My Buku Kuning Center : KITAB-KITAB TAFSIR KATEGORI PEMBACA MENENGAH

DROP MENU

Rabu, Januari 20, 2016

KITAB-KITAB TAFSIR KATEGORI PEMBACA MENENGAH

Daftar Kitab-Kitab Tafsir Kategori Pembaca Menengah
By: Buku Kuning Center
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، أما بعد:
Penulis maksudkan di sini adalah kitab-kitab tafsir yang dapat dicernah oleh pembaca yang memiliki kemampuan menengah tentang ilmu tafsir, memiliki pengetahuan dasar dengan arti-arti kalimat Alquran, dan dia hanya perlu sedikit pendalaman mengenai perkataan-perkataan pakar tafsir. Umumnya yang tergolong dalam kategori ini adalah kalangan mahasiswa tinggi, sarjana-sarjana sains, insinyur, dokter, dan selevelnya yang bukan spesialis Alquran dan ilmu-ilmu Alquran.

Kitab-kitab yang akan penulis sebutkan di bawah ini adalah kitab-kitab tafsir kategori menengah yang dapat dicernah langsung oleh pembaca yang memiliki pengetahuan menengah tentang ilmu tafsir dan memahaminya, meski masih memerlukan pencerahan pada tema-tema tertentu, seperti :


1. Annukatu wal-‘Uyun (النكت والعيون), Karya Al Mawardi (Wafat 450 H/1029 M
Pada awalnya penulis ragu-ragu menempatkan kitab tafsir ini sebagai kategori menengah, sebab ia  tergolong salah satu tafsir yang memiliki pembahasan luas. Akan tetapi karena bahasanya sederhana maka penulis meletakkannya di sini. Kitab ini menampilkan perkataan-perkataan pakar tafsir, dan menjadikannya landasan atas tafsirnya. Ia termasuk salah satu kitab tafsir terbaik dalam memaparkan perkataan-perkataan para pakar tafsir dan mendebatnya.

2. Tafsir Alquran (تفسير القرآن), Karya Abul Muzaffar Assam’ani (Wafat 489 H/1068 M)
Tafsir ini merupakan salah satu tafsir ahlussunnah murni, penulisnya Abul Muzaffar Assam’ani seorang tokoh besar ahlussunnah, dan tafsirnya pun sunni legal. Gaya bahasanya sederhana; di dalamnya terdapat penjelasan ilmiah yang langka; dan di antara keistimewaannya adalah banyak menentang (ahlul hawa) dalam (menyelewengkan) sifat-sifat Allah pada posisinya yang benar, serta banyak memberikan pencerahan terhadap perkataan-perkataan yang bertentangan dengan ahlussunnah dalam tafsir ayat-ayat Alquran. Kitab ini telah diterbitkan oleh “Dar al-Wathan”, tahun 1418 H/1997 M, dalam 6 jilid.
3. Alwasith fi Tafsir Alquran Almajid (الوسيط في تفسير القرآن المجيد), Karya Imam Alwahidy (Wafat 468/1047 M)
Kitab ini ditulis oleh Alwahidy untuk pembaca menengah, sebelumnya dia telah menulis kitab tafsir (الوجيز في تفسير الكتاب العزيز) untuk pembaca pemula sebagaimana telah dijelaskan pada edisi lalu (LIHAT: KITAB-KITAB TAFSIR TERFAVORIT DI ZAMANNYA/ 1). Dan dia juga memiliki kitab tafsir “Albasith” yang berwawasan lebih luas, untuk pembaca professional, ini juga sudah dibahas (LIHAT: 10 KITAB TAFSIR TERPOPULES SEPANJANG MASA/ c). Alwahidy-lah yang utama menyandang penilis tafsir untuk 3 kalangan.

Imam Alwahidy telah mengumpulkan di dalam tafsirnaya Alwasith (الوسيط في تفسير القرآن المجيد) banyak sekali dari perkataan-perkataan sahabat (atsar) tentang tafsir, dan ia sangat cocok untuk pembaca menengah. Kitab ini telah diedit dan diterbitkan oleh “Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah”, dalam 4 juz. Meski kitab ini masih perlu pengeditan ilmiah lebih bagus dan cetakan lux mengingat kandungan ilmiahnya yang tinggi.

4. Zadul Masir (زاد المسير), Karya Ibnul Jauzy (597 H/1176 M)
Kitab ini salah satu tafsir terbaik, merupakan karya terbaik Ibnul Jauzy dari seluruh karangannya. Ia teredit baik dan tersusun rapih, 
B E R S A M B U N G

Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic