My Buku Kuning Center : MENJADI PENULIS KREATIF DAN UNIK :

DROP MENU

Rabu, Agustus 27, 2014

MENJADI PENULIS KREATIF DAN UNIK :

Trik Membuat Karya Tulis 

By: Med Hatta  
  
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، والصلاة والسلام على من لا نبي بعده وعلى آله وأصحابه أجمععين، وبعد  

Banyak anggota yang bertanya tentang bagaimana cara dan langkah-langkah memulai sebuah karya Ilmiah atau tulisan-tulisan sederhana, bermutu, menarik dan tentu enak baca...?!

Maka penulis mencoba membuat goresan ini sebagai sharing pengalaman, semoga bermanfaat... Amin. 

Ada beberapa langkah praktis bagi seorang penulis untuk mempersiapkan draf atau sketsa sebuah karya tulis. Penulis berharap catatan sederhana ini membantu para penulis berbakat men-design buah pikiran dan gagasan-gagasan kreatifnya sehingga kelak menjadi penulis profesional dan produktif. SEMOGA !

Tentu saja banyak cara dan langkah-langkah inofatif untuk memancing inspirasi setiap penulis untuk memulai karyanya, namun beberapa saran di bawah ini bisa menjadi acuan para penulis berbakat dan ambisius, sebagai berikut:
 

Ekspresi sederhana :
Penggunaan kalimat yang sederhana dan jelas untuk mengungkapkan gagasan merupakan salah satu hal yang membedakan seorang penulis yang terampil, selain memiliki kemampuan linguistik yang memungkinkannya untuk menuliskan pemikirannya secara ringkas dan teratur, tanpa menggunakan kata-kata tambahan yang tidak perlu, dan mengupayakan tidak memperpanjang penjelasan dan menambah jumlah kata, melainkan untuk menyajikan gagasan secara langsung, jelas, dan dalam bahasa yang sesederhana mungkin.

Jelas dan akurat :
Seorang penulis profesional memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan peristiwa dan mengilustrasikannya dengan sangat detail, untuk membuat pembaca memvisualisasikan sesuatu dan merepresentasikannya dalam pikirannya, karena penulis menyebutkan detail yang cukup untuk membantu pembaca membayangkan apa yang dia tulis, baik dalam cerita, skenario, atau orasi ilmiah, selain menggunakan ilustrasi yang kuat dan berpengaruh yang membuat pembaca merasa bahwa dia adalah bagian dari adegan dan hidup di dalamnya.

Mengaitkan ide :
Penulis profesional sangat ingin menghubungkan ide-idenya satu sama lain. Hal ini untuk memudahkan pemahaman, penguasaan, dan penautan dengan benar, baik melalui perumpamaan, perbandingan, atau metafora, karena akan membuat tulisan lebih mendalam dan berdampak besar bagi pembaca yang sama.

Baca keras - keras :
Membaca tulisan sendiri dengan lantang membantu mengoreksi kesalahan ejaan dan linguistik dalam teks, dan membantu menemukan pengulangan dalam kata atau kalimat, selain memberikan kesempatan kepada penulis untuk menemukan penggunaan kalimat panjang yang berlebihan, atau untuk menguraikan penjelasan di bagian tertentu.

Menulis setiap hari:
Dianjurkan untuk berlatih menulis setiap hari, dan menjadikannya sebagai rutinitas harian. Ini untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan linguistik dan menulis, karena semakin seseorang menulis semakin dia merasakan perkembangan yang lebih besar, dan oleh karena itu waktu harus dicurahkan untuk menulis setidaknya satu paragraf atau satu halaman penuh per hari, dan dimungkinkan untuk bangun pagi untuk menulis, atau tidur larut setelah menulis paragraf, bahkan untuk waktu yang singkat yang tidak melebihi Lima belas menit ketika tidak ada cukup waktu di siang hari. 

Wallahul Musta'an !

Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic