My Buku Kuning Center : TOKOH-TOKOH ALQURAN YG TIDAK DISEBUTKAN NAMANYA LANGSUNG

DROP MENU

Jumat, Juni 28, 2019

TOKOH-TOKOH ALQURAN YG TIDAK DISEBUTKAN NAMANYA LANGSUNG


TOKOH-TOKOH POPULAR YANG TIDAK DISEBUTKAN LANGSUNG NAMANYA DALAM ALQURAN
UNTUK MENJADI IBRAH BAGI ULUL ALBAB:

Allah Berfirman:
لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ


01. IBUNDA HAWA: Istri nabi Adam as. Ia adalah perempuan pertama diciptakan di dunia, ibu semua umat manusia. Diyakini bawa ia tercipta tidak melalui proses kelahiran sebagaimana anak manusia umumnya, tetapi diciptakan oleh Allah SWT dari tulang rusuk Adam. Tidak sekalipun disebutkan namanya di dalam Alquran secara langsung melainkan sifatnya saja sebagai istri Adam. Allah berfirman:
هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا فَلَمَّا تَغَشَّاهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيفًا فَمَرَّتْ بِهِ فَلَمَّا أَثْقَلَتْ دَعَوَا اللَّهَ رَبَّهُمَا لَئِنْ آتَيْتَنَا صَالِحًا لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ

02. KAN´AN BIN NUH: Putra kesangan nabi Nuh as. yang durhaka pada Allah dan mati tenggelam oleh azab terjangan bah raksasa. (Lihat: Surah Huud: 42).
وَنَادَىٰ نُوحٌ ابْنَهُ وَكَانَ فِي مَعْزِلٍ يَا بُنَيَّ ارْكَب مَّعَنَا وَلَا تَكُن مَّعَ الْكَافِرِينَ

03. WAHILAH: Istri nabi Nuh as. yang dijadikan contoh oleh Allah dalam Alquran sebagai salah seorang perempuan yang durhaka pada Allah dari istri seorang nabi Allah. Dan dijanjikan masuk neraka.
ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ كَفَرُوا اِمْرَأَةَ نُوحٍ وَامْرَأَةَ لُوطٍ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ

04. NAMRUD BIN KAN´AN: Raja agung negeri Babilonia - Irak, kekuasaannya meliputi hampir semua wilayah-wilayah makmur seluruh belahan dunia. Dialah penantang dakwah ketauhidan yang diemban nabi Ibrahim as. Perdebatan keras mereka diabadikan dalam Alquran
وإذ قال إبراهیم ربي الذي یحیي ویمیت وقال أنا أحيي وأمیت
NAMRUD merupakan model manusia yang dijadikan Alquran sebagai simbol utama manusia yang paling takabbur, kafir dan ingkar terhadap nikmat-nikmat Allah hingga kini.

05. WA´ILAH: Istri nabi Luth as. yang dijadikan contoh oleh Allah SWT dalam Alquran sebagai perempuan kedua yang durhaka pada Allah, dari istri seorang rasul Allah. Dan dijanjikan masuk neraka sebagaimana istri nabi Nuh as. sebelumnya.
ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ كَفَرُوا اِمْرَأَةَ نُوحٍ وَامْرَأَةَ لُوطٍ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ

06. SARAH: Istri pertama nabi Ibrahim as., Ibu dari nabi Ishak. Ia sempat tidak mendapatkan memongan sampai umur 76 tahun sehingga nabi Ibrahim as menikah lagi dengan Hajar dan dikarunia seorang putra bernama nabi Ismail as. Kemudian 5 tahun setelah kelahiran Ismail, diusianya yang 81, Sarah melahirkan nabi Ishak as:
وَامْرَأَتُهُ قَائِمَةٌ فَضَحِكَتْ فَبَشَّرْنَاهَا بِإِسْحَاقَ وَمِنْ وَرَاءِ إِسْحَاقَ يَعْقُوبَ، قَالَتْ يَا وَيْلَتَى أَأَلِدُ وَأَنَا عَجُوزٌ وَهَذَا بَعْلِي شَيْخًا إِنَّ هَذَا لَشَيْءٌ عَجِيبٌٌ

07. HAJAR: Istri kedua nabi Ibrahim, ibu nabi Ismail as. Ketika putranya ismail masih balita ia berdua dibawah oleh suaminya nabi Ibrahim bermukim di suatu tempat yang asing dan kosong dari pemukiman manusia yang kemudian dikenal dengan kota Makkah:
رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

08. RAMSES II: Firaun Mesir, lahir sekitar tahun 1303 SM. Anak kedua dari Raja Citie I, ibunya bernama Toba. Salah seorang istrinya yang terkenal ialah Nevertari. Ia memerintah Mesir selama 66 tahun, meninggal dalam usia lebih 90 tahun, dimakamkan di Wadi El Muluk. Karya terbesarnya ialah LUXOR TAMPLE dan Karnak Temple.
فَالْيَوْمَ نُنَجِّيكَ بِبَدَنِكَ لِتَكُونَ لِمَنْ خَلْفَكَ آيَةً ۚ وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ عَنْ آيَاتِنَا لَغَافِلُونَ

09. ASIA BINTI MAZAHIM: Istri Firaun yang dijadikan contoh oleh Allah SWT dalam Alquran sembagai simbol perempuan beriman dari istri seorang kafir yang dilaknat Allah.
وَقَالَتِ امْرَأَةُ فِرْعَوْنَ قُرَّةُ عَيْنٍ لِي وَلَكَ لَا تَقْتُلُوهُ عَسَى أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

10. YOHANDA: Ibu nabi Musa as. yang diberi ilham oleh Allah meletakkan bayi Musa ke dalam peti kayu lalu dihanyutkan di Sungai Nil yang mengalir ke istana Firaun hingga diambil oleh Asia istri Firaun sertas diangkat menjadi anak yang menjadi musuh Firaun tanpa ias disadari sendiri.
وَأَصْبَحَ فُؤَادُ أُمِّ مُوسَى فَارِغًا إِنْ كَادَتْ لَتُبْدِي بِهِ لَوْلَا أَنْ رَبَطْنَا عَلَى قَلْبِهَا لِتَكُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

11. KULTSUM: Kakak perempuan nabi Musa yang mengikuti gerakan peti bayi Musa terapung di air dari tepi Sungai, hingga mengusulkan pada istri Firaun agar ibunya dijadikan ibu susu bayi yang mereka temukn tersebut. Maka Musa, dengan izin Allah, dikembalikan ke ibu kandungnya sendiri tanpa Firaun menyadarinya.
وَقَالَتْ لِأُخْتِهِ قُصِّيهِ فَبَصُرَتْ بِهِ عَنْ جُنُبٍ وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

12. HAZQIL BIN SHABOURA: Sepupu Firaun, kerabat istana Firaun yang pertama percaya pada dakwah nabi Musa as dan menyembunyikan keimanannya. Dan istrinya adalah tukang sisir putri Fir´aun.
HAZQIL juga si lelaki mukmin itu yang melindungi nabi Musa as. dari kejaran tentara Firaun yang ingin membunuhnya, dan menyuruh Musa kabur kelur dari kota.

13. ROBIL; 14. SYAM`UN; 15. LAWI; 16. YAHUDA; 17. ZIYALUN; 18. YASYJAR; 19. DAAN; 20. NAFTALI; 21. JAAD; 22. ASYIR; dan 23. BENYAMIN. (Lihat: Al Qurthubi).
* No. 13-23 di atas adalah saudara-saudara nabi YUSUF as. yang dikisahkan bersamanya pada surah Yusuf. Mereka putra-putra nabi YAQUB as. yang berjumlah 12 orang termasuk nabi YUSUF as.).
** LIA BINTI LIAN: Istri pertama nabi YAQUB as., putri dari pamannya dari pihak ibunya. LIA melahirkan 10 yang disebutkan pertama di atas dari anak-anak nabi YAQUB as. (Saudara-saudara tiri nabi YUSUF as. dan saudara kandungnya BUNYAMIN.
*** RAHIL BINTI LIAN: Istri kedua nabi YAQUB as, adik kandung dari istri pertamanya LIA, setelah LIA meninggal nabi YAQUB menikahi adiknya. RAHIL melahirkan 2 orang anak dari nabi YAQUB yaitu nabi YUSUF as. dan adik kandungnya bernama BENYAMIN.

24. RAHMAH alias LIA: Putri Afraim bin YUSUF as bin YAQUB as bin ISHAQ as bin IBRAHIM as. Ia adalah istri nabi AYUB as bin Mauhib bin Tarikh bin Rum bin Al`aish bin ISHAQ as bin IBRAHIM as. Dan ibunda nabi AYUB adalah putri dari nabi LUTH as.
Gadis cantik putri bangsawan LIA menikah dengan nabi AYUB as dan dianugerahai harta berlimpah ruah dan anak keturunan yang banyak. Sang suami tercinta kemudian diangkat oleh Allah menjadi nabi/rasul atas bangsa Bathnia yang menduduki wilayah Golan dan Gabia, Demaskus - SYRIA.
Mereka hidup sangat bahagia hingga cobaan berat dari Allah ditimpakan pada mereka. Suami menderita suatu penyakit yang memakan semua tubuhnya, anak-anak mereka semua meninggal satu persatu dan harta benda mereka habis tak bersisa.
Ditengah penderitaan yang melanda keluarganya dan tidak punya harta lagi untuk belanja sehari-hari terpaksa LIA memotong rambut cantik kesayangannya dan dijual untuk beli makan dan berobat suaminya. Atas perbuatannya itu membuat nabi AYUB salah paham dan bersumpah akan memukul LIA 100 kali cambuk jika dirinya sudah sembuh.
Akan tetapi Allah mencintai mereka berdua karena keikhlasan dan kesabarannya, AYUB as sembuh, dikembalikan semua keluarga dan harta mereka yang pernah hilang bahkan lebih sempurna lagi dari sediakala. Maka Allah meringankan pelaksanaan sumpah nabi AYUB terhadap istrinya dengan pukulan simbolis saja dan lebih menyayangi lagi istrinya. Allah berfirman:
وَخُذْ بِيَدِكَ ضِغْثًا فَاضْرِبْ بِهِ وَلَا تَحْنَثْ إِنَّا وَجَدْنَاهُ صَابِرًا نِعْمَ الْعَبْدُ إِنَّهُ أَوَّابٌ

25. BOUTIFAD: Tokoh yang disebutkan pada surah Yusuf dengan gelar `AZIZ MISR´, yang membeli nabi Yusuf dari kafilh pedagang dan menjadikannya sebagai anak angkat.
وَقَالَ الَّذِي اشْتَرَاهُ مِنْ مِصْرَ لِامْرَأَتِهِ أَكْرِمِي مَثْوَاهُ عَسَى أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَكَذَلِكَ مَكَّنَّا لِيُوسُفَ فِي الْأَرْضِ وَلِنُعَلِّمَهُ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ وَاللَّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

26. ZOULEKHA: Istri BOUTIFAD yang menggoda nabi Yusuf di rumahnya karena jatuh cinta pada pesona ketampanan nabi Yusuf, yang mengakibatkan nabi YUSUF dipenjara selama bertahun-tahun.
وَقَالَ الَّذِي اشْتَرَاهُ مِنْ مِصْرَ لِامْرَأَتِهِ أَكْرِمِي مَثْوَاهُ

27. SHAFURA &
28. SYARQA (LIA)
:
Kakak dan adik berdua adalah Putri nabi Syuaib as. Kedua gadis cantik tersebut didapati nabi Musa as di pinggir kota Madyan ketika Musa kabur dari pengejaran tentara Firaun yang ingin membunuhnya.
Mereka berdua saat itu duduk di pinggir sebuah sumur yang dikerumuni oleh kelompok gembala Madyan menunggu giliran memberikan minum ternak-ternak mereka. Lalu Musa membatu keduanya mengambilkan air untuk minum ternak mereka tersebut tanpa meminta upah dari keduanya.
Beberapa saat kemudian Shafura datang -dengan malu malu- menghapiri Musa yang sedang duduk melepas penat dari pelariannya yang jauh, Shafura datang menyampaikan ucapan terima kasih dari Ayahnya atas kebaikan Musa membantu dirinya dan adiknya, sekaligus mengundang Musa bertemu dengan Ayahnya di rumah mereka. Selanjutnya Musa dinikahkan dengan Shafura oleh nabi Syuaib dengan `panai´ disebutkan pada surah Alqashas:
قَالَ إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أُنْكِحَكَ إِحْدَى ابْنَتَيَّ هَاتَيْنِ عَلَىٰ أَنْ تَأْجُرَنِي ثَمَانِيَ حِجَجٍ ۖ فَإِنْ أَتْمَمْتَ عَشْرًا فَمِنْ عِنْدِكَ ۖ وَمَا أُرِيدُ أَنْ أَشُقَّ عَلَيْكَ ۚ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّالِحِينَ


29. BALQIS: Ratu sebuah kerajaan negeri Saba`, masyarakatnya makmur sejahtera, tetapi mereka tidak menyembah Allah melainkan menyembah berhala. Hingga raja/nabi SULAIMAN as. mengancam mereka melalui sebuah surat yang diantarkan oleh burung Hud-Hud agar mereka tunduk kepada kerajaan nabi SULAIMAN as. dan memeluk Islam. Allah berfirman:
إِنِّي وَجَدْتُ امْرَأَةً تَمْلِكُهُمْ وَأُوتِيَتْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ وَلَهَا عَرْشٌ عَظِيمٌ

30. ASHIF BIN BARKHIYA: Adalah nama salah seorang Menteri besar Kerajaan nabi SULAIMAN as. Dialah tokoh yang betanggung jawab memindahkan Singgasana Ratu BALQIS dari negeri Saba ke Quds dengan sekejap mata.

31. UZAIR: Lelaki yang diceritakan pada surah al Baqarah ayat 259 sebagi musafir yang melintas di kota Alquds setelah dihancurkan oleh kebengisan tentara Holako, sangking hancurnya kota tersebut ia bergumam di dalam hatinya meragukan kekuasaan Allah dapat membangkitkan kembali kota itu dari keporak-porandaannya. Maka Allah mematikannya selama 100 tahun lalu membangkitkannya kembali. Allah berfirman:
أَوْ كَالَّذِي مَرَّ عَلَىٰ قَرْيَةٍ وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَىٰ عُرُوشِهَا قَالَ أَنَّىٰ يُحْيِي هَٰذِهِ اللَّهُ بَعْدَ مَوْتِهَا ۖ فَأَمَاتَهُ اللَّهُ مِائَةَ عَامٍ ثُمَّ بَعَثَهُ ۖ قَالَ كَمْ لَبِثْتَ ۖ قَالَ لَبِثْتُ يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ ۖ قَالَ بَلْ لَبِثْتَ مِائَةَ عَامٍ فَانْظُرْ إِلَىٰ طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ لَمْ يَتَسَنَّهْ ۖ وَانْظُرْ إِلَىٰ حِمَارِكَ وَلِنَجْعَلَكَ آيَةً لِلنَّاسِ ۖ وَانْظُرْ إِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنْشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوهَا لَحْمًا ۚ فَلَمَّا تَبَيَّنَ لَهُ قَالَ أَعْلَمُ أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

32. HANNA BINTI FAQUDA: Ipar dari nabi ZAKARIA as, dan Istri Imran. HANNA menikah dengan Imran dan lama tidak dikarunia keturunan, hingga suatu ia berdoa diberikan seorang anak lelaki untuk diabdikan pada agama Allah. Namun, Allah berkehendak lain dengan memberinya seorang anak perempuan yang diberinya nama MARYAM yang selanjutnya melahirkan nabi ISA as dengan mukjizat, yaitu ISA as tanpa seorang bapak, atas izin Allah:

33. ELISABETH: Istri nabi ZAKARIA as., saudara kandung dari HANNA ibu MARYAM ibunda nabi ISA as. Adalah ELISABETH pasangan nabi ZAKARIA as. ini diisyaratkan di dalam Alquran sebagai perempuan mandul kemudian dikerunia seorang putra bernama nabi YAHYA as diusia keduanya yang sangat senja. Allah berfirman:
وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا Aya-5.png يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آَلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا

34. HABIB BIN MUSA ANNAJJAR: Lelaki yang disebutkan pada Surah Yasin:
وجاء من أقصی المدینة رجل یسعی قال یا قومي اتبعوا المرسلین

35. RITA BINTI AMR: Perempuan idiot yang diceritakan pada surah An Nahl, Allah berfirman:
ولا تکونوا کالتي نقضت غزلها من بعد قوة أنکازا
Rita warga Makkah yang jika pada pagi hari ia sibuk memintal benang lalu menenunnya menjadi kain, dan pada sore harinya ia memberai-beraikan lagi kain itu dengan tangannya sendiri.

36. ARWA BINTI HARB: Saudara kandung Abu Sofyan bin Harb. IA adalah istri dari ABU LAHAB diceritakan pada surah Al Masad sebagai perempuan yang membawa kayu bakar, Allah berfiman tentang perempuan ahli neraka itu:
وامرأته حمالة الحطب في جیدها حبل من مسد

37. AL`ASHI BIN WAIL: Lelaki yang menampakan kebenciannya terhadap nabi MUHAMMAD SAW dan mengatai Beliau sebagai orang yang terputus nasabnya ketika putra `AL QASIM´ meninggal, maka Allah membalasnya pada surah Al Kautsa, berfirman:
إن شانٸک هو الأبتر

38. ABDELLAH BIN OMM MAKTUM: Lelaki buta yang dikisahkan pada surah `Abasa´, Allah berfirman:
عبس وتولی، أنّ جاءه الأعمی، وما یدیک لعله یزکی، أو یذکر فتنفعه الذکری

39. KHOLAH BINTI TSA´LABAH: Perempuan yang mengaduan suaminya pada Rasulullah SAW, dikisahkan pada surah Al Mujadalah, Allah berfirman:
قد سمع الله قول التي تجادلک في زوجها وتشتکي إلی الله ولله یسمع تحاورکما

40. ALWALID BIN ALMUGHIRAH: Lelaki yang dilaknat Allah sebagai orang yang keras hati dan ingkar terhadap Allah yang diceritakan pada surah Alqalam:
أنّ کان ذا مال وبنین، إذا تتلی علیه آیتنا قال أساطر الأولین، سنسمه علی الخرطوم

41. UYAINA BIN HASHAN ALFAZARI, AL AQRA BIN HABIS dan beberapa orang temannya, mereka adalah kelompok muallaf yang telah dilalaikan hatinya mengingat Allah, sebagaimana dikisahkan pada surah Alkahfi: 28:
ولا تطع من أغفلنا قلبه عن ذکرنا واتبع هواه وکان أمره فرطا

42. AUF BIN MALIK AL ASYJA`I: Lelaki terkenal punya harta banyak, dan anak-anak keturunan, tetapi setiap ada seruan peperangan ia menangis tidak ingin meninggalan harta dan anak-anaknya maka tidak keluar berperang bersama rasulullah SAW. Ditegur Allah pada surah Attagabhun: 15
إنمآ أموالکم وأولادکم فتنة والله عنده أجر عظیم

43. TSA`LABAH BIN HATIB: Lelaki yang diceritakan pada surah Attaubah, yang meminta pada nabi SAW agar didoakan menjadi orang kaya. Tetapi setelah menjadi orang kaya ia lalai dari shalat berjamah karena sibuk mengurus hartanya. Dan enggan membayarkan zakat hartanya.
======================


Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic