MENATA ARAH PEMBAHARUAN PESANTREN PASCA 2000AN
Ketua Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indoesia (P2I)/ Pimpinan Pondok Modern Al-Ikhlash Kuningan Jabar. Email: mtata66@gmail.com
Resume
Bahwa pembaharuan pesantren dimulai
secara lebih modern muncul pada tahun 1930an dengan ciri utama pembaharuan;
metodologi pengajaran dan perubahan kurikulum, dengan mulai dikenalkannya
materi pelajaran umum ke dalam pendidikan pesantren. Pendidikan keorganisasian
juga menjadi perhatian pesantren serta arahan untuk berpikir lebih luas juga
menjadi salah satu target pendidikan serta efisiensi waktu juga menjadi
landasan pembaharuan.
Hasil yang dapat dilihat adalah
terbentuknya pola pesantren dengan istilah salafiyah yang berarti mengajarkan
kitab-kitab sebagaimana yang berlaku di pesantren pada umumnya, pesantren yang
berpola modern dengan cara klasikal dan penjenjangan, penyederhanaan materi dan
perbaikan metodologi, yang lazim disebut pesantren modern.