My Buku Kuning Center : SOP MARIKI-MAI KULINER GEROBAK KUNING

DROP MENU

Senin, Juli 15, 2019

SOP MARIKI-MAI KULINER GEROBAK KUNING


STANDAR OPERASIONAL DAN PROSEDUR (SOP)
MARIKI-MAI "KULINER GEROBAK KUNING"

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas rahmat dan inayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan SOP ini. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan SOP MARIKI-MAI "Kuliner Gerobak Kuning". Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak yang telah membaca SOP ini guna penyempurnaannya.
Parepare, 15 Juli 2019
Penyusun




DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I: PENDAHULUAN
BAB II: PROFIL PERUSAHAAN
BAB III: BRAND, LOGO DAN FILOSOFI
BAB IV: ORGANISASI DAN MANAJEMEN
BAB V: TARGET DAN KEUNIKAN
BAB VI: PROMOSI DAN PEMASARAN
BAB VII: SISTEM KONTROL
BAB VIII: PENUTUP.
B A B I
PENDAHULUAN
SOP merupakan panduan kerja yang dapat menjadi pedoman bagi seluruh perangkat/peringkat MARIKI-MAI "Kuliner Gerobak Kuning". Dan dibuat berdasarkan peraturan dan standarisasi dari perusahaan kuliner, yang juga telah disesuaikan dengan peraturan dan kebijakan-kebijakan pemerintah yang berlaku sesuai dengan bidang usaha, dalam pengembangan usahanya melalui sistem profit yang tetap peka terhadap sosial, kemasyarakatan dan lingkungan. Dalam upaya untuk menyamakan sistem prosedur operasional dan kebijakan-kebijakan perusahaan kuliner, panduan diberikan untuk dijalankan oleh managemen-nya sesuai standard yang berlaku, disamping memudahkan manajemen MARIKI-MAI untuk mengadakan monitoring untuk standarisasi usaha yang dipercayakan kepada karyawan-nya.
B A B II
PROFIL PERUSAHAAN
Usaha yang merupakan bagian dari industri kuliner ini berdiri tahun 2019 dengan brand usaha MARIKI-MAI "Kuliner Gerobak Kuning", atau lebih popular dengan MARIKI-MAI. MARIKI-MAI didirikan oleh Dr. H. Muhammad Hatta, Lc., MA. Latar belakang didirikan MARIKI-MAI adalah berawal dari keprihatianan mengenai masalah perekonomian – khususnya dalam era Globalisai saat ini – semakin banyak dan kompleks terutama setelah berlakunya MEA pada tahun 2016 lalu menyebabkan persaingan di bidang ekonomi semakin kompetitif maka sangat dibutuhkan sistem ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka usaha kuliner seperti usaha MARIKI-MAI ini sangat diperlukan. untuk menjadi gerakan ekonomi masyarakat yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan karyawan dan organisasi serta membangun tatanan perekonomian nasional. Sebagai gerakan ekonomi masyarakat. Maka melalui sebuah pertemuan kecil yang dihadiri oleh beberapa orang keluarga terdekat pada hari Jumat, 05 Juli 2019, pukul 17.00 WITA, di rumah kediaman Dr. H. Muhammad Hatta, Lc. MA. (BTN BILI BILI MAS, Kec. Suppa, Kab. Pinrang, Sulawesi Selatan, dan setelah mendapatkan suppor yang kuat oleh seorang sahabat pengusaha nasional beken, maka kami secara resmi mengumumkan berdirinya MARIKI-MAI "Kuliner Gerobak Kuning".
B A B III
BRAND, LOGO DAN FILOSOFI
Brand (merek) dan Logo begitu juga dengan filosofinya adalah suatu unsur yang sangat berpengaruh dalam sebuah perusahaan. Keduanya berfungsi sebagai identitas yang mereprentasikan citra sebuah perusahaan dimata konsumen.
BRAND
Brand (merek), sebagaimana berfungsinya sebagai identitas perusahaan, maka kami memperkenalkan nama MARIKI-MAI "Kuliner Gerobak Kuning" sebagai merek usaha ini. Kami konsisten menyisipkan slogan tersebut dalam berbagai bentuk promosi baik dalam media cetak, media sosial maupun iklan televisi. Untuk menggugah ingatan konsumen terhadap produk kami yang secara perlahan akan berujung membentuk prilaku konsumen yang responsif terhadap layanan yang kami tawarkan dalam promosi.
LOGO
Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili usaha MARIKI-MAI "Kuliner Gerobak Kuning". Logo ini kami ciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing. Kami menyadari fungsi dasar sebuah logo sebagai identitas, maka menciptakan logo ini unik dan mudah diingat. Selain itu, kami juga tampilkan dengan bentuk visual seimbang dan enak dipandang, serta relefan agar mampu memberikan penjelasan mengenai produk-produk kuliner yang kami tawarkan.
FILOSOFI
Pilosofi Logo dan Brand (merek):
================
MARIKI-MAI "Kuliner Gerobak Kuning"
================
Pertama: MARIKI-MAI adalah nama brand (merek) sekaligus menjadi inti dari logo usaha
Kedua: MARIKI-MAI adalah sapaan dan sambutan keakraban dalam bahasa gaul Bugis - Makassar yang menunjukkan keramahan, kemuliaan dan kemurahan hati.
Ketiga: Dua huruf kembar "MM" yang menonjol dalam logo adalah inisial dari merek MARIKI-MAI sebagai simbol visual agar mudah dikenal dan dikenang serta mengikuti kondisi jaman pada masa sekarang dan akan datang.
Keempat: Warna merah pada huruf “M” pertama mewakili semangat, energi, keintiman, dan gairah. Sedangkan warna kuning pada huruf “M” kedua memberi arti kehangatan, rasa bahagia dan berhasrat untuk selalu bekerja, optimis, semangat serta ceria.
Kelima: Tag Line "Kuliner Getobak Kuning" yang ditulis di atas daun lontar pada bagian bawah logo menunjukkan tipe usaha dan kesan pemeliharaan, kelestarian serta keabadian.
Keenam: Garis lingkaran merah dalam logo melambangkan konsentrasi, ketepatan dan target. Warna merah yang beraura kuat, memberi arti gairah dan memberi energi untuk menyerukan terlaksananya suatu tindakan.
Ketujuh: Bentuk lingkaran yang berwarna putih melambangkan kesederhanaan, kemurnian, tidak bersalah dan kesempurnaan
Kedelapan: Dua roda pada logo adalah ciri khas MARIKI-MAI yang populer dengan usaha kuliner gerobak kuning. Dan sebagai tafaul akan perkembangan gerodak-gerobak MARIKI-MAI dari masa ke masa.
Kesembilan: Tiga warna yang mendominasi fisik logo yaitu merah, kuning dan putih adalah mengisyaratkan bahwa usaha MARIKI-MAI memiliki semangat bekerja keras, sosialitas dan halalan thayyiban.
B A B IV
ORGANISASI DAN MANAJEMEN MARIKI-MAI
I. STRUKTUR ORGANISASI
A. Direktur
B. Supervisor
C. Kepala Unit Kerja
D. Karyawan
II. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
FUNGSI JABATAN
1.Direktur adalah penanggung jawab daerah pengembangan kerja MARIKI-MAI "Kuliner Gerobak Kuning". Berfungsi sebagai operator dalam kegiatan usaha dan mengawasi penuh usaha yang berada di bawah area kerjanya.
Tanggung Jawab :
a. Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan karyawan dan pihak manajemen
b. Melakukan pengawasan terhadap kinerja Supervisor dan karyawan MARIKI-MAI secara keseluruhan.
c. Menjaga dan meningkatkan profit stored.
d. Menyimpan segala kerahasiaan usaha beserta dokumen-dokumennya, dan juga segala bentuk komunikasi yang terjadi antara pihak Daerah Kerja dan manajemen.
e. Mengatur dan menjalankan keuangan daerah kerja untuk biaya operasional sesuai batas otoritas yang ditentukan
f. Pembinaan karyawan demi pencapaian target kerja dan karyawan
Daerah Tugas:
a. Perencanaan (planning)
b. Kontrol dan pengawasan
c. Anggaran dan Keuangan
d. Organizing
e. Pembinaan karyawan
f. Tugas-tugas tambahan.
Dari setiap daerah kerja tersebut terdapat tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh Direktur. Rinciannya dapat dilihat pada Buku Panduan Direktur (akan dibuat).
 2. Supervisor; adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap seluruh operasi dan kinerja satuan gerobak sehari-hari, mulai dari saat gerobak disiapkan pagi hari sampai dengan saat gerobak tutup pada sore hari. Supervisor juga memegang peranan sebagai pengganti direktur bila berhalangan/berada diluar daerah kerja. Namun tidak semua kewenangan-kewenangan direktur dapat didelegasikan ke supervisor (ada pembatasan wewenang).
Tanggung Jawab:
a. Melakukan komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan direktur dan seluruh karyawannya.
b. Melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan gerobak dan operasional daerah kerja secara keseluruhan
c. Mencapai target penjualan dan profit
d. Menjaga segala perlengkapan dan fasilitas usaha
e. Mengelola keuangan harian sesuai batas otoritas yang ditentukan
f. Mendorong pencapaian target kerja dan pembinaan karyawan.
Area Tugas:
a. Perencanaan dan Kontrol
b. Operasional
c. Biaya-biaya operasional
d. Evaluasi
e. Pengelolaan karyawan.
Dari setiap area tugas tersebut terdapat tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh supervisor. Rinciannya dapat dilihat pada Buku Panduan Supervisor (akan dibuat).
3. Kepala Unit Kerja;
4. Karyawan; adalah SDM dasar dari MARIKI-MAI, dimana semua pelajaran tentang retail harus melewati tahapan ini. Cara menyajikan produk sesuai karakternya, bahkan harus trampil dalam servis serta penampilannya. Tetapi tugas yang paling pokok dari karyawan gerobak pastinya Customer Service, merekalah yang menjadi ujung tombak berhadapan langsung dengan para customer, fatal akibatnya jika sebuah kuliner gerobak mempunyai Pramuniaga yang buruk servisnya, bisa anda bayangkan bukan? customer anda mungkin tidak mau lagi datang ke gerobak anda.
Tanggung Jawab:
 a. Mengatur barang dengan mendahulukan mengisi gerobak yang stoknya kosong sesuai dengan sistem FIFO (First In First Out) dan tanggal kadaluarsa (Exp. Date) terutama karena produk makanan, minuman.
b. Menjaga kebersihan dan kerapian gerobak, alat-alat makan minum dan tempat display.
c. Memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada customer, baik informasi secara langsung atau yang benar-benar membutuhkan.
d. Monitor Stock barang setiap hari, untuk memaksimumkan penjualan, dengan cara cek stock barang didisplay catat yang kosong laporkan kepada Supervisor/Senior Staff
e. Selalu memonitor Stock barang, dan mengisi kembali jika didapatkan kekosongan pada display.
f. Melakukan kontrol/penyisiran terhadap semua barang rusak atau bermasala.
g. Melakukan kerja sama, komunikasi, dan koordinasi dengan seluruh staf gerobak (Direktur, (Supervisor, dan sesama staf)
h. Menciptakan kepuasan consumen terhadap pelayanan yang diberikan
i. Bertanggungg jawab penuh terhadap srinkage dan kehilangan barang.
j. Bertanggung jawab terhadap Senior Staff/Direktur dan Supervisor.
Area Tugas.
a. Operasional Gerobak.
b. Pengontrolan Dari setiap area tugas tersebut terdapat rincian tugas lain yang dapat dilihat pada Buku Panduan Karyawan.
B A B V
TARGET PASAR & KEUNIKAN
Usaha kuliner merupakan usaha yang tidak pernah mati. Bahkan ketika usaha kuliner sudah merebak di mana-mana, membuka usaha kuliner baru tetap saja masih memiliki peluang yang sangat besar untuk sukses. Oleh karena itu MARIKI-MAI hadir merespon peluang itu, selain untuk memenuhi kebutuhan akan makanan dan minuman segar yang cepat saji dan terjangkau bagi masyarakat luas. Dan juga dimaksudkan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar sehingga hasil keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar.
V I S I:
Membangun dan mengembangkan potensi diri dalam mewujudkan usaha kuliner gerobak mandiri.
M I S I:
a. Menjadi usaha kuliner gerobak yang mandiri dan berkualitas yang dapat bersaing dipasar dalam negeri. c. Menghasilkan produk yang berkualitas dengan mengutamakan kepuasan konsumen.
d. Menyediakan pilihan menu makanan dan minuman yang sehat dengan harga terjangkau.
e. Menjadi usaha kuliner yang memberikan inovasi kepada anak muda untuk berkreasi.
f. Menjadikan kuliner gerobak nusantara sebagai makanan sehari hari di masyarakat.
TUJUAN
a. Memperoleh suatu keuntungan dan pendapatan dari usaha kuliner gerobak mandiri yang didirikan untuk mensejahterakan masyarakat, pemilik dan tenaga kerja.
b. Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan produk makanan dan minuman yang kami tawarkan.
c. Memperoleh kepercayaan yang optimal dari konsumen, sehingga dengan adanya kepercayaan yang diberikan diharapkan usaha yang telah dijalankan dapat lebih berkembang.
KEUNIKAN MARIKI-MAI
Kami menyadari sebagai pendatang baru dibidang kuliner ini, maka kami harus membawa ciri khas dan keunikan tertentu agar pasar dapat dengan mudah familiar dengan usaha MARIKI-MAI. Keunikan MARIKI-MAI selain pada gerobaknya juga lebih difokuskan pada pilihan menu-menunya. Maka demi memanjakan lidah konsumen dan akan selalu merindukan sajian dan servis MARIKI-MAI, Kami memilih menu-menu unggulan yang paling banyak digemari konsumen dan tentunya dengan racikan khas MARIKI-MAI yang unik, enak, heginis, sehat dan halal. MARIKI-MAI telah menyaring dari berbagai menu-menu dunia, khususnya Timur-Tengah, Thailand dan tentu menu-menu Nusantara, yang Hit's, digemari oleh mayoritas kaum melinial berdasarkan hasil survey. Daftar 17 Menu Unggulan MARIKI-MAI: 1. Chicken Wing 2. Chicken Nageute 3. Kabab 4. Sandwitch 5. Kibdah 6. Chawarma 7. Gorengan BATAGOR dll. 8. Pisang KFC 9. Bakso Mix 10. Tomyam 11. Mie Ayam 12. Bubur Ayam 13. Thai Tea 14. Kopi/susu Mantul 15. Jus Aneka Buah 16. Es Buah 17. Mahlaba/ Yougot.
B A B VI
PROMOSI DAN PEMASARAN
Agar usaha MARIKI-MAI ini berjalan dengan lancar, upaya yang dilakukan dalam melakukan strategi pasar antara lain :
1. Segmenting : Segmenting pasar adalah dengan menjadikan pembeli sebagai target yang akan di capai, produk yang harus kami tawarkan adalah menu-menu yang digemari oleh berbagai kalangan dari masyarakat dengan tingkatan berbeda, produk ini juga bisa di nikmati dari anak-anak hingga orang dewasa.
2. Targeting : Target pasar yang kami bidik adalah pada kalangan masyarakat umum, perumahan, kampus, sekolahan, perkantoran, tempat wisata/hiburan, pusat keramaian, serta pusat-pusat kuliner yang tersedia di tempat-tempat potensial.
3. Positioning : Agar gerobak MARIKI-MAI ini mudah dikenali oleh masyarakat, kami berinovasi dengan cara menawarkan dan membuat sendiri menu-menu unggulan yang dapat memanjakan lidah konsumen. Menu yang kami tawarkan adalah menu-menu pilihan dari berbagai ras dunia seperti Thailand, Timur-Tengah, dan juga tentunya menu-menu khas Nusantra yang membedakan usaha-usaha kuliner gerobak lain yang ada, kami akan seleksi berbagai menu local dan luar negeri yang unik serta paling banyak diminati masyarakat, untuk memanjakan selera konsumen. Sehingga konsumen merasa familiar dan selalu mengenang dengan mudah usah MARIKI-MAI ini.
4. Analisis SWOT : Sebagai kelayakan Usaha: Yaitu sebagai acuan untuk menghadapi persaingan dalam bidang usaha. Setiap kegiatan untuk memulai usaha kami harus mengukur kemampuan kami terhadap lingkungan atau pesaing melalui SWOT.
5. Kekuatan (Strength) : Rasa percaya bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena produk yang kami tawarkan ini mempunyai karakter dan ciri khas yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi, serta nama besar yang sudah lama dikenal oleh masyarakat luas.
6. Kelemahan (Weakness) :
 a. Pesaing dengan usaha yang sama sangat banyak.
b. Kekuatan modal sebagai pemula dibidang ini sangat terbatas.
c. Produk mudah di tiru.
7. Peluang (Oportunity) : Usaha sejenis ini memang sudah banyak di kalangan masyarakat akan tetapi usaha dengan nama MARIKI-MAI berbeda dengan usaha-usaha kuliner gerobak yang biasa, MARIKI-MAI adalah hasil inovasi yang sangat kreatif sehingga menjadi kuliner gerobak baru di kelasnya serta menarik yang dapat bersaing dengan usaha lain masa kini.
8. Ancaman (Treat) : Ancaman yang dapat timbul dari usaha MARIKI-MAI antara lain:
a. Pesaing tidak sehat.
b. Modal yang tidak stabil.
c. Adanya banyak gerobak serupa dengan fasilitas baik dan modal banyak yang curang sehingga dapat menjatuhkan usaha MARIKI-MAI.
B A B VII
SISTEM KONTROL
Menguraikan tentang sistem kontrol kedalam dan keluar, yang diterapkan dalam usaha MARIKI MAI untuk mencegah kerugian yang mungkin terjadi.
B A B VIII
PENUTUP
Kesimpulan
MARIKI MAI "Kuliner Gerobak Kuning" merupakan Merek Usaha yang sengaja ciptakan dalam bidang ini sebagai sapaan keakraban masyarakat Sulawesi yang mengajak setiap tamu untuk mengunjunginya. Dipakai untuk memberikan yang terbaik pada konsumen, kami menciptakan usaha ini atas survey yang dilakukan untuk mencari peluang bisnis yang baik dan bermanfaat (yang di butuhkan) oleh masyarakat, kami sangat mengharapkan usaha yang kami persembahkan dapat diterima dan dapat disenangi oleh para konsumen dan tertanam dibenak masyarakat luas.
Saran
Kami menyadari bahwa SOP ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan SOP ini.
Demikian SOP ini, semoga kegiatan usaha kami dapat berjalan dengan baik dan kami berharap dalam mengembangkan kreativitas dapat bermanfaat bagi kami dan masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan SOP ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya, sekian terima kasih.
BTN Bili Bili Mas, 15 Juli 2019


Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic