My Buku Kuning Center : FILOSOF DAN PEREMPUAN

Wednesday, February 29, 2012

FILOSOF DAN PEREMPUAN

Filosof Berkata Tentang Perempuan
Oleh: Med HATTA
Perempuan atau wanita adalah sebutan yang digunakan untuk homo sapiens berjenis kelamin betina. Lawan jenisnya adalah pria. Perempuan yang sudah dewasa biasa juga disebut dengan wanita. Perempuan yang sudah menikah juga biasa dipanggil dengan sebutan isteri atau ibu. Untuk perempuan yang belum menikah atau berada antara umur 16 hingga 21 tahun disebut juga dengan anak. Perempuan yang memiliki organ reproduksi yang baik akan memiliki kemampuan untuk mengandung, melahirkan dan menyusui.

Tulisan ini khusus memuat ungkapan berapa tokoh filosof tentang perempuan, namun sebelumnya penulis akan mendahulukan pemaparan al-Qur'an tentang perempuan, sebagai berikut:
Perempuan Menurut al-Qur'an:
"Dan janganlah kamu menikahi para perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya perempuan budak yang mukmin lebih baik dari Perempuan musyrik, walaupun Dia menarik hatimu" (QS: 2: 221).

"Hendaklah kamu menjauhkan diri dari perempuan di waktu haidh, dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu" (QS: 2: 222).

"Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki" (QS: 2: 223).

"Tidak halal bagi kamu mempusakai perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata, dan bergaullah dengan mereka secara patut, kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak" (QS: 4: 19).

"Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu; anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, ibu-ibumu yang menyusui kamu, saudara perempuan sepersusuan, ibu-ibu isterimu (mertua), anak-anak isterimu yang dalam pemeliharaanmu dari isteri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan isterimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya, (dan diharamkan bagimu) isteri-isteri anak kandungmu (menantu), dan menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau" (QS: 4: 23).

"Dan barangsiapa diantara kamu (orang merdeka) yang tidak cukup perbelanjaannya untuk mengawini perempuan merdeka lagi beriman, ia boleh mengawini perempuan yang beriman, dari budak-budak yang kamu miliki. Allah mengetahui keimananmu; sebahagian kamu adalah dari sebahagian yang lain, karena itu kawinilah mereka dengan seizin tuan mereka, dan berilah maskawin mereka menurut yang patut, sedang merekapun perempuan-perempuan yang memelihara diri, bukan pezina dan bukan (pula) perempuan yang mengambil laki-laki lain sebagai piaraannya; dan apabila mereka telah menjaga diri dengan kawin, kemudian mereka melakukan perbuatan yang keji (zina), maka atas mereka separo hukuman dari hukuman perempuan-perempuan merdeka yang bersuami. (kebolehan mengawini budak) itu, adalah bagi orang-orang yang takut kepada kemasyakatan menjaga diri (dari perbuatan zina) di antara kamu" (QS: 4: 24).

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka perempuan yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka, kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya" (QS: 4: 34).

"Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya (laki-laki dan perempuan), maka kirimlah seorang mediator dari keluarga laki-laki dan seorang mediator dari keluarga perempuan. jika kedua orang mediator itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu" (QS: 4: 35)
"dan kamu sekali-kali tidak akan dapat Berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung" (QS: 4: 129).

"Yusuf berkata: "Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka (perempuan-perempuan itu) kepadaku, dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh" (QS: 12: 33).

"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan" (QS: 16: 97).

"Katakanlah kepada perempyang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya, dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan" (QS: 24: 31).

"Hendaklah mereka (perempuan) mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu" (QS: 33: 59).

"Sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka" (QS: 64: 14).

"Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir, kedua perempuan itu berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba kami, lalu kedua perempuan itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah, dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam Jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam); Dan Allah membuat isteri Fir'aun (Asia) perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: "Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim; Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat rabbnya dan kitab-KitabNya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat" (QS: 66: 10-12).

Allah berfirman: "Sesungguhnya godaan perempuan amat besar..." (Ayat).
Nabi Besar Muhammad SAW:
"Nikahi-lah perempuan karena tiga hal: Cantik, martabat (keturunan baik-baik) dan taat beragama. Maka pilihlah perempuan yang taat beragama niscaya kamu akan selamat".
Socrates:
Socrates (Yunani: Σωκράτης, Sǒcratēs) (470 SM - 399 SM), adalah filosof dari Athena, Yunani dan merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Socrates lahir di Athena, dan merupakan generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani, yaitu Socrates, Plato dan Aristoteles. Socrates adalah yang mengajar Plato, dan Plato pada gilirannya juga mengajar Aristoteles.

Peninggalan pemikiran Socrates yang paling penting ada pada cara dia berfilsafat dengan mengejar satu definisi absolut atas satu permasalahan melalui satu dialektika. Pengejaran pengetahuan hakiki melalui penalaran dialektis menjadi pembuka jalan bagi para filosof selanjutnya. Perubahan fokus filsafat dari memikirkan alam menjadi manusia juga dikatakan sebagai jasa dari Sokrates. Manusia menjadi objek filsafat yang penting setelah sebelumnya dilupakan oleh para pemikir hakikat alam semesta. Pemikiran tentang manusia ini menjadi landasan bagi perkembangan filsafat etika dan epistemologis di kemudian hari.
Sumbangsih Socrates yang terpenting bagi pemikiran Barat adalah metode penyelidikannya, yang dikenal sebagai metode elenchos, yang banyak diterapkan untuk menguji konsep moral yang pokok. Karena itu, Socrates dikenal sebagai bapak dan sumber etika atau filsafat moral, dan juga filsafat secara umum.

Perkataannya tentang perempuan: "Hendaklah kamu berusaha untuk mengawini perempuan bagaimana pun caranya, jika kamu mendapatka seorang perempuan yang cantik maka kamu akan berbahagia dan jika mendapatkan seorang perempuan yang jelek maka kamu akan menjadi filosof".

Dan berkata: "Saya tidak merasa tenang kecuali setelah berada di kamar ibuku"
Filosof Italia:
Salah seorang filosof Italia mengatakan: "Jika anda ingin menjadi orang besar maka kawinlah dengan perempuan cantik, karena dengan kelembutannya menggugah inspirasi-inspirasi yang genius juga dapat mengendalikan kemarahan, dengan demikian tanpa terasa anda akan melakukan sesuatu yang luar biasa, hal ini tidaklah diketahui kecuali oleh orang besar saja".  

William Shakespeare:
William Shakespeare (lahir di Stratford-upon-Avon, Warwickshire, Inggris 26 April 1564 – meninggal di Stratford-upon-Avon, Warwickshire, Inggris, 23 April 1616 pada umur 51 tahun), adalah seorang penulis Inggris yang seringkali disebut orang sebagai salah satu sastrawan terbesar Inggris. Ia menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah, dan 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi yang lain. Ia menulis antara tahun 1585 dan 1613 dan karyanya telah diterjemahkan di hampir semua bahasa hidup di dunia dan dipentaskan di panggung lebih daripada semua penulis sandiwara yang lain. 

Shakespeare menulis tentang keadaan manusia yang sangat manusiawi. Ia memahami apa yang hampir semua orang ingini: untuk menyayangi orang lain, dan disayangi oleh orang lain; makan, minum, dan tidur dengan tenang; untuk hidup di tengah dunia yang besar dan memiliki arti di dalam hidup. Shakespeare juga memahami bahwa manusia memiliki kelemahan-kelemahan yang kadang-kadang jauh dari rencana-rencana mereka yang terhormat (atau tidak terhormat). Shakespeare adalah seorang jenius yang menunjukkan pada kita diri kita sesungguhnya.
Shakespeare berkata tentang perempuan: "Seorang perempua gadis tidak menuntut apapun di dunia ini kecuali hanya pasangan, apabila telah mendapatkannya ia menuntut dari padanya segala sesuatu".

Dan berkata: "Tiada guling yang lebih empuk di dunia ini  dari pelukan ibu".

"Perempuan yang naif selalu cemburu terhadap suaminya, perempuan yang cantik tidak meluangkan waktu untuk itu karena ia cemburu kepada suami-siami orang lain".
Napoleon Bonaparte:
Kaisar Napoleon Bonaparte (lahir di pulau Korsika, 15 Agustus 1769 – meninggal 5 Mei 1821 pada umur 51 tahun), berasal dari sebuah keluarga bangsawan lokal dengan nama Napoleone di Buonaparte (dalam bahasa Korsika, Nabolione atau Nabulione). Di kemudian hari ia mengadaptasi nama Napoléon Bonaparte yang lebih berbau Perancis.
Pada masa kejayaannya, Napoleon Bonaparte menguasai hampir seluruh dataran Eropa baik dengan diplomasi maupun peperangan. Diantaranya adalah Belanda dengan diangkatnya adiknya Louis Napoleon, Spanyol dengan diangkatnya Joseph Napoleon, Swedia dengan diangkatnya Jenderal Bernadotte sebagai raja yang kemudian melakukan pengkhianatan, sebagian besar wilayah Italia yang direbut dari Austria dan Polandia dengan diangkatnya Joseph Poniatowski sebagai wali negara Polandia.

Menikahi seorang janda bernama Joséphine de Beuaharnais, kehidupan perkawinan Napoleon penuh dengan ketidak percayaan dan perselingkuhan, diantaranya perselingkuhan Napoleon dengan gadis Polandia Maria Walewska sampai akhirnya Joséphine menjadi istri yang setia. Karena usianya yang lebih tua, Joséphine tidak memberikan keturunan pada Napoleon yang kemudian diceraikannya. Kemudian menikah lagi dengan Putri Kaisar Austria Marie Louise putri dari Kaisar Francois I yang mengikat persekutuan Austria dan Perancis yang dilakukan Kaisar Austria atas nasihat perdana menteri Mattenich untuk menyelamatkan negaranya. Pernikahan itu berakhir dengan kekalahan Napoleon yang pertama dengan jatuhnya kota Paris akibat diserang Rusia, Austri dan Prusia serta dibuangnya Napoleon ke pulau Elba. Marie Louise sendiri dibawa pulang oleh ayahnya ke Wina. 

Napoleon berkata tentang perempuan: "Orang yang membiarkan perempuan mengaturnya, ia bukan seorang laki-laki dan bukan juga perempuan, sesungguhnya ia bukan siapa-siapa".
George Bernard Shaw:
Bernard Shaw: (Lahir Dublin, 26 Juli 1856 – meninggal 2 Nopember 1950 di Hertfordshire), adalah novelis, kritikus, esaias, politikus, dan orator Irlandia yang menetap di Inggris. Pada 18 Desember 1926, ia menolak hadiah uang ketika menerima Nobel Kesustraan (pada 1925) dan Academy Award for Writing Adapted Screenlay (pada 1938 untuk Pygmalion).

Saat menerima penghargaan dalam acara itu, ia mengatakan, "Aku bisa memaafkan Alfred Nobel atas penemuan dinamit, tapi hanya iblis dalam sosok manusia yang bisa menerima Hadiah Nobel. Padahal, ia yang lebih dikenal sebagai dramawan, memulai karier dalam kondisi frustasi akibat kemiskinan.
Bernard Shaw berkata tentang perempuan: "Perempuan panik tentang masa depan sampai ia menemukan pasangan, laki-laki tidak panik tentang masa depan kecuali setelah ia menemukan pasangan".
Dan mengatakan: "Tujuan hidup perempua adalah menikah secepat mungkin,  sedangkan tujuan hidup laki-laki adalah menunda pernikahan sepanjang masih bisa ditelerir".

Marilyn Monroe: 
Marilyn Monroe (1 Juni 1926 - 5 Agustus 1962), yang terlahir dengan nama Norma Jeane Mortenson adalah seorang aktris, penyanyi dan juga model terkenal asal USA. Hingga saat ini, dia merupakan bintang film dan simbol seks paling terkenal pada abad ke-20. Sosoknya adalah inspirasi bagi banyak bintang-bintang baru pada masa kini seperti yang terlihat jelas pada diri Madona di awal kariernya.

Setelah beberapa tahun memainkan peran-peran kecil, Marilyn Monroe menjadi semakin terkenal atas keahliannya bermain komedi, kecantikannya serta penampilannya di layar lebar, sehingga dia menjadi salah satu bintang film yang sangat populer pada tahun 1950an. Belakangan dalam kariernya, Marilyn Monroe melakoni beberapa peran serius yang cukup sukses. Namun begitu ia tidak sempat memperoleh Academy Award sebagai pengakuan dirinya sebagai aktris "serius", hanya Golden Globe yang pernah diraihnya lewat film "The Misfits" pada tahun 1961 yang ternyata merupakan film terakhir yang ia selesaikan.

Namun demikian, permasalahan yang menyangkut karier maupun kehidupan pribadinya menjadi semakin buruk dan rumit. Kehidupan Marilyn Monroe berakhir mengenaskan, dia ditemukan tewas di rumahnya yang dipercaya sebagai akibat tindakan bunuh diri karena overdosis meminum fil tidur. Hingga saat ini, berbagai teori konspirasi menyangkut kematian Marilyn masih menjadi pokok pembahasan khususnya bagi para penggemarnya mulai dari keterlibatan keluarga Kennedy untuk membunuh Marilyn sampai teori bahwa Marilyn Monroe dibunuh oleh Mafia.

Marilyn Monroe sendiri menjadi inspirasi bagi banyak musisi dalam berkarya misalnya Elton John yang menciptakan lagu "Candle in the Wind (1974)" maupun grup rock Def Leppard yang mendedikasikan lagu mereka "Photograph" dari album mereka "HYSTERIA" (1981) untuk sang legenda.

Sampai saat ini salah satu ikon pop yang paling dikenal dunia adalah sosok Marilyn yang berdiri di atas saluran udara subway dengan rok yang terkembang.

Marilyn Monroe berkata: "Laki-laki jatuh cinta melalui kedua matanya, perempuan jatuh cinta melalui kedua telinganya".
Besson:
"Perempuan itu tidak-lah penting ia cantik atau jelek, apabila ia cantik akan bikin sakit hati dan bila ia jelek akan bikin sakit kepala".

Mr. B. Saleh (Diplomat aktif dan Inspirator):
Mengatakan: "Melihat perempuan di gandeng orang membuat hati jadi  semangat, melihat perempuan di samping kita membuat hati jadi pasrah".
Lain-Lain:
"Setiap perempuan kurang kepercayaan terhadap dirinya, ia akan melimpahkan perhatiannya kepada penampilannya".

"Perempuan itu bagaikan ilalang meliuk melambai di terpai angin spoi-spoi, tetapi tidak akan tumbang diterpa badai".

 -----------------BERSAMBUNG----------------------------



Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading