My Buku Kuning Center : ANGKA DAN HARI KIAMAT

DROP MENU

Jumat, Februari 02, 2007

ANGKA DAN HARI KIAMAT

*Serial: 99 Inspirasi Dahsyat Dari Perumpamaan-Live AlQuran (8)

Bilakah Hari Kiamat? 
Oleh: Med Hatta
Bilakah Hari Qiamat Itu?”… Kalimat sederhana ini tentu bukan sekedar sebuah ‎pertanyaan isapan jempol belaka melainkan ungkapan AlQuran pada ‎‎14 abad lalu yang menegaskan tentang eksistensi waktu‎."

Dalam sejarah peradaban manusia bahwa angka pertama yang dikenal manusia ‎dalam kehidupan adalah “waktu”. Seorang ilmuawan berkebangsaan Turki, ‎Harun Yahya, menegaskan bahwa "penemuan-penemuan ilmu pengetahuan ‎modern telah membuktikan bahwa waktu bukanlah kenyataan mutlak seperti ‎yang diyakini para materialis, melainkan hanya merupakan persepsi relative …" 

Menarik untuk disimak bahwa fakta waktu yang ‘dijahili’ oleh sains hingga abad ‎kedua puluh satu ini diproklamirkan Al-Qur’an kepada manusia empat belas ‎abad yang lalu. Banyak sekali ayat dalam Al-Qur’an menegaskan mengenai ‎relativitas waktu ini‎. 

Fakta ilmiah membuktikan bahwa waktu merupakan persepsi psikologis yang ‎bergantung pada peristiwa, latar, kondisi dan hal ini dapat disaksikan di banyak ‎tempat dalam Al-Qur’an. Misalnya seperti yang diilustrasikan oleh Allah SWT, ‎seluruh kehidupan seseorang sangat singkat, Allah berfirman:

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ كَأَن لَّمْ يَلْبَثُوٓا۟ إِلَّا سَاعَةً مِّنَ ٱلنَّهَارِ يَتَعَارَفُونَ بَيْنَهُمْ ۚ قَدْ خَسِرَ ٱلَّذِينَ كَذَّبُوا۟ بِلِقَآءِ ٱللَّهِ وَمَا كَانُوا۟ مُهْتَدِينَ
Terjemah Arti: "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan mereka, (mereka merasa) seakan-akan tidak pernah berdiam (di dunia) kecuali sesaat saja pada siang hari, (pada waktu) mereka saling berkenalan. Sungguh rugi orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Allah dan mereka tidak mendapat petunjuk" (QS. Yunus: 45).

AlQuran (juga) menjelaskan di dalam beberapa ayat yang lain bahwa manusia melihat ‎waktu berbeda-beda satu sama lainnya. Dan terkadang manusia menganggap ‎waktu yang sangat singkat ini terasa lama. Dialog antara Tuhan dan hamba ‎diakhirat kelak sebagaimana diceritakan dalam ayat berikut menjadi cerminan ‎dalam kasus ini‎, Allah berfirman : 

قَٰلَ كَمْ لَبِثْتُمْ فِى ٱلْأَرْضِ عَدَدَ سِنِينَ؛ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ فَسْـَٔلِ ٱلْعَآدِّينَ؛ قَٰلَ إِن لَّبِثْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا ۖ لَّوْ أَنَّكُمْ كُنتُمْ تَعْلَمُونَ
Terjemah Arti: "Dia (Allah) berfirman, "Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di Bumi? Mereka menjawab, "Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada mereka yang menghitung. Dia (Allah) berfirman, "Kamu tinggal (di bumi) hanya sebentar saja, jika kamu benar-benar mengetahui." (QS. Al-Mukminun: 112-114).

Ayat-ayat ini dan masih banyak lagi ayat yang lain di dalam AlQuran ‎merupakan ungkapan manifestasi yang real tentang relativitas waktu. Fakta ‎bahwa informasi yang baru saja disadari oleh ilmuwan abad kedua puluh satu ‎ini telah diinformasikan kepada manusia 1428 tahun yang lalu di dalam AlQuran, merupakan tanda bahwa wahyu ini adalah dari Allah, yang meliputi ‎keseluruhan waktu dan ruang. Dia-lah (Allah) Yang menciptakan waktu, dan ‎tidak dibatasi oleh waktu itu sendiri‎…

Kembali kepada pertanyaan diatas, ada indikasi waktu yang sungguh menakjubkan ‎tersurat di dalam AlQuran tentang hari kiamat; tanda-tandanya, dan bahkan ‎secara inplisit AlQuran mengisyaratkan angka dengan digit tertentu kapan ‎datangnya kiamat‎…

Jika AlQuran pada 14 abad yang lalu telah mengumumkan kepada manusia ‎umur dunia telah berjalan selama 18.000.000.000 (delapan belas milyar) tahun ‎dan fakta ini telah dibenarkan pula oleh seorang ilmuawan Perancis, JC. Batler, ‎tahun 1982. (Lihat: http://sayyidulayyaam.blogspot.com/2005/11/mukjizat-‎angka-dalam-al-quran.html)‎.

Dan, Subhanallah, kalau tesis ini benar... Ternyata AlQuran juga sejak jauh-jauh hari telah ‎mengumumkan kepada manusia akhir perjalanan bumi fana ini yang disebut ‎dengan hari kiamat. Dalam sebuah ayat Allah menceritatakan bahwa ‎sekelompok manusia bertanya tentang bila datangnya kiamat, lalu Allah ‎menjawab dalam AlQuran pada surat Al-Qiyamah, Allah berfirman : 

يَسْـَٔلُ أَيَّانَ يَوْمُ ٱلْقِيَٰمَةِ؛ فَإِذَا بَرِقَ ٱلْبَصَرُ؛ وَخَسَفَ ٱلْقَمَرُ؛ وَجُمِعَ ٱلشَّمْسُ وَٱلْقَمَرُ
Terjemah Arti: "Dia bertanya, "Kapankah hari Kiamat itu? Maka apabila mata terbelalak (ketakutan), dan bulan pun telah hilang cahayanya, lalu matahari dan bulan dikumpulkan" (Al-Qiyamah: 6-9).

Sepintas ayat ini hanya bercerita tentang tanda-tanda datangnya kiamat besar ‎saja, tetepi kalau dicermati secara mendalam bahwa ayat ke-9 dari surat Al-Qiyamah diatas menyingkapkan sebuah simbol ajaib yang paling rumit ‎disimpulkan oleh manusia selama ini‎.

Allah mengisyaratkan bahwa pada hari itu matahari dan bulan akan dikumpulkan jadi ‎satu, tetapi tidak dijelaskan secara detail dalam ayat tersebet bagaimana dua ‎gejala alam itu dikumpulkan/disatukan dan bila waktunya?‎

Percaya atau tidak… Ternyata simbol super rumit ini disingkap oleh Allah pada ‎ayat yang lain di dalam AlQuran, yaitu pada surat Al-Kahfi secara gamblang Allah menjelaskan ‎sebagai berikut, berfirman ‎: 

وَلَبِثُوا۟ فِى كَهْفِهِمْ ثَلَٰثَ مِا۟ئَةٍ سِنِينَ وَٱزْدَادُوا۟ تِسْعًا
Terjemah Arti: "Dan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun." (QS. Al-Kahfi: 25)

Apakah rahasia dari kalimat tiga ratus tahun ditambah sembilan tahun? Kenapa Allah tidak menyebutkan langsung bahwa mereka berdiam di dalam gua selama 309 tahun? Ternyata dalam konteks AlQuran menyingkap rahasia dua penanggalan yang lumrah dipakai oleh umat manusia sekaligus yaitu Kalender Hijriyah dan Kalender Miladiyah (Baca: calendar islam dan calendar gregorian).

Jika dihitung dalam calendar Miladiyah, maka Asshabul Kahfi (penghuni gua) berdiam di di dalam gua selama 300 tahun. Sementara kalau dihitung dalam calendar Hijriyah, maka mereka berdiam di sana selama 309 tahun. Penjelasannya adalah :
  • 300 tahun Miladiyah = 300 x 365,2422 hari = 10.9572,66 hari
  • 300 tahun Hijriyah = 300 x 354,36056 hari = 10.6310,11 hari
perbedaan jumlah hari keduanya adalah 3262,55 hari, maka jumlah tahun bagi keduanya adalah sebagai berikut:
  • @ 3262,55 : 354,36056 = 9,20669 tahun Hijriyah (9 Tahun)
  • @ 3262,55 : 365,2422 = 8,93256 tahun Miladiyah (88,9 atau 9 tahun).
Dengan kata lain tahun Hijriyah lebih maju 10 hari dibandingkan dengan tahun Miladiyah setiap tahunnya, lebih sederhana lagi bahwa sitiap bertambah 33 tahun kalender Miladiyah maka menjadi 34 tahun calender Hijriyah (selisi 1 tahun). Dan jika tahun Miladiyah dimajukan 330 tahun kedepan, maka tahun Hijriyah akan menjadi 340 tahun dst....

Menakjubkan…! Bahwa jikalau kedua calendar ini dimajukan secara parallel ‎kedepan, misalnya 2007 + 330 dst,,, dan 1428 + 340 dst,,, maka keduanya akan ketemu pada angka mistik yaitu “21117"‎.

Sungguh Maha Benar Allah dalam Firmannya: “dan matahari dan bulan dikumpulkan..”, bahwa kiamat akan datang ketika matahari dan bulan dikumpulkan jadi satu…

Kesimpulan: Bahwa kelak tahun 21117 Miladiyah akan berkumpul dengan ‎tahun 21117 Hijriyah (21117 M/ 21117 H)‎... "Selamat Menyambut Hari Kiamat ?"

Subhana-Ka Ya Allah, kami tidak memiliki pengetahuan sedikitpun kecuali apa-apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami, sesungguhnya Engkau-lah Tuhan yang mengetahui yang ghaib… Kalau indikasi ini benar adanya, maka ini adalah dari Allah… Kalau salah, maka ini adalah dari syaithan dan dari diriku sebagai manusia yang serba kekurangan. WALLAHU A’LAM BISSHAWAB
.
 

KAJIAN BERIKUTNYA : 

KAJIAN SEBELUMNYA : 
(32) Kisman Sekejap Mata 

Artikel yang berhubungan:
  1. Angka dan Kita 
  2. Angka dan ASI 
  3. Mu'jizat Angka Dalam Al Qur'an

7 komentar:

Unknown mengatakan...

subhanalallah..........Ternyata allah sangat..maha besar. pak saya adalah seorang siswa sma negeri di tasikmalaya Jabar. Saya sangat mengagumi anda. Semoga bapak bisa menjadi teman sekaligus guru saya.Bersediakah bapak jika saya ingin bertanya ?? Ini alamat email saya farid_smanda@yahoo.co.id

My Buku Kuning Center mengatakan...

Tanggapan: "Angka Dan Hari Kiamat
Ahsan Lau wrote:
Waalaikum'salam Wr.Wb,

Maafkan pengetahuan kami yang sangat terbatas ini.. tapi rasanya hati ini tergerak utk bertanya kepada sdr. Hatta Mohamed apakah ada dasar berupa dalil / haditz Rasulullah yang menunjang pendapat sdr berikut:

Sungguh Maha Benar Allah dalam Firmannya: “dan matahari dan bulan dikumpulkan. .”, bahwa kiamat akan datang ketika matahari dan bulan dikumpulkan jadi satu…

Kesimpulan: Bahwa kelak di tahun 13.902 M bertepatan dengan tahun 13.902 H.

apakah pengertian matahari & bulan dikumpulkan jadi jadi satu hanya terbatas pada bersatunya penanggalan Masehi & Hijriah.. ?

ataukah ada penafsiran lain yang dimungkinkan, misalnya matahari & bulan dikumpulkan jadi satu dalam satu ... lintasan misalnya (seperti pada saat gerhana matahari)..

Mohon pencerahannya. ..

(saya hanya kuatir jika pendapat yg mengindikasikan kiamat akan terjadi pada tahun 13.902 Hijriah & Masehi akan mengurangi kesiapan kita dalam menghadapi Hari Akhirat... sesuatu yang pasti terjadi).

Wassalam,
Ahsan Lau
"naiyaro Puangnge, masaro reppekeppi na duae pabbulu tigerroe"


Kepada Yth.
Mr. Ahsan Lau
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Terima kasih Mr. Ahsan Lau atas perhatian & luangan waktunya
membaca artikal saya..
Lansung saja...Tulisan ini hanya merupakan hasil renungan saya belaka
yang tentunya sangat besar kemungkinan salahnya..
saya juga seperti anda masih minim sekali pengetahuan tentang berbagai
hal bila dibandingkan dengan ilmu Allah yang maha luas sekali...
Apa yang kita baca dan mengerti dari isi kandungan Al Qur'an hanyalah
limpahan kecil dari pengetahuan Allah yang tidak terbatas itu..

Saya sangat mengerti kekhawatiran anda soal ramal-meramal ini
khususnya meramalkan hal yang sangat sensitif seperti
hari kiamat ini karena berkenaan dengan ilmu dan prograti Allah..

Tulisan ini sama sekali bukan pikiran tapi hanya renungan belaka
dan, na'uzubilLah, bukan ramalan...

Tidak memperpanjang prolog...Mengenai dalil shareh/ langsung tentang
bila datangnya kiamat tidak ada karena itu adalah rahasia Allah...
artikel2 yang ditulis tentang waktu datangnya kiamat besar hanya
merupakan renungan - kalau tidak dikatakan ramalan,,,tapi mereka tidak berdosa kok,,
namanya juga manusia, dia ada maka dia harus berpikir...selama
tidak melampaui koridor yang telah dibatasi agama...

Berikut ini saya sertakan beberapa penafsiran tentanga ayat 9 surat Al Qiyamat :

Allah berfirman ttg alamat kiyamat: "dan matahari dan bulan dikumpulkan"

1. At Thabari : matahari dan bulan dikumpulkan, artinya sinar kedua fenomena alam tersebut dihilangkan, tidak bersinar lagi..dan dikatakan: dikumpulkan kemudia di gulung, sebagaimana firman Allah di surat At Takwir: "Apa bila matahari digulung" Pendapat ini didukung juga hadits dari No. 27560 dari Mujahid: keduanya (matahari & bulan digulung di hari kiamat),,,Dan masih banyak lagi hadits lain yang mendukung (No. 27562 7 27562 27562 7 27562)...

2. Al Qurthubi: di kumpulkan; tidak ada sinar keduanya, dia kutip dari tafsiran Al Farra & Az Zujaj...Kemudian al qurthubi ini jg mengutip pendapat ibn abbas & ibn mas'ud: dikumpulkan keduanya dan muncul dari arah barat dalam keadaan hitam pekat tergulung, gelap tidak bersinar....

3. Ibn Katsir : dikumpulkan, keduanya digulung...

4. Al Jalalain : dikumpulkan; Keduanya muncul dari barat, dalm kondisi tergulung di hari kiamat...

Dari 4 tokoh tafsir populer di atas, satupun tidak ada yang berani menyebutkan angka tertentu
bila datangnya kiamat...
Mereka adalah tokoh-tokoh tafsir sejati dan profesioanal tidak mengatakan sesuatu tentang Al Qur'an diluar Al Qur'an... Merekalah panji-panji Al Qur'an... Semoga Allah memelihara meraka sebagaimana telah memelihara Al Qur'an...

Demikian, dan saya yakin pasti anda belum puas... dan itu sangat normal..

Wassalam.
Med Hatta

Ceme DominoQQ Poker mengatakan...

LukQQ
Situs Ceme Online
Agen DominoQQ Terbaik
Bandar Poker Indonesia

Unknown mengatakan...

Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq terbaik , Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

Bonus yang diberikan NagaQQ :
* Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.000
* Deposit via Pulsa TELKOMSEL
* 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

11 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
* Poker Online
* BandarQ
* Domino99
* Bandar Poker
* Bandar66
* Sakong
* Capsa Susun
* AduQ
* Perang Bacarrat
* Perang Dadu
* BD QQ (New Game)


Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : NAGAQQ
Facebook : NagaQQ official
WHATSAPP : +855977509035
Line : Cs_nagaQQ
TELEGRAM :+855967014811

Unknown mengatakan...

Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq terbaik , Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

Bonus yang diberikan NagaQQ :
* Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.000
* Deposit via Pulsa TELKOMSEL
* 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

11 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
* Poker Online
* BandarQ
* Domino99
* Bandar Poker
* Bandar66
* Sakong
* Capsa Susun
* AduQ
* Perang Bacarrat
* Perang Dadu
* BD QQ (New Game)


Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : NAGAQQ
Facebook : NagaQQ official
WHATSAPP : +855977509035
Line : Cs_nagaQQ
TELEGRAM :+855967014811

Unknown mengatakan...

Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq terbaik , Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

Bonus yang diberikan NagaQQ :
* Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.000
* Deposit via Pulsa TELKOMSEL
* 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

11 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
* Poker Online
* BandarQ
* Domino99
* Bandar Poker
* Bandar66
* Sakong
* Capsa Susun
* AduQ
* Perang Bacarrat
* Perang Dadu
* BD QQ (New Game)


Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : NAGAQQ
Facebook : NagaQQ official
WHATSAPP : +855977509035
Line : Cs_nagaQQ
TELEGRAM :+855967014811

Unknown mengatakan...

Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq terbaik , Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

Bonus yang diberikan NagaQQ :
* Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.000
* Deposit via Pulsa TELKOMSEL
* 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

11 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
* Poker Online
* BandarQ
* Domino99
* Bandar Poker
* Bandar66
* Sakong
* Capsa Susun
* AduQ
* Perang Bacarrat
* Perang Dadu
* BD QQ (New Game)


Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : NAGAQQ
Facebook : NagaQQ official
WHATSAPP : +855977509035
Line : Cs_nagaQQ
TELEGRAM :+855967014811

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic