My Buku Kuning Center : TAFSIR AL-QURAN AL-KAREEM "LAUHIL MAHFUDZ":

Friday, November 02, 2012

TAFSIR AL-QURAN AL-KAREEM "LAUHIL MAHFUDZ":


Serial: Tafsir Al-Quran Berdasarkan Dokumen Lauhil Mahfudz (PERDANA)
Menyambut Tahun Baru Hijriah 01 Muharram 1434 H/ Nop. 2012 M.
 Tafsir Al-Quran Al-Kareem Lauhil Mahfudz
Oleh: Med HATTA
Mukaddimah:
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات، وبعد!
Supercomputer "Lauhil Mahfudz":
Al-Qur’an al-Karim: adalah rahmat langit yang terbesar diturunkan ke bumi, merupakan media penghubung antara hamba dan penciptanya; media informatika yang menyeluruh mulai dari awal penciptaan lagit dan bumi beserta dengan yang ada di antara keduanya dalam enam masa; sejarah peradaban manusia pertama dipermukaan bumi hingga hari kiamat; petunjuk yang paling sempurna untuk manusia dan jin secara keseluruhan; dan hukum yang paling kongkrit dan universal. Diturunkan melalui ar-Ruh al-Amin Jibril as kepada rasul yang mulia Muhammad SAW dengan benar sebagai rahmat untuk alam semesta, sebagaimana firman Allah: Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (al-Quran)”. (QS: 04: 174).


Berdasarkan dari keterangan hadits-hadits nabi SAW kita mengetahui bahwa al-Quran ini, sebelum diturunkan ke bumi ia berada di “Lauhil Mahfudz” setelah diciptakan langit dan bumi, kemudian diturunkan ke “Baitul Izzah” (langit pertama yang menaungi bumi), selanjutnya diturunkan secara berangsur-ansur ke bumi melalui malaikat Jibril as yang diterima oleh nabi Muhammad SAW. 

Semua ayat-ayat al-Quran adalah  utuh dan murni dari sisi Allah SWT tanpa ada perubahan, dan tidak dikurangi atau ditambahkan baik oleh Jibril as atau pun Muhammad SAW. Adapun kadar yang diturunkan dari al-Quran kepada nabi Muhammad SAW, Beliau menjelaskan bahwasanya al-Quran itu diturunkan sesuai dengan perkembangan yang ada dan informasi yang dibutuhkan. Maka ayat yang pertama kali diturunkan kepada Beliau adalah 5 ayat pertama dari awal surah al-‘Alaq, firman Allah:
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (١) خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (٢) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ (٣) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (٤) عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (٥)
Artinya:Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS: 96: 1-5).
Peristiwa itu terjadi di Gua Hira ketika nabi SAW sedang bermeditasi dan merenungi kebesaran Allah SWT, tepatnya pada hari Senin, tanggal 17 Ramadhan, (Lihat: Ibn Katsir dalam kitabnya “al-Bidayah wan-Nihayah”. Maka itulah 5 ayat al-Quran yang pertama kali diturunkan ke bumi dan diterima oleh rasulullah Muhammad SAW; yaitu bercerita tentang penciptaan secara umum dan lebih khusus tentang proses penciptaan manusia. 

Jika diurut berdasarkan proses penciptaan alam semesta dan makhluk-makhluk termasuk manusia, sebagaimana tema kajian kita sekarang, maka ayat dari surah al-‘Alaq di atas terjadi setelah ayat-ayat tentang penciptaan Adam as dari materi tanah, dan ibunda Hawa yang diciptakan dari tulang rusuk Adam ketika mereka memulai kehidupan pertamanya di surga. 

Adapun ayat-ayat al-Quran yang tertua secara mutlak berdasarkan latar belakang dan urutan sejarah yang terkandung di dalam ayat perayat, maka dapat disusun sebagai berikut: Mulai Asmaul Husnaa, Sifat-sifat dan Zat Allah SWT sebelum segala sesuatu; Ayat-ayat yang mengisahkan keberadaan 'Arasy Allah di atas air sebelum penciptaan langit dan bumi; proses penciptaan langit dan bumi; penciptaan gunung-gunung di atas permukaan bumi; Allah memberkati bumi dan menfasilitasinya sehingga menjadi layak huni; menpetakan langit menjadi tujuh susun, semuanya dalam enam masa. 

Ayat-ayat tentang penciptaan malaikat dari cahaya;  penciptaan jin dari api; penciptaan Adam dari tanah; penciptaan Ibunda Hawa dari tulang rusuk Adam; ayat-ayat yang mengisahkan pertemuan tiga makhluk utama itu di surga; malaikat memberi hormat atas kejadian Adam; iblis durhaka kepada Allah karena menolok memberi hormat kepada Adam; Iblis dikutuk oleh Allah dan dibuang ke tempat yang sangat jauh (bumi). 

Selanjutnya ayat-ayat tentang kisah perseteruan Adam dan iblis; Adam dan Hawa melanggar larangan Allah lalu keduanya bertobat dan diterima tobat keduanya; Adam dan isterinya Hawa dijadikan khalifah di bumi. Semua ayat-ayat al-Quran yang memuat kisah-kisah penciptaan pertama tersebut, kita golongkan kepada kelompok ayat-ayat tertua di dalam al-Quran berdasarkan "dokumen Lauhil Mahfudz". 

Kemudian ayat-ayat al-Quran yang masuk dalam kelompok ayat-ayat urutan pertengahan versi "dokumen Lauhil Mahfudz" adalah ayat-ayat tentang: sejarah ilmu pengetahuan dasar manusia di permukaan bumi dan perkembangannya; sejarah peradaban manusia (agama, keyakinan, syariat, adab, akhlak, sosial dan termasuk komunitas-komunitas pertama di muka bumi) mulai dari Adam, Idris, Nuh, Huud, Shaleh, Ibrahim, dan sampai kepada nabi terakhir Muhammad SAW. Dan semua ayat-ayat al-Quran mengisahkan segala peristiwa yang terjadi pada masa-masa nabi dan rasul-rasul tersebut, seperti peristiwa banjir besar pada masa nabi Nuh as. 

Adapun kelompok ayat-ayat yang kita kategorikan termuda (urutan terakhir), bahkan sebagian peristiwa yang disampaikannya belum terjadi sampai sekarang - menurut waktu manusia, adalah kelompok ayat-ayat yang bercerita tentang gejala-gejala akhir zaman; keadaan fenomena-fenomena besar alam menjelang hari kiamat; peristiwa-peristiwa kemanusiaan penting yang terjadi di akhir zaman; kejadian kiamat besar; perkumpulan semua manusia di mahsyar; dan berita-berita tentang kehidupan kedua yang kekal abadi di akhirat (surga dan neraka). Dengan demikian kita sudah mengkaji dan menafsirkan seluruh ayat-ayat al-Quran berdasarkan susunan yang kita buat di atas. Yang penulis beri judul: "Tafsir Al-Quran Al-Karim Berdasarkan Dokumen Lauhil Mahfudz", karena al-Quran telah tersusun lengkap dan utuh di Lauhil Mahfudz sebelum diturunkan ke "Baitul Izzah" dan selanjutnya ke bumi. 

Jika al-Quran diibaratkan sebagai media Informatika dan Teknologi (IT) yang dikenal manusia dewasa ini, maka ia adalah alat media IT yang super canggih di dunia dan tidak akan terkalahkan oleh media rekayasa apapun sebelum dan sesudahnya sampai hari kiamat. 

Bagaimana tidak, al-Quranlah satu-satunya media yang mampu menangkap, merekam, mendokumentasikan, menyimpan data, mengeksplor dan mempublikasikannya secara detail dan akhurat, menyeluruh dan uptodate tentang segala peristiwa yang pernah terjadi pada awal penciptaan langit dan bumi bahkan sebelum proses penciptaan, perkembangannya hingga kini, dan bahkan sampai kepada kehidupan kedua di akhirat kelak. 

Sebagaimana al-Quran juga berfungsi sebagai satelite super dahsyat yang menjangkau seluruh penjuru "tujuh langit dan tujuh bumi", dan berputar tanpa batas ruang dan waktu untuk mengintai dan mengabadikan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat jauh, masa kini dan masa yang akan datang, bahkan dapat merekam segala aktifitas di langit-langit lain (selain langit dunia), terjadinya kiamat, dan kehidupan kedua di alam kekal (surga dan neraka). Selain fungsi tradisionalnya sebagai petunjuk dan penerang bagi alam semesta. 

Semenjak diturunkan al-Quran sekitar 15 abad lalu, para pakar yang berkompeten dari jaman kejaman tidak pernah berhenti mengkajinya, dan al-Quran ini masih saja tetap menjadi sumber kajian yang paling mengasyikkan dari berbagai demensinya, sebagian intisarinya telah berhasil dikeluarkan oleh pakar-pakar tafsir dunia, mulai dari sisi bahasanya yang mukjizat; tafsir komplit al-Quran; tafsir ayat-ayat hukum; tafsir aqidah, akhlaq dan sufi; tafsir berdasarkan periode turun ayat-ayatnya; tafsir tematik; tafsir sains; dan lain sebagainya. 

Namun, belum ada satupun yang pernah menafsirkan al-Quran berdasarkan urutan sejarah dan latar belakang ayat-ayatnya, mulai dari periode penciptaan langit dan bumi beserta segala isi di antara keduanya, penciptaan malaikat, jin dan manusia; kehidupan para malaikat dan tugas-tugasnya di langit; awal kehidupan manusia dan jin di permukaan bumi sekitar 42.000 tahun yang lalu. 

Kemudian mengabadikan peristiwa banjir besar dan sejarah perkembangan manusia periode kedua pada masa Nuh as sekitar abad ke-40 SM; munculnya bangsa-bangsa power pada masa  Huud dan Shaleh as (abad ke-26 sampai abad ke-21 SM); lahirnya peradaban manusia modern pada masa Ibrahim as di Babilon pada awal abad ke-19 SM; peradaban Mesir kuno pada masa Yusuf as sekitar abad ke-16 SM; dan seterusnya. Dan kajian ini akan berakhir sampai kepada periode komplitnya al-Quran pada masa rasul terakhir Muhammad SAW. 

Maka kajian inilah yang pertama dan satu-satunya studi yang menafsirkan seluruh ayat-ayat al-Quran berdasarkan urutan sejarah dan latar belakang ayat perayatnya mulai dari awal kehidupan alam semesta sampai kepada kehidupan kedua di akhirat nanti, bahkan jauh sebelum itu. Proyek ambisius ini penulis targetkan mencapai durusi 15.000 halaman, dan akan memakan waktu pendalaman dan penulisan sekitar 4-5 tahun, diperkirakan selesai, Insya Allah SWT, pada bulan Muharram 1438 H/ Desember 2016 M. 

Penulis akan konsukuen mempublikasikannya secara berkala (serial) melalui blog My Buku Kuning Grup ini setiap tema dan ayat yang penulis kaji sampai selesai, dan berkomitmen untuk menerbitkan jika kelak sudah rampung seluruhnya ke dalam 30 Jilid, dengan durasi keselurahan setebal 15.000 halaman. Minallahil Musta’an wa Ilahit Tiklan. (Med HATTA).
PROSES PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI DALAM ENAM MASA:
Allah berfirman:
الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ الرَّحْمَنُ
Artinya: “Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arsy, (Dialah) yang Maha pemurah...”. (QS: 25: 59);
وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِنْ فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا وَقَدَّرَ فِيهَا أَقْوَاتَهَا فِي أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَاءً لِلسَّائِلِينَ (١٠) ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ وَهِيَ دُخَانٌ فَقَالَ لَهَا وَلِلأرْضِ اِئْتِيَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا قَالَتَا أَتَيْنَا طَائِعِينَ (١١) فَقَضَاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ فِي يَوْمَيْنِ وَأَوْحَى فِي كُلِّ سَمَاءٍ أَمْرَهَا وَزَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَحِفْظًا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ (١٢)
Artinya: “Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya, Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya; Kemudian Dia menuju ke langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan patuh atau terpaksa”. keduanya menjawab: “Kami datang dengan patuh”; Maka Dia mempetakannya tujuh langit dalam dua masa, Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit fungsinya. Dan Kami hiasi langit yang dekat (dunia) dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. (QS: 41: 10-12);
Bersambung: KLIK DI SINI dan baca selanjutnya-- >
Materi Sebelumnya:
  1. Pengantar Tafsir Ayat-Ayat Hajidan Umrah
  2. Teladan Dari Kepemimpinan Ibrahim Kepada Tokoh-Tokoh Dunia
  3. Baitullah Magnet Jiwa Manusia & Zona Paling Aman Dimuka Bumi
  4. Ritual Ibadah Ketaatan Ajaran Ibrahim Haji & Shalat
  5. Makkah Negeri Yang Aman Sentosa & Sejahtera
  6. Mukjizat al-QuranTentang Sejarah Peradaban Masa silam
  7. Islam Adalah Warisan DariNabi Ibrahin dan Ismail AS
  8. Ibrahim AS Filosof dan Bapak AjaranTauhid
  9. Tawaf Haji Di Baitullah Ritual Agama Tertua Di Muka Bumi 
  10. Amanat Penyerahan Kepemimpinan Ibrahim Kepada Muhammad SAW 
  11. Hukum-hukum Penting Dalam Melaksanakan Haji & Umrah 
  12. Manasik Haji & Umrah Praktis (Tamattu')  
  13. Haji Akbar dan Haji Muhammad SAW 
  14. Haji dan Bisnis Di Tanah Haram  
  15. Wukuf Di Arafah dan Masy'aril Haram  
  16. Zikir & Doa Sapu Jagat Di Masy'aril Haram  
  17. Baitullah Bangunan Tertua Dipermukaan Bumi  
  18. Musuh Utama Ibrahim As Adalah Berhala 
  19. Kado Allah Kepada Muhammad SAW Di Hari Idul Adha di Surga
Materi Yang Berhubungan:
Karya Terakhir Penulis:
Beli: Di Sini!
Post a Comment

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic

flagcounter

Free counters!

ADVERTISING BUSINESS

My AliExpress



I K L A N | KLIK FOTO


OWNER INFO PENERIMAAN SANTRI BARU

My Buku Kuning Global FB

BOOK FAIR ONLINE 2013

Book Fair Online

KARYA TERAKHIR PENULIS

KARYA TERAKHIR PENULIS
@ Keajaiban Angka dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, Agustus 2010, ISBN: 978-979-1234-77-1 (BESTSELLER)
@ Mukjizat Pengobatan Herbal dalam al-Qur'an, Mirqat Publishing, Cetakan I, 2011, ISBN: 978-979-1234-78-8

Islamic Finder




Date Conversion
Gregorian to Hijri Hijri to Gregorian
Day: Month: Year

Google+ Badge

My Buku Kuning Search

Loading