My Buku Kuning Center : TAKBIR IDUL FITRI SARANA MEMPERSATUKAN UMAT

Monday, July 23, 2012

TAKBIR IDUL FITRI SARANA MEMPERSATUKAN UMAT


Serial Bulan Ramadhan: Tafsir Ayat-Ayat Puasa (02/ 08)
Festival Bulan Suci Ramadhan 1433 H.  (H: 03) 

 وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ
(
Dan Hendaklah Kamu Bertakbir Mengagungkan Allah Atas Petunjuk-Nya Kepadamu)
Oleh: Med HATTA
Mukaddimah:
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، وبعد! 
Prolog:
Pada kajian yang lalu kita sudah menjelaskan bahwa adalah penduduk Bashrah – Irak pada masa keemasan Islam,  apabila mereka telah itsbat ru’yatul hilal segera menyebarkan hasil ru'yatnya itu kepada penduduk negeri Kufah, Madinah al-Munawwarah dan Yaman lalu memerintahkan mereka berpuasa serentak atau mewajibkan menggatikan sehari jika beritanya terlambat. 

Oleh karena itu, terobosan seperti yang pernah dilakukan Bashrah pada masa lalu itu perlu mendapat perhatian khusus para pemimpin negara-negara Islam saat sekarang ini, kalau mereka menginginkan perdamaian dan kekuatan yang dapat membuat umat ini disegani oleh bangsa-bangsa dunia. Karena dengan menjamin aqidah dan keyakinan beribadah umat, seorang pemimpin telah menciptakan stabilitas yang kondusif, persatuan dan kenyamanan bangsa yang dipimpinnya, yang pada gilirannya mereka akan lebih terfokus saja pada masalah-masalah yang berhubungan dengan kesejahteraan dan membangun kekuatan mereka. 

Maka sangat disayangkan seorang tokoh ormas besar Islam yang mengumumkan didepan publik pada awal Ramadhan ini, bahwa pemerintah tidak perlu mencampuri dan memasuki ranah keagamaan, padahal mereka mestinya sadar bahwa kepala pemerintahan adalah bertanggung jawab selain mempersatukan visi-misi politik bangsa juga dituntut untuk mengayomi bidang spritual bangsa, termasuk kenyamanan beribadah. Maka dibentuk departemen agama untuk mengurusi tugas penting itu. 

Kongkritnya, kalau bangsa selalu ragu-ragu dalam hal beribadah saja, bagaimana mungkin bisa lurus dalam hal bernegara yang bersifat duniawi. Umat Islam negeri ini memerlukan seorang figur seperti Buya Hamka, beliau – Rahimahullah – selain piawai dalam berorganisasi, ia juga sangat mumpuni di bidang syari’ah Islam, cukuplah tafsir Al-Azhar menjadi saksi dibidang terakhir ini. Seperti Buya Hamka-lah yang semestinya menjadi pemimpi ormas Islam, agar umat ini tidak dibikin panik dalam beribadah. 

Dengan demikian, pada momen Idul Fitri yang akan datang, diharapkan para pemimpin negara-negara Islam bersepakat, untuk mempersatukan jadwal ibadah umat Islam seluruh dunia, maka apabila itsbat ru'yatul hilal telah ditetapkan oleh pemerintah negara Islam tertentu berdasarkan ru'yat tim yang telah dipercaya maka negara-negara Islam lain wajib mengikutinya.
Lanjutan Tafsir Ayat-Ayat Puasa:
Allah berfirman:
وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (١٨٥) وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ (١٨٦) أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ فَالآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ وَلا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلا تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ (١٨٧)
Artinya: "dan hendaklah kamu bertakbir mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur; dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran; Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.” (QS: 2: 185-187). 
Takbir Idul Fitri:
Allah berfirman:
وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ 
Artinya: "dan hendaklah kamu bertakbir mengagungkan Allah".
Yaitu anjuran untuk bertakbir mengagungkan Allah di akhir Ramadhan dan melaksanakan shalat Idul fitri. Penulis masih akan kembali menjelaskan lafadz takbir dan hukum-hukum yang berkenaan dengan pelaksanaan shalat idul fitri nanti, Insya Allah.....
Firman Allah:
عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ 
Artinya: "atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur”.
Yaitu, bertakbirlah mengagungkan Allah atas karunia-Nya telah menganugerahkan kepada kamu syariat yang kokoh seperti ibadah puasa ini. Semoga kamu menjadi umat yang senantiasa bersyukur. 
Firman Allah: 
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ (١٨٦)
Artinya: "dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran;

Bersambung ke: Tafsir Ayat-Ayat Puasa Berikutnya-----
Kajian yang Lalu:
Artikel yang berhubungan:
  1. Isra' - Mi'raj Ke Elle SalewoE Bersama H. Jamalu
  2. Isra'-Mi'raj Melumpuhkan Sistem Digital
  3. Kelahiran Nabi SAW Menciptakan Peradaban Baru Umat Manusia
  4. Maulid Nabi SAW dan Sejarah Perjuangan
  5. Al-Qur'an Kampanye Anti-Miras
  6. Silsilah Para Nabi, Rasul dan Bangsa-Bangsa Dunia
  7. Bumi Allah Amat-lah Luas Berhijrah-lah
  8. 1 Jam Dimurka Gurutta Ambo Dalle
  9. Seorang Muhajir Fakir 
Karya Terbaru Penulis:
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading