My Buku Kuning Center : GUNUNG SEPERTI BULU BETERBANGAN:

DROP MENU

Minggu, Desember 14, 2014

GUNUNG SEPERTI BULU BETERBANGAN:

*Serial: 99 Inspirasi Dahsyat dari Perumpamaan-Live AlQuran (13) :

Gunung-gunung Beterbangan Seperti Bulu
By: Med Hatta
"Pada ayat dari surah Alqari'ah gunung-gunung didiskripsikan seperti bulu-bulu yang dihambur-hamburkan, sedangkan pada ayat dari surah Alma'arij tidak diceritakan seperti itu, kecuali hanya disamakan seperti bulu-bulu saja. Maka jelas bahwa maksud perumpamaan pada surah Alqari'ah berbeda dengan apa yang dimaksud pada surah Alma'arij..." 

Allah berfirman: 

وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ
Terjemah Arti: "dan gunung-gunung bagaikan bulu (yang beterbangan)" (QS. Al-Ma'arij: 9); 

وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ ٱلْمَنفُوشِ
Terjemah Arti: "dan gunung-gunung menjadi seperti bulu (yang beterbangan)" (QS. Al-Qari'ah : 5). 

Gunung-gunung Beterbangan Seperti Bulu:
Kalimat "الْعِهْنُ", yaitu bulu yang dicat dengan warna merah, dan ada juga yang mengatakan bahwa bulu dicat dengan berwarna-warni. Sedangkan "الْمَنْفُوشِ", ialah bercerai-berai dari bagian-bagiannya. Dan gunung-gunung diumpamakan seperti bulu yang dihambur-hamburkan; karena sifat gunung-gunung seperti diceritakan Alquran pada surah Fathir, Allah berfirman: 

وَمِنَ الْجِبَالِ جُدَدٌ بِيضٌ وَحُمْرٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهَا وَغَرَابِيبُ سُودٌ (فاطر)
Terjemah Arti: "Dan dari gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat" (QS. Fathir: 27).

Jelas bahwa gunung-gunung itu beraneka macam warna oleh karakter batu dan tumbuh-tumbuhan yang ada dipermukaannya, dan demikian pula bulu-bulu yang beraneka macam warnanya pula. Adalah keduanya diserupakan pada kedua ayat kajian di atas dari segi coraknya, kemudian disamakan lagi pada sisi lain, yaitu bahwa apabila dihamburkan maka gunung-gunung itu akan berterbangan di atas udara seperti bulu-bulu yang berhamburan.

Dua ayat kajian dari surah Alma'arij dan surah Alqari'ah, Alquran bercerita tentang keadaan gunung-gunung pada hari kiamat, Allah berfirman:
 
وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ
Terjemah Arti: "dan gunung-gunung menjadi seperti bulu (yang beterbangan)". (Al-Ma'arij)

وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ
Terjemah Arti: "dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan". (Al-Qari'ah)

Pada ayat dari surah Alqari'ah gunung-gunung didiskripsikan seperti bulu-bulu yang dihambur-hamburkan, sedangkan pada ayat dari surah Alma'arij tidak diceritakan seperti itu, kecuali hanya disamakan seperti bulu-bulu saja. Maka jelas bahwa maksud perumpamaan pada surah Alqari'ah berbeda dengan apa yang dimaksud pada surah Alma'arij, sebagaimana dapat dijelaskan sebagai berikut:

Surah Alqari'ah; seperti namanya sebagai "dentuman dahsyat", yaitu pergesekan dua benda raksasa dengan keras sehingga mengeluarkan suara yang amat dahsyat. Maka sangat sesuai dengan peristiwa yang mencekam pada saat yang digambarkannya itu, seperti kepanikan global yang membuat manusia berhamburan, lemah, hina seperti kupu-kupu yang beterbangan tak tentu arah, begitu pula gunung-gunung lepas dari akarnya dan beterbangan seperi bulu yang dihambur-hamburkan, sebagaimana telah dijelaskan. Dan penulis masih akan kembali kepada tema serupa pada kajian-kajian berikutnya di buku ini pada waktunya nanti. 

Adapun surah Alma'arij; yaitu Allah SWT menceritakan sisi lain dari pertiwa yang mencekam pada hari itu juga, yang oleh AlQuran disifatinya sebagai hari yang amat panjang, Allah berfirman:
 
فِيْ يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ (المعارج)

Terjemah Arti: "dalam sehari setara dengan lima puluh ribu tahun" (QS. Al-Ma'arij: 4);

Sepanjang waktu itu cukup bisa merubah langit dan warnanya seperti larutan tembaga yang menggumpal dan berwarna merah; sebagaimana dapat menghilangkan keseimbangan gunung-gunung dan melepaskan dari akar-akarnya sehingga menjadi ringan dan berterbangan di atas udara seperti bulu yang berwana-warni. Maka langit diserupakan seperi larutan tembaga dan gunung-gunung disamakan dengan bulu, sebagaimana dijelaskan secara gamblang pada ayat ke 8-9 dari surah Alma'arij. Allah berfirman:
 
يَوْمَ تَكُونُ السَّمَاءُ كَالْمُهْلِ، وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ (المعارج)
Terjemah Arti: "pada hari ketika langit menjadi seperti cairan tembaga; dan gunung-gunung menjadi seperti bulu (yang berterbangan)" (QS. Al-Ma'arij: 4). 

Lihat: Kajian lainnya tentang keadaan gunung-gunung pada hari kiamat pada hari kiamat di buku ini...!!!


<<<===[12]•TERKAIT•[14]===>>

KAJIAN SELANJUTNYA:
(13) Ten  
(14) Ten. 
(15) Ten 
(16) Ten 
(17) Ten 

KAJIAN SEBELUMNYA : 
(11) Ten 
(10)  Ten 
(9) Ten 
(8) Ten 
(7) Ten 

Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic