My Buku Kuning Center : My Buku Kuning Global: AKAN TERBIT BUKU KE-6 | PERUMPAMAAN LIVE AL-QURAN:

Thursday, October 31, 2013

My Buku Kuning Global: AKAN TERBIT BUKU KE-6 | PERUMPAMAAN LIVE AL-QURAN:



99 Perumpamaan Live Al-Quran Yang Menginsfirasi Kehidupan Global
(Mengungkap Rahasia Ayat-ayat Ibarat dan Perumpamaan Live Yang Menginsfirasi Kehidupan Alam Semesta di Dalam Al-Quran)

Oleh: Med HATTA

Pengantar Penulis:
PERUMPAMAAN orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba (kalangkabut) yang membuat rumah, dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.”

Ibarat di atas bukan sekedar ibarat, tetapi firman Allah SWT yang bercerita tentang perumpamaan laba-laba (kalangkabut). Kalimat Kalangkabut, sendiri adalah ungkapan lumrah kita ucapkan dan bahkan mengalaminya hampir setiap hari, sebagai suatu ekspresi rasa galau, mumet dan bingung tidak karuan karena terdesak atau terburu-buru melakukan sesuatu. Namun, sedikit sekali kita menyadari bahwa kalimat tersebut adalah berasal dari bahasa perumpamaan live al-Quran, terdiri dari dua suku kata bahasa Arab: (كالعنكبوت)kal-angkabut”, artinya perumpamaan seperti laba-laba membuat rumah, seperti ayat di atas.


Al-Quran dalam perumpamaan ini menggambarkan rumah paling rapuh adalah rumah laba-laba karena dibuat secara terburu-buru, semraut tidak karuan. Diibaratka orang yang mengambil perlindungan kepada selain Allah, maka tingkat keamanannya sangat rawan seperti berlindung dibalik rumah laba-laba yang terbuat dari air liur, transparan, terurai, melar dan gampang robek.

Sedangkan pada perumpamaan lain al-Quran menyebutkan bahwa di mana-pun kamu berada pasti tidak akan aman dari kematian meski berlindung dibalik benteng yang tinggi dan amat kokoh sekalipun. (Lihat: QS: 004: 78).

Rumah “kalangkabut” dan benteng yang kokoh di atas hanya-lah dua dari perumpamaan al-Quran yang mencakup semua objek perumpamaan live (langsung) multi dimensi yang spektakuler di dalam ayat-ayat al-Quran. Seperti perumpamaan-perumpamaan: (Perumpuan ibarat ladang atau pakaian; menyulam kain lalu menguraikannya kembali; onta masuk kelobang jarum; anjing yang selalu menjulurkan lidahnya; perbandingan kecepatan cahaya; menggenggam langit dan bumi sebagi gaya gravitasi; pohon mengeluarkan sinar laser yang menembus; cahaya menenggelamkan gunung; gunung melayang di atas udara; surga seluas bumi dan langit; perumpamaan remeh temeh seperti penciptaan lalat dan nyamuk. Serta lain sebagainya yang akan menjadi kajian khusus buku ini. (Lihat: Daftar Isi).

Sosiologi Perumpamaan di Dalam Al-Quran
Al-Quran sebagai pedoman hidup dan sumber petunjuk telah meliputi semua objek perumpamaan dan ibarat, agar supaya manusia mudah memahami hidayah al-Quran, mengerti tujuan hidup dan mengenal alam semesta disekitarnya. Dan sekaligus menjadi bukti autentik atas kebenaran dan mukjizat al-Quran. Allah berfirma:

وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya: "dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.” (QS: 59: 21)
وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ (٢٧)
Artinya: "Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam al-Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran” (QS: 39: 27).

Kalimat (المثل)al-Matsal” atau perumpamaan pada ayat di atas, menurut beberapa kamus bahasa Arab populer seperti “Lisanul Arab” mengartikannya kepada berbagai macam definisi berbeda-beda: serupa, sejenis, ibarat dan segala sesuatu yang dijadikan konversi (perbandingan) setara bagi sesuatu yang lain, dan lain sebagainya. Menurut al-Fairuz Abadi, “al-Mitslu”: yaitu “as-syibhu” (serupa), plural “amtsaal”... Kemudian disimpulkan oleh Ibn Faris: Bahwa semua pengertian-pengertian itu kembali kepada satu definisi, yaitu perbandingan atau perumpamaan.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan pentingnya perumpamaan al-Quran, dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh al-Baihaqi dari Abu Hurairah ra, nabi bersabda: “Sesungguhnya al-Quran itu diturunkan atas lima dimensi: Halal – haram – muhkam – mutasyabih – perumpamaan; maka realisasikanlah yang halal, tinggalkan yang haram, ikuti petunjuk ayat muhkam, percaya kepada yang mutasyabih, dan renungkanlah segala perumpamaan-perumpamaan al-Quran”.

Ibn Qayyim al-Jouzi (w. 751 H) menegaskan: Bahwa Allah dan rasul-Nya telah membuat perumpamaan-perumpamaan kepada umat manusia untuk mendekatkan kepada sasaran, menjelaskan definisi dan menyambungkannya ke otak para pendengar, serta merefleksikannya ke dalam jiwanya dengan media perumpamaan langsung yang digambarkannya. Dengan demikian dapat mendekatkan kepada logika dan pemahaman, mengaktualisasikan kepadaya dengan mendatangkan bandingannya, karena jiwa manusia lebih peka dengan perbandingan dan penyerupaan, sebaliknya akan bingung kalang kabut kepada sesuatu yang aneh, ganjil dan tanpa ada bandingan.

Maka dengan adanya perumpamaan dapat membuat jiwa jadi tenteram, cepat menerka arti hukum dan merefleksikannya dengan apa yang telah dicontohkannya, ini adalah hal sangat lumrah tidak seorangpun dapat mengingkarinya. Setiap perumpamaan menjadikan definisi lebih terang dan jelas, oleh karena itu perumpamaan adalah penjelasan arti yang dimaksudkan, yaitu merupakan keistimewaan akal dan spesialisasinya. (Lihat: A’laamul Muwaqqi’in: 1/291).

Sedangkan az-Zarkasyi mengomentari: “Allah membuat perumpamaan dalam al-Quran untuk menjelaskan maksud yang tidak nampak, karena tujuan dari pada perumpamaan adalah memberikan gambaran langsung yang tersembunyi dengan visual live multi-dimensi, begitu juga bukti-bukti autentik bagi yang gaib...” (Lihat: al-Burhan fi Ulumil Quran: 1/488).
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading