My Buku Kuning Center : TEKNOLOGI BOTANI AL-QUR'AN (BUAH PISANG)

Friday, June 29, 2012

TEKNOLOGI BOTANI AL-QUR'AN (BUAH PISANG)


HERBAL BUAH PISANG
Oleh: Med HATTA
Pohon Pisang (Atthalhu):
Pisang sebagai buah disebutkan dalam bahasa al-Qur'an dengan "Atthalhu", seperti pada firman Allah

وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ (٢٩)

Artinya: "Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)," (QS: 056: 29). 

Orang Arab sering menyebut juga pisang sebagai “banana” (banane – Inggris), dari bahasa al-Qur’an pada firman Allah:

بَلَى قَادِرِينَ عَلَى أَنْ نُسَوِّيَ بَنَانَهُ (٤)
Artinya: bukan demikian, sebenarnya Kami Kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna. (QS: 075: 4)

Disebut “banana” kerena buah pisang berbentuk seperti jari jemari tangan dan kaki.  

Adapun Kata "al-mauz" sendiri adalah hasil arabisasi dari bahasa aslinya (mauz - India) artinya pisang, sebagaimana dikenal juga sebagai santapan filosof atau buah orang-orang bijaksana, karena dahulu filosof India berteduh di bawah naungan pohon pisang dan buahnya dijadikannya sebagai santapan kegemaran yang bergizi untuk menambah energi merenungi keajaiban alam semesta. 

Filosof Arab, ibnu Sina dalam bukunya "al-Qanuun" mensifatinya sebagai buah yang bergizi tinggi dan menambah kelembutan, mengkonsumsi buahnya lebih banyak dapat menambah semangat dan fitalitas, bagus untuk melegakan tenggorokan dan dada, mengenyangkan perut serta menambah sperma, sangat cocok untuk ginjal dan memperlancar buang air. 
Asal-Usul Pohon Pisang:
Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tertua, telah banyak disebutkan pada kitab-kitab Cina dan India semenjak ribuan tahun lalu, banyak dikisahkan oleh orang-orang Yunani, Romawi dan Arab. Sebagian kalangan meyakini bahwa pohon pisang merupakan buah Adam, pisang firdaus atau buah surga. Ada juga mengatakan sebagai pohon Adam yang disebutkan dalam al-qur'an lebih dari satu ayat, seperti dalam firman Allah: 
  • وَيَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ فَكُلا مِنْ حَيْثُ شِئْتُمَا وَلا تَقْرَبَا هَذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الظَّالِمِينَ (١٩)
Artinya: "(Dan Allah berfirman): "Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim." (QS: 007: 19).
  • فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ الشَّيْطَانُ قَالَ يَا آدَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَى شَجَرَةِ الْخُلْدِ وَمُلْكٍ لا يَبْلَى (١٢٠)
Artinya: "Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?" (QS: 020: 120). 

Sumber asli: Tulisan ini
Para ahli bahasa menjelaskan bahwa pohon pisang disebutkan secara nyata dalam konteks al-qur'an hanya pada satu tempat saja dan dalam bentuk floral, yaitu ketika Allah SWT menyebutkan prioritas-prioritas ni'mat yang banyak untuk golongan kanan (penghuni surga) yang berada di antara pohon bidara yang tak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). (QS: 056: 28-29). 

Pohon pisang dalam bahasa al-qur'an adalah "Atthalhu", sebagaimana disepakati mayoritas fakar tafsir dunia bahwa "Pohon (thalhu) yang bersusun-susun" adalah pohon pisang karena bersusun-susun satu sama lain laksana jari jemari atau sisir.
Fakta Botani Pohon Pisang:
Tanaman pohon pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun laksana jari-jari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. 

Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembab, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengkonsumsi pisang setiap tahunnya.
Kegunaan Dan Khasiat Herbal Pohon Pisang:
Berdasarkan cara konsumsi buahnya, herbal pohon pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, susu, raja, seribu, dan sunpride. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar atau dikolak, seperti pisang kepok, siam, kapas, tanduk dan uli. 

Buah pisang diolah menjadi berbagai produk, seperti sale, kue, ataupun arak (di Amerika Latin). 

Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Beragam jenis makanan ringan dari pisang yang relatif populer antara lain Kripik Pisang asal Lampung, Sale pisang (Bandung), Pisang Molen (Bogor), pisang epe dan pisang ijo (Makassar). 

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak, kandungan utama pisang adalah: 

Pertama: Energi, Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori. 


Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengkonsumsi pisang sebagai cadangan energi. 

Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh. 

Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun. 

Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. 

Glukosa tersebut terutama diperoleh dari sirkulasi darah otak karena glikogen sebagai cadangan glukosa sangat terbatas keberadaannya. 

Glukosa darah terutama didapat dari asupan makanan sumber karbohidrat. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.

Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 persen. Karena itu, tidak perlu takut kegemukan walau mengkonsumsi pisang dalam jumlah banyak. 

Kedua: Mineral, Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh.

Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Kandungan Nutrisi Herbal Pisang:

Herbal buah pisang yang lezat rasannya menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Secara umum, kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang adalah:

  • Kalori 99

  • Protein 1,2 gram

  • Lemak 0,2 gram

  • Karbohidrat 25,8 mg

  • Serat 0,7 gram

  • Kalsium 8 mg

  • Fosfor 28 mg

  • Besi 0,5 mg

  • Vitamin A 44 RE

  • Vitamin B 0,08 mg

  • Vitamin C 3 mg

  • Air 72 gram.

Manfaat dan Mukjizat Pengobatan Herbal Pisang:
  1. Herbal pisang bermanfaat untuk Ibu Hamil: Herbal pisang disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Tetapi atur konsumsinya karena dalam satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori yang terlalu besar untuk calon buah hati.
  2. Herbal pisang mengobati Penyakit Usus dan Perut: Pisang yang dicampur dengan susu cair atau dimasukkan dalam segelas susu cair, dapat dihidangkan sebagai obat untuk penyakit usus. Selain itu, cara seperti ini juga direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik guna menetralkan keasaman lambung.
  3. Herbal daun pisang dapat mengobati Luka Bakar: Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles karena campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh yang dapat mendinginkan kulit dan menyembuhkan luka bakar.
  4. Herbal pisang goroho (pisang khas Gorontalo) menyembuhkan penyakit Gula atau Diabetes Melitus: Caranya, buah pisang goroho yang belum matang dikukus kemudian dicampur dengan kelapa parut muda.
  5. Herbal buah pisang dapat membuat Kulit Wajah Halus dan Bebas Dari Jerawat: Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu kemudian dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit dan basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 2 minggu dapat membuat kulit wajah tampak bersih bersinar dan jauh dari jerawat. (sumber: hanyawanita.com)
  6. Herbal tunas (anak batang pohon pisang) dan bahan lain menyembuhkan Kanker Perut, resep: (Anak pisang diparut dan diambil airnya sebanyak 4 gelas, kemudian direbus bersama dengan benalu teh sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari 1 gelas (pagi dan sore) dan dilakukan secara teratur.
  7. Herbal buah pisang emas menyembuhkan Sakit Kuning: Mengkonsumsi buah pisang emas yang banyak.
  8. Herbal bunga pisang terapi alternatif Memprogram Keluarga Berencana, caranya: Rebus Bunga Pisang ambon dengan air sampai mendidih, minum airnya 2 kali sehari (pagi hari dan sebelum tidur). Lakukan selama 7 hari berturut turut sesudah menstruasi atau melahirkan.
  9. Herbal tunas pisang menyembuhkan Pendarahan Usus Besar: Tunas pisang diparut dan diperas untuk di ambil airnya sebanyak 2 gelas kemudian  direbus bersama dengan bonggol benalu teh sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring dan diminum 2 kali sehari 1 cangkir.
  10. Herbal tunas pisang menyembuhkan Pendarahan Rahim: tunas (anak pisang) diparut dan diambil airnya sebanyak 2 gelas. Kemudian direbus bersama dengan bonggol benalu teh sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring dan diminum 1 kali sehari 1/2 gelas.
  11. Herbal batang pohon pisang Mencegah Pendarahan Sehabis Melahirkan: Batang pohon pisang diparut untuk diambil airnya, saring dan diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.
  12. Herbal kulit buah pisang menyembuhkan Sariawan Usus: Kulit pisang kluthuk dan buah pisang diiris-iris tipis, kemudian ditumbuk halus, diperas sampai keluar airnya dan diembun-embunkan semalam di luar rumah. Kemudian diminum setelah bangun tidur atau pagi hari.
  13. Herbal batang pohon pisang batu yang belum berguna Merapatkan Vagina dan Mencegah Pendarahan: Pohon pisang dipancung untuk diambil airnya yang bersih dan gunakan untuk mencuci Vagina setelah bersalin.
  14. Herbal buah pisang kluthuk yang masih mentah, adas pulasari dan gula merah mengobati Ambeien: Buah pisang kluthuk diparut untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan adas pulasari dan 1 potong gula merah, diaduk sampai merata. Saring dan diminum.
  15. Herbal bonggol batang pisang kluthuk dan adas pulosari mengobati Cacar Air: Bonggol pisang diparut untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan adas pulosari sampai merata. Saring dan diminum.
  16. Herbal kulit pisang klutuk menyembuhkan Telinga Bengkak: Kulit pisang dipanggang dan dalam keadaan hangat-hangat diperas untuk diambil airnya. Oleskan pada bagian telinga yang bengkak.
  17. Herbal bonggol pisang kapok (kepok) mengobati Tenggorokan Bengkak: Bonggol pisang diparut dan diperas untuk diambil airnya. Pakai untuk kumur.
  18. Herbal Bonggol pisang kluthuk menyembuhkan Disentri: Bonggol pisang kluthuk diparut untuk diambil airnya sebanyak 1/2 gelas, diminum 3 hari sekali.
  19. Herbal buah pisang kapur mentah mengobati Diare (orang dewasa): Buah pisang kapur mentah dibakar dan dimakan.
  20. Herbal buah pisang kapok (kepok) mentah Diare (Bayi): Buah pisang kapok (kepok) mentah diiris-iris dan digoreng tanpa minyak, kemudian dimakan oleh ibu yang sedang menyusui bayi yang terkena Diare.
  21. Herbal bonggol batang pisang menyembuhkan Amandel: Bonggol batang pisang diparut dan diperas untuk diambil airnya dan diminum.
  22. Herbal jus pisang menyembuhkan penyakit-penyakit, seperti:
  • Diverticulitis, penyakit ini terjadi karena adanya radang pada kantong kecil dalam dinding usus. Kantong-kantong tersebut berisi material fecal yang menyebabkan rasa sakit pada dinding usus. Karena pisang mengandung serat, lemak dan minyak sehingga pisang dapat melindungi dinding usus dan menyembuhkan penyakit usus tersebut.
  • Radang lambung, ketika jaringan mucosal pada perut terasa perih dan sakit, kita akan mengalami kesulitan pada waktu mencerna makanan, bahkan merasakan sakit yang luar biasa. Jus pisang akan melapisi, menyejukkan dan menyembuhkan  peradangan serius seperti halnya bahan-bahan antacid.
  • Panas dalam, pada penyakit ini, jus pisang akan menetralkan refluks asam hidrokolik yang terasa di bagian belakang tenggorokan, selain itu jus pisang mebantu menekan bagian perut yang masuk ke rongga dada agar bisa kembali ke posisi semula. Sejauh ini, pencegahan rasa panas dalam perut bisa diperoleh dari beberapa mineral dalam pisang, khususnya potassium, yang bisa memperkuat LES (Lower Esophagael Sphincter) dengan cara meningkatkan kontraksi otot lebih sering. 
Tulisan sebelumnya:
Karya Terbaru Penulis:
Miliki Bukunya Sekarang!
 
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading