My Buku Kuning Center : BUNGA API SEBESAR ISTANA DAN LAKSANA IRINGAN UNTA KUNING:

Sunday, December 28, 2014

BUNGA API SEBESAR ISTANA DAN LAKSANA IRINGAN UNTA KUNING:

Serial: 99 Perumpamaan LIVE Dalam Alquran (20):


Panorama Live Bunga Api Jahannam
Oleh: Med HATTA

Dua (2) ayat dari surah Almursalat, ayat kajian sekarang, mengilustrasikan dua perumpamaan live yang wajib direnungkan oleh orang yang berfikir: Pertama, bunga api Jahannam sebesar istana; kedua, istana yang diibaratkan sebagai skala satuan bunga api itu digambarkan pula seperti parade barisan unta yang tak putus-putus. Nah, bagaimanakah kira-kira panorama live bunga api Jahannam yang diilustrasikan ayat perumpamaan di atas? (My Buku Kuning)


Allah berfirman:

إِنَّهَا تَرْمِي بِشَرَرٍ كَالْقَصْرِ، كَأَنَّهُ جِمَالَةٌ صُفْرٌ (المرسلات)
Artinya: "Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana; seolah-olah ia iringan unta yang kuning" (QS: 077: 32-33).

Panorama Live Bunga Api Jahannam:

Dua (2) ayat dari surah Almursalat, ayat kajian sekarang, mengilustrasikan dua perumpamaan live yang wajib direnungkan oleh orang yang berfikir: Pertama, bunga api Jahannam sebesar istana; kedua, istana yang diibaratkan sebagai skala satuan bunga api itu digambarkan pula seperti parade barisan unta yang tak putus-putus. Nah, bagaimanakah kira-kira panorama live bunga api Jahannam yang diilustrasikan ayat perumpamaan di atas?

Tentu fenomena tersebut tidak lain adalah panorama Jahannam yang sangat dahsyat. "Bunga api", yaitu percikan yang menyala dari serpihan-serpihan halus kayu bakar yang dihempaskan oleh kobaran api ke udara karena dahsyatnya nyala api itu. Sehingga digambarkan bahwa satu percikan bunga api saja besarnya seperti sebuah istana besar dunia, dan bunga-bunga api sebesar istana itu dilemparkan terus-menerus dari pusat kobaran api ke udara, maka nampaklah panorama seperti menonton parade unta yang berbaris tak putus-putus dan berwarna kuning. (Lihat: Ibn Asyur, Attahrir Wattanwir: 29: 437).

Kata Atthayyibi: Di dalam ayat ini Allah SWT menyerupakan bunga api dalam dua kondisinya; pertama, ketika bunga api itu terlepas dari kobaran skalanya sebesar istana; kedua, ketika telah melunjur bebas di atas udara ia terpecah-pecah dalam jumlah yang tidak terbatas banyaknya seperti kompoi besar unta-unta di padang pasir dari segi terpencar liar, warna, power dan massanya. Karena diibaratkan kepada binatang maka gerakan-gerakannya adalah sangat bebas dan liar tak beraturan.

Tuhan Kami! Bebaskanlah Kami Dari Jahannam Sesungguhnya Azabnya Amat Pedih:

Ayat kajian telah menggambarkan kepada kita bagaimana dahsyatnya pusat api Jahannam, yang satu percikan buanga-bunga apinya saja sebesar istana dan bunga-bunga api sebesar istana itu senantiasa meluncur berhamburan ke atas udara bagaikan parade-parade unta yang susul-menyusul tak putus-putus, maka pastilah tidak dapat dibayangkan betapa tinggi suhu panasnya, dan keganasan daya bakarnya. Tentu satu percikan bunga apinya saja mampu menghanguskan dunia hunian kita dan seluruh isinya.

Alquran telah menceritakan bahwa bahan bakar Jahannamm adalah manusia dengan segala lemak, darah, daging dan tulang-belulangnya, dan batu yang melelehj dan mendidih karena panas Jahannam, sebagaimana batu-batuan gunung berapi mendidih dan meleleh keluar dari perut bumi. Allah berfirman:

فَاتَّقُواْ النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ (البقرة)
Artinya: "maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu" (QS: 002: 24). 

قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ (التحريم)
Artinya: "peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu" (QS: 066: 6).

Neraka Jahannam Aktif dan Bergemuruh:
Allah berfirman:

إِذَا أُلْقُوا فِيهَا سَمِعُوا لَهَا شَهِيقًا وَهِيَ تَفُورُ، تَكَادُ تَمَيَّزُ مِنَ الْغَيْظِ (الملك)
Artinya: "Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendeengar suara neraka yang mengerikan, sedang mereka itu membara; hampir meledak karena marah" (QS: 067: 7-8). 

إِذَا رَأَتْهُم مِّن مَّكَانٍ بَعِيدٍ سَمِعُوا لَهَا تَغَيُّظًا وَزَفِيرًا (الفرقان)
Artinya: "Apabila ia (neraka) melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar suaranya yang gemuruh karena marahnya" (QS: 025: 12).

Selain itu, sebagaimana telah penulis jelaskan pada kajian lalu (langsung) bahwa neraka Jahannam itu terdiri dari 7 tingkatan atau pintu besar, setiap pintu memiliki karakter dan kesadisan masing-masing, seperti: Saqar, yang menghabiskan korban-korbannya tanpa menyisakan; Ladha, mengelupas kulit kepala korbannya; Alhuthamah, yang apinya berkobar-kobar dan membakar korbannya sampai ke jantung; Aljahim, yang terkenal dengan belenggu-belunggu apinya yang berat; Assa'ir, yang memiliki kamar-kamar konsentrasi yang mengirikan dengan berbagai jenis alat-alat azab yang sadis; dan Alhawiyah, yaitu tingkatan jahannam yang paling rendah, tempat kekal yang dijanjikan kepada orang-orang munafik.

Penulis masih akan kembali kepada tema Jahannam ini pada kajian-kajian yang akan datang, insya Allah. Mari kita memohon kepada Allah agar dijauhkan dari neraka Jahannam dari semua pintunya. Amin.
KAJIAN SELANJUTNYA :


KAJIAN SEBELUMNYA :

My Buku Kuning Collection
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading