Mengungkap Rahasia Ayat-ayat Sumpah Yang Terdahsyat di dalam Al-Qur'an)

Oleh: Med HATTA

PENGANTAR PENULIS
الحمد لله الذي أقسم بنفسه وأقسم بأعظم مخلوقاته، وقال في محكم كتابه: وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا؛ وَالْقَمَرِ إِذَا تَلاهَا؛ وَالنَّهَارِ إِذَا جَلاهَا؛ وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَاهَا؛ وَالسَّمَاءِ وَمَا بَنَاهَا؛ وَالأرْضِ وَمَا طَحَاهَا؛ وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا؛ والصلاة والسلام على محمد الذي قسم الله في نفسه برية، وعلى آله الأئمة السادة هداة الأمة إلى طريق الأقوم. أما بعد:
Prolog
Pada tahun 1258 Saka bertepatan dengan tahun 1336 Masehi, seorang Gajah Mada dinobatkan menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit, maka dengan penobatan prestisius tersebut iapun bersumpah: “Demi kejayaan Majapahit, saya Patih Gajah Mada bersumpah tidak akan melepaskan puasa sebelum menaklukkan Nusantara...” Sumpah legendaris itu kemudian dikenal dengan sumpah pelapa.


Kemudian pada tahun 1928 para putra-putri negeri ini bersumpah bertanah air satu, berbahasa satu dan berbangsa satu, yaitu Indonesia, sumpah yang monumental itu disebut dengan sumpah pemuda. Lalu, kenapa setiap peristiwa besar, penobatan bergengsi,kemenangan gemilang dan segala peristiwa prestisius lainnya harus didahului oleh sumpah..?

Secara sederhana, sumpah adalah pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Allah, atau kepada sesuatu yang dianggap suci untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhan. Atau pernyataan yang disertai tekad melakukan atau meninggalkan sesuatu untuk mewujudkan kebenaran yang diyakini, atau berani menerima konsukwensi apapun kalau pernyataan itu tidak benar.

Namun, sumpah dalam pengertian di atas hanyalah bertujuan mengikat diri untuk melakukan, atau tidak melakukan sesuatu yang melanggar sumpah. Hal ini tentu saja berbeda dengan sumpah bagi Allah SWT Yang Maha Agung dan Maha Kaya atas segala yang sumpahkan-Nya.

Al-Qur'an diturunkan kepada umat manusia di muka bumi secara keseluruhan, lalu mereka menyikapinya dengan berbeda-beda, di antara manusia ada yang meragukan al-Qur’an itu, dan ada yang mengingkarinya, bahkan tidak sedikit yang menentangnya habis-habisan. Maka Allah SWT mensosialisasikan sumpah di dalam al-Qur'an untuk menghilangkan keraguan, menghapus syubuhat (yang samar-samar), mempertajam argumentasi al-Qur’an, menguatkan berita yang disampaikannya, dan menegaskan hukum syariat dengan sebaik-baik gambaran.

Abul Qasim al-Qusyairi menjelaskan, bahwa suatu hukum akan menjadi lebih kuat apabila disertai sumpah atau saksi. Sumpah merupakan penekanan yang masyhur untuk menentramkan jiwa dan menguatkan hati.

Oleh karena itu, di dalam al-Qur'an tidak kurang dari 40 kali Allah bersumpah atas nama beberapa fenomena ciptaan-Nya yang istimewa dan amat dahsyat di alam semesta ini. Diantara sumpah-sumpah dahsyat itu, terhitung 20 kali bersumpah tentang fenomena-fenomena super dahsyat dialam atas (luar angkasa), seperti: langit, bulan, matahari, bintang-bintang, kluster dan objek-objek lain yang nampak di angkasa raya dengan mempergunakan teleskop tercanggih saat ini, maupun yang tidak nampak karena menunggu teleskop yang lebih canggih lagi hasil karya generasi-generasi mendatang.

Sedangkan 20 kali lainnya bersumpah tentang fenomena-fenomena yang tidak kalah dahsyatnya di alam bawah yaitu bumi beserta isinya, seperti: kerak bumi, lempengan bumi, kitab, pena, kuda perang, jiwa, buah tin, buah zaitun, kota Makkah, gunung, laut, bahtera dan lain sebagainya yang dapat disaksikan dan dirasakan di bumi kita ini.

Yaitu sebanyak 20 sumpah dahsyat tentang alam di atas kita dan 20 juga tentang alam bawah, adalah sebuah keseimbangan yang sungguh mencengangkan bagi orang-orang yang berpikir, hal ini menunjukkan bahwa Allah memerintahkan hamba-Nya untuk memikirkan tentang alam semesta, langit dan bumi secara seksama dan seimbang antara alam atas dan bawah. Tentang astronomi, matematika, teknik, nature, kimia, fisika, jiwa dan semua jenis ilmu pengetahuan.

Sumpah Allah adalah untuk menarik perhatian manusia kepada keagungan fenomena- fenomena dahsyat yang disumpahkan-Nya, yang membuat terpesona para ilmuan, berdecak kagum sembari mengucapkan: “Tuhan kami, sungguh Engkau tidak menciptakan semua ini sia-sia...” (Ayat al-Qur’an).

Pada periode-periode pertama, para pakar tafsir klasik memahami kalimat-kalimat sumpah sebagai suatu warning atau penegasan terhadap hukum atau berita yang termaktub dibelakang kalimat sumpah tersebut, namun belakangan ini setelah sains mengalami kemajuan pesat melalui berbagai riset dan observasi luar angkasa terutama setelah paroh kedua abad ke-20 lalu, telah mengungkapkan kepada kita sedikit demi sedikit fakta tertentu dari fenomena-fenomena yang ditegaskan dengan sumpah di dalam al-Qur'an. Dengan demikian membantu membuka cakrawala baru pemikiran untuk memulai merenungkan keagungan ciptaan-ciptaan Allah terutama isyarat-isyarat sains pada ayat-ayat sumpah.

Secara keseluruhan, semua fenomena yang telah ditegaskan Allah dengan kalimat sumpah-Nya di dalam al-Qur’an, merupakan fenomena-fenomena amat dahsyat dan sangat vital dalam kehidupan alam semesta termasuk manusia di dalamnya. Hal ini telah menjadi perhatian para ilmuan dahulu hingga sekarang terutama bidang astronomi, biologi, kedokteran, arkeologi dan seterusnya. Namun, karena masih terbatasnya capaian sains hingga abad ke-21 ini, maka isyarat-isyarat sains al-Qur'an terutama fakta ayat-ayat sumpah yang menjadi kajian kita kali ini belum terungkap semuanya.

Sebut saja dibidang astoronomi misalnya, para astronomi memperkirakan luas alam semesta yang dapat dijangkau teleskop tercanggih saat ini mencapai 24 Billion tahun kecepatan cahaya (tahun cahaya sekitar 300.000 km/ detik). Sedangkan bagian langit dunia ini, menurut al-Qur'an, senantiasa meluas sampai batas tiada yang mengetahui selain Allah SWT. Capaian teleskop sekarang, menurut ahli astronomi sendiri, belum mendekati 10 % dari jumlah yang diperkirakan.

Penulis sangat yakin, dengan kemajuan dan perkembangan sains pada masa-masa yang akan datang maka akan semakin tersingkap lebih banyak lagi rahasi-rahasia dari fenomena sumpah ini, insya Allah!

Maka, ini semua akan menjadi kajian utama buku ini, Insya Allah SWT, sesuai dengan judulnya, buku ini akan mengungkap semua rahasia ayat-ayat sumpah yang super dahsyat dalam al-Qur'an.
Metode yang Digunakan
  1. Merekapitulasi semua ayat-ayat sumpah di dalam al-Qur’an: Allah SWT bersumpah demi zat-Nya Yang Maha Agung sebanyak 7 kali, hanya Dialah yang Wajib disandarkan sumpah; Memerintahkan kepada nabi dan kekasih-Nya Muhammad SAW bersumpah demi zat-Nya Yang Maha Agung sebanyak 3 kali; Dan hanya sekali saja bersumpah demi penghulu umat manusia, yaitu nabi besar Muhammad SAW; Bersumpah kepada malaikat dan sifat-sifatnya sebanyak 7 kali. Serta beberapa kali al-Qur'an bersumpah demi hal-hal yang ghaib (metafisik) termasuk hari kiamat.
  2. Buku ini lebih fokus mengkaji 40 fenomena sumpah yang terdahsyat di alam semesta yang dapat disaksikan dan terdeteksi oleh sains dan teknologi canggih, diantaranya 20 fenomena sumpah dahsyat yang fenomenal di langit (luar angkasa), seperti langit, matahari, bulan, bintang-bintang dan lain-lain. Dan 20 sumpah dahsyat yang fenomenal di bumi, seperti bumi, laut, gunung, kota Makkah, pohon tin, zaitun dan lain-lain... Tidak membahas sumpah-sumpah yang menyangkut zat Allah Yang Maha Agung dan beberapa sumpah lainnya yang berhubungan dengan alam ghaib (metafisik), karena itu merupakan kewenangan Allah. Dia-lah yang Maha mengetahui segala ciptaan-Nya.
  3. Penulis mengumpulkan dan mengkaji pendapat-pendapat para ahli tafsir dunia dan pakar-pakar sains modern tentang arti dan isyarat yang terkandung pada ayat-ayat sumpah yang sedang dikaji dari kitab-kitab tafsir dan hasil-hasil riset/ observasi ilmiah yang berhubungan dengan tema kajian... Tidak membuatkan Daftar Pustaka secara khusus di halaman terakhir buku ini karena menghindari penebalan halaman yang tidak perlu, tetapi penulis mencantumkan footenote disetiap halaman kajian sebagai referensi dan keterangan ringan.
  4. Empat puluh fenomena sumpah terdahsyat yang fenomenal dalam kajian ini, penulis urut dari yang paling jauh di angkasa raya hingga ke yang terdekat di bumi, seperti yang tersusun dalam Daftar Isi pada halaman berikut.
Penulis yakin buku ini tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan, oleh karena itu barang siapa yang menemukan celah-celah yang tidak dimaksudkan tersebut, mohon diluruskan dan diperbaiki. Dan berharap buku ini menjadi pelengkap bagi pendahulu-pendahulunya dan referensi yang bermanfaat bagi para pembaca dan peneliti-peneliti muda Islam selanjutnya.

Akhirnya, buku ini Penulis persembahkan khusus kepada kedua orang tua penulis: Abdul Fattah dan Isuka Huseng, semoga Allah SWT memberkahi hidup keduanya dan memberikan umar yang panjang. Penulis juga mempersembahkan dan mengucapkan terima kasih kepada istri tercinta Arita Agustina, yang dengan setia mendampingi dan memberikan semangat kepada penulis hingga selesai buku ini, dan tak lupa pada kesempatan ini juga penulis mengucapkan terima kasih kepada sahabat DR. H. Nasrullah Jasam, MA yang telah membaca ulang dan mengedit buku ini sehingga sampai ke tangan pembaca yang budiman dalam keadaan seperti sekarang. Dan terma kasih dan penghargaan pula kepada sahabat Bapak Dedi Esmardi yang telah berusaha keras menerbitkan buku ini. Semoga Allah SWT membalas amal baik mereka dengan balasan yang setimpal. Amin.
والله الموفق لما فيه الصلاح والسداد... والحمد لله رب العالمين أولا وآخرا...
Selesai ditulis di Jakarta:
Rabu, 10 Mei 2012
Med HATTA

PENGANTAR PENULIS

  • Metode yang Digunakan

DAFTAR ISI

LANGIT DAN OBSERVASI ANGKASA LUAR (Sumpah: 1 – 5)

TUHAN LANGIT DAN BUMI

  • Keajaiban Sumpah Langit dan Bumi

  • Al-Qur’an Mengkomfirmasikan Realitas Tujuh Langit dan Tujuh Bumi

  • Penjelasan Pakar Tafsir Dunia Tentang Tujuh Langit dan Tujuh Bumi

  • Fakta Tujuh Langit dan Tujuh Bumi

  • Geologi Al-Qur’an Tentang Hakikat Tujuh Bumi

  • Fakta Ilmiah Tujuh Bumi

DESAIN DAN STRUKTUR LANGIT YANG KOKOH

  • Astronomi Al-Qur'an Tentang Struktur Langit

  • Fakta Ilmiah Langit (Angkasa Luar)

  • Struktur Langit yang Dapat Dijangkau

  • Keajaiban Sumpah Struktur Langit

LANGIT DAN RASI BINTANG

  • Pengertian “Al-Buruuj” (Rasi Bintang)

  • Astrologi Al-Qur'an Tentang Rasi Bintang

  • Komenter Pakar Tafsir Dunia

  • Fakta Ilmiah Rasi Bintang

  • Sejarah Penemuan Rasi Bintang dan Partisifasi Ilmuan Islam

  • Manfaat Rasi Bintang Bagi Manusia

ATMOSFER, LAPISAN-LAPISAN DAN FUNGSINYA

  • Hakikat Al-Qur'an Tentang Atmosfer

  • Fakta Ilmiah Atmosfer

  • Keajaiban Sumpah Langit yang Mempunyai Atmosfer

Jaringan Alam SEMESTA(Web Cosmic):

  • Hakikat Web dalam Al-Qur'an

  • Keterangan Pakar Tafsir Dunia Tentang Jaringan (Web)

  • Fakta Ilmiah Jaringan Langit (Cosmic Web)

  • Mukjizat Al-Qur'an Tentang Cosmic Web

BINTANG-BINTANG DI LUAR ANGKASA (Sumpah: 6 – 9)

Bintang Syi'raa (Sirius)

  • Fakta Ilmiah Bintang Sirius

  • Astronomi al-Qur’an tentang Bintang Syi’raa (Sirius)

Rotasi Bintang-BINTANG DI ANGKASA

  • Penjelasan Pakar Tafsir Dunia Tentang Rotasi Bintang-Bintang

  • Fakta Ilmiah Rotasi Bintang-Bintang

Lubang Hitam (Black Holes)

  • Definisi (al-khunnasu, al-jawaaru, al-kunnasu)

  • Hakikat Sumpah Al-Qur’an Tentang Lubang Hitam

  • Fakta Ilmiah Lubang Hitam (Black Holes)

Bintang Thaariq (Pulsars)

  • Penjelasan Pakar tafsir Dunia

  • Astronomi al-Qur’an Mengungkapkan Sebuah Bintang Yang Super Dahsyat bernama At-Thaariq (Pulsar)

  • Fakta Sains modern Tentang Pulsar

MATAHARI PUSAT TATA SURYA (Sumpah: 10 – 11)

Sinar Matahari Pagi dan faedahnya

  • Hakikat al-Qur’an Tentang Sinar Matahari Pagi

  • Faedah Sinar Matahari Pagi

BULAN DAN FENOMENANYA (Sumpah: 12 – 14)

Bulan Mengikuti Matahari

  • Hakikat Bulan Mengikuti Matahari

  • Fakta Sains Kontemporer

  • Keajaiban Sumpah Bulan Mengikuti Matahari

Bulan Purnama DAN PERANANNYA MEMICU BENCANA ALAM

  • Bulan Purnama Memicu Bencana Alam

  • Apa pengaruh bulan terhadap aktifitas bencana

Medan Magnet Bumi DAN KIAMAT (Sumpah: 15)

  • Cahaya Merah di Waktu Senja dan Fajar Kutub

  • Hakikat Cahaya Senja dan Medan Magnet Bumi

  • As-Syafaq dan Isu Kiamat 2012

  • Fakta Futurologi Tentang Kiamat Tahun 2012

  • As-Syafaq Perisai Bumi yang Kokoh

  • Matahari Tidak Akan Mencelakakan Bumi Sampai Kiamat

Partikel Debu dan Uap Air di Atmosfer MENYULUT SUMBU MATAHARI (Sumpah: 16 – 17)

  • Fakta Sains Partikel Debu dan Uap Air di AtmosferPartikel Debu Diterbangkan Angin

  • Awan dan Uap Air di Troposfer

  • Cahaya Siang, Partikel Debu dan Uap Menyulut Sumbu Matahari

WAKTU DAN FENOMENA-FENOMENANYA YANG DAHSYAT (Sumpah: 1823)

  • Periode-Periode Waktu Dalam al-Qur’an

  • Hakikat Pergantian Malam dan Siang Secara Teratur

  • Hipotesa Sains al-Qur’an Tentang Terjadinya Malam dan Siang

  • Perhitungan waktu

  • Malam bumi menerangi benda-benda langit yang lain

Sepuluh Fenomena Malam YANG TERDAHSYAT

  • Penjelasan Pakar Tafsit Dunia Tentang Malam Yang Sepuluh

  • Hakikat Sepuluh Malam Yang Terdahsyat

  • Pencerahan Dari Ayat-Ayat Sumpah

  • Apa sajakah Sepuluh Malam Terdahsyat itu?

  • Fakta Ilmiah Tentang Fenomena Malam

  • PERTAMA: Malam Israa wal-Mi'raj

  • Ekspedisi Luar Angkasa Mi'raj yang Sangat Dahsyat

  • Fakta Digital Dalam Kecepatan dan Jarak

  • Ekspansi Keluar Angkasa

  • Peristiwa Mi'raj dan Kecepatan Cahaya

  • Mukjizat Mi'raj nabi Muhammad SAW

  • KEDUA: Malam Al-Mubarakah

  • Hakikat Malam Al-Mubarakah

  • Malam Al-Mubarakah dan Nishfusy Sya'ban

  • Fadilah Malam Nishfusy Sya'ban

  • KETIGA: Malam Al-Qadr (Lailatul Qadr)

  • Hadits-Hadits al-Syarif Tentang Lailatul Qadr

  • Pengetahuan Shahabat-shahabat Senior Tentang Lailatul Qadr

  • Mengidentifikasi Nama dan Waktu Peristiwa Lailatul Qadr

  • Ciri-ciri Lailatul Qadr Berdasarkan Pengidentifikasian Para Sahabat Senior

  • Catatan Penting dari Seorang Hamba

  • Lailatul Qadr Hanya Terjadi Pada Malam Selasa saja Sampai Hari Kiamat

  • Dua Malam Tidak Akan Jatuh (Diawali) Masuknya Bulan Suci Ramadhan Sampai Hari Kiamat

  • Fenomena Malam-malam Sepuluh Pada Ayat-Ayat Sumpah

  • KEEMPAT: Fenomeno Awal Malam Panjang Menjelang Kiamat

  • Tafsir Ayat Dengan Ayat

  • KELIMA: Fenomena Malam Menggantikan Siang

  • Ketika Siang Telah Beranjak Pergi Selamanya

  • KEENAM: Fenomena Malam Malam Yang Sunyi

  • Malam Gelap Gulita Yang Tidak Disertai Bulan

  • KETUJUH: Fenomena Malam Telah Menetap

  • Malam Berhenti Berputar

  • KEDELAPAN: Fenomena Puncak Malam Terakhir Memasuki Kiamat

  • Malam Terakhir Dunia

  • KESEMBILAN: Fenomena Malam Panjang Menjelang Subuh Terakhir dunia

  • Penghujung Subuh Yang Tak Kunjung Didatangi Matahari Selamanya Sampai Kiamat

  • KESPULUH: Fenomena Malam Menutupi Siang

  • Malam Gelap dan Sepi Tidak Disusul Siang Lagi

FENOMENA PERIODE-Periode WAKTU Siang Hari YANG DAHSYAT

  • Firman Allah: "Wannahari idza jalla-ha"

  • Kata "An-Nahar" (Siang) dalam Al-Qur’an

  • Fakta Siang Menampakkan Matahari

FeNomena Waktu Fajar yang dahsyat

  • Pembagian Fajar Menurut Orbitnya

  • Hakikat Fenomena Fajar Yang Dahsyat

  • Pertanda Masuknya Imsak dan Waktu Shalat Fajar (Subuh)

fenomena Waktu Subuh yang dahsyat

  • Pengertian Subuh Menurut Bahasa

  • Dua Fenomena Waktu Subuh Terdahsyat

Subuh Mulai Terang

  • Shalat Fajar dan Shalat Subuh: Manakah Yang Wajib?

fenomena Subuh Bernafas

  • Subuh dan Manusia Keduanya Bernafas

Waktu Ashar (MASA) yang fenomenal

  • Sumpah Dahsyat Demi Masa

  • Relatifitas Waktu Menurut al-Qur’an

  • Waktu Psikologis dan Waktu Fantasi

  • Perintah ke-Tuhan-an yang Mencakup Realisasi Langsung

  • Waktu Tiada Batasnya

PUSAKA BESAR BUMI DAN LANGIT YANG SUPER DAHSYAT (Sumpah: 2425)

Kitab Yang Ditulis Pada Media Cetak

  • Hakikat Kitab Terbuka

Baitul Ma'mur

  • Penjelasan Pakar Tafsir Dunia Tentang Baitul Ma'mur

  • Hakikat Baitul Ma'mur

  • Menara Kembar Baitul Ma'mur dan Ka'bah

Kota Makkah yang Aman Sentosa (Sumpah: 26)

  • Makkah Kota Para Nabi dan Rasul

  • Kota Makkah dalam Versepsi al-Qur'an

  • Kota Makkah Siapakah Yang Tidak Tahu Kota Makkah itu

BUMI DAN GEJALA-GEJALANYA YANG DAHSYAT (Sumpah: 27)

  • Allah Bersumpah Demi Bumi

  • Fakta Sains Bumi

Bumi Terhampar

  • Sifat-Sifat Bumi Dalam al-Qur'an

Fenomena Geological as-shada’ yang dahsyat

  • Fakta as-Shada’ dan Rantai Api Pasifik

  • Lempengan-lempengan Bumi Membentuk Benua

  • Fungsi Lempengan-lempengan Bumi

tiga serangkai Bukit Thuur Sinai, kerak bumi dan Segitiga Bermuda: (Sumpah: 2830)

Bukit Thuur Sinai dibenamkan ke dalam perut bumi

  • Hakikat al-Qur’an Tentang Peristiwa Bukit Thur Sinai

  • Komfirmasi al-Qur'an Tentang Bukit Thuur Sinai di Angkat

  • Komfirmasi al-Qur'an Tentang Bukut Thuur Sinai Berguncang Dan Meletus

  • Fakta Ilmiah Meyakinkan Berguncangnya Bukit Thuur Sinai

  • Nabi Musa as Terlambat Menemui Kaumnya Karena Koma 10 Hari

  • Efek Geological Akibatkan Dari Guncangan Bukit Thuur Sinai

Kerak Bumi atlantik yang dahsyat

  • Pencerahan Tafsir Tentang was-Saqfi Sebagai Kerak Bumi

  • Fakta Kerak Bumi Diangkat Akibat Guncangan Bukit Thuur

Laut Segitiga Bermuda yang membara

  • Hakikat al-Qur’an dan Fakta Sains Tentang Segitiga Bermuda

  • Peta Kawasan Segitiga Bermuda

  • Teori-teori Tentang Segitiga Bermuda Bermunculan

  • Keajaiban Tiga Sumpah pada Surah Ath-Thur

MANUSIA DAN SIFAT-SIFATNYA (Sumpah: 3135)

  • Allah Bersumpah Demi Sifat-sifat Manusia

Nabi Besar Muhammad SAW

  • Sumpah Agung untuk Makhluk Teragung

  • Nama Lain Nabi Muhammad dalam Al-Qur'an

bapak dan anak

Jiwa Manusia

  • Jiwa Dalam al-Qur’an

  • Nafsu Lawwamah (Jiwa Penyesal)

  • Fakta Jiwa Perfeksionis

  • Jiwa yang Sempurna

  • Tingkatan Jiwa Dalam Al-Qur'an

  • Penyakit Jiwa Sumber Berbagai Penyakit Raga

mata dan Indra Penglihatan

  • Penjelasan Pakar Tafsir Dunia Tentang Makna Ayat Kajian

  • Hakikat Sains Al-Qur'an Tentang Indra Mata dan Penglihatan

  • Fakta Ilmiah Mata

  • Electromagnetic Waves, Alam Nampak dan Tidak Nampak

  • Teknologi modern dan perluasan wawasan penglihatan

  • Mukjizat Sains al-Qur'an Pada Indra Penglihatan

MEDIA DAN SARANA-SARANA TRADISIONAL (Sumpah: 3640)

Pena dan Tulisan MEDIA UTAMA ILMU PENGETAHUAN

  • Hakikat al-Qur’an Tentang Pena dan Tulisan

Bahtera Berlayar di Samudera

  • Komfirmasi Al-Qur’an Tentang Hakikat Bahtera

  • Bahtera Pertama dalam Sejarah Manusia

  • Bahtera Nuh dan TITANIC

Kuda Perang

Buah Tin dan Zaitun herbal mujarrab

SUMPAH BUAH TIN

  • Fakta Ilmiah Buah Tin

  • Tin dan Periode Pembentukan Buahnya

  • Hakikat Al-Qur'an Tentang Buah Tin

  • Tin dan Peranan Waktu dalam Pembentukan Buahnya

  • Lebah Pembuah

  • Kegunaan Dan Kandungan Nutrisi Pohon Tin

  • Pohon Tin Dan Khasiat Natural

Pohon Zaitun tertua di dunia

  • Fakta Ilmiah Pohon Zaitun

  • Pohon Asli Thur Sinai

  • Fakta Pohon Thur Sinai

  • Pohon Mulia Tertua Di Dunia

  • Pohon Thur Sinai Moyang Zaitun

  • Pohon Pembawa Berkah

  • Pohon Zaitun Tumbuhan Herbal Kualitas Tinggi

  • Kegunaan dan Khasiat-khasiat Natural Zaitun

DAFTAR PUSTAKA

Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading