My Buku Kuning Center : JADWAL SHALAWAT KEPADA NABI SAW :

DROP MENU

Jumat, Oktober 02, 2020

JADWAL SHALAWAT KEPADA NABI SAW :

Perbanyak Shalawat Kepada Nabi SAW Setiap Hari Jum'at : 

By: Med Hatta


RASULULLAH SAW memerintahkan kepada kita untuk memperbanyak amalan Sunnah pada hari Jum'at, dan di antara Sunnah yang penting pada hari ini adalah memperbanyak SHALAWAT kepada nabi Muhammad SAW.


Telah diriwayatkan oleh imam Abu Daud - menurut Al-Albani: Hadits Shahih - dari Aus bin Aus ra, mengatakan: "Telah bersabda Rasulullah SAW:

«إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ، فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِيهِ، فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ». 

Artinya: "Sesungguhnya di antara hari-hari mu yang paling mulia adalah hari Jum'at, pada hari itu diciptakan nabi Adam as, hari itu juga meninggal, dan pada hari itu (pula) ditiup sangkakala pertama dan kedua (kiamat dan kebangkitan).

"Maka perbanyaklah ber-SHALAWAT padaku, dan sesungguhnya SHALAWAT mu pada ku pada hari Jum'at akan diperlihatkan padaku".


Hari Jum'at mulai dari masuk waktu Magrib di hari Kamis sampai dengan waktu Magrib di hari Juma'at. Ini artinya bahwa malam Jum'at juga masuk dalam batasan tersebut. Telah diriwayatkan oleh Al-Baihaqi - menurut As-Suyuthi: Hadits Hasan - dari Anas ra. Sabda Rasulullah SAW :

«أَكْثِرُوا عَلَيَّ الصَّلاَةَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ كُنْتُ لَهُ شَهِيدًا، أوَ شَافِعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ». 

Artinya: "Perbanyaklah SHALAWAT atas-ku pada hari Jum'at dan malam Jum'at, maka barangsiapa yang mengamalkan tersebut, aku akan menjadi saksi baginya, dan atau memberinya syafaat di hari kiamat".


Shigat-Shigat SHALAWAT :

1. SHALAWAT Ibrahimi (yaitu yang dibaca ketika duduk tasyahhud dalam shalat). Ini yang paling afdal.

2. Bisa juga membaca, sbb:

اللهمَّ صلِّ على سيدنا محمد

3. Atau :

اللهمَّ صلِّ وسلِّم وبارك على سيدنا محمد، أو اللهم صلِّ على محمد وعلى آله وصحبه وسلِّم. 

4. Dll.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Terjemah Arti: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya ber-SHALAWAT untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Ber-SHALAWAT lah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah SALAM dengan penuh penghormatan kepadanya" (QS. Al-Ahzab: 57).

#TAMAT: Trim's semua Komentar, Like dan Share.

Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic