My Buku Kuning Center : LAPISAN UDARA (ATMOSFER) DI DALAM ALQURAN:

DROP MENU

Rabu, April 11, 2012

LAPISAN UDARA (ATMOSFER) DI DALAM ALQURAN:

Simbol Sains pada Ayat-Ayat Sumpah di Dalam Alquran {1/2}
(Atmosfer Bumi)
By: Med Hatta

Allah berfirman:
وَالسَّمَآءِ ذَاتِ الرَّجۡعِۙ‏
Terjemah Arti : “Demi langit yang mengandung hujan” (QS. At Tariq: 11).


Arti kata “رجع” (raja’a) pada ayat kajian adalah (kembali, pulang, bolak-balik, atau mengulang), “war-ruju’u”, yaitu kembali kepada tempat semula. Oleh karena itu disebut “hujan” dengan “raja’an”, yaitu awan menyerap air dari bumi kemudian mengembalikannya lagi jadi hujan secara berkala.

Hakikat sains : Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan bumi dari angin matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Dan lapisan udara tersebut dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer.

Lapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan Stratosfer dan Mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu.

Penelitian mengungkapkan bahwa lapisan-lapisan ini memiliki fungsi mengembalikan benda-benda atau sinar yang mereka terima ke ruang angkasa atau ke arah bawah, yaitu ke bumi. Berikut kajian ini dapat memberikan beberapa contoh fungsi "pengembalian" dari lapisan-lapisan yang mengelilingi bumi, sbb :
  • Lapisan Troposfer, 13 hingga 15 km di atas permukaan bumi, memungkinkan uap air yang naik dari permukaan bumi menjadi terkumpul hingga jenuh dan turun kembali ke bumi sebagai hujan.
  • Lapisan ozon, pada ketinggian 25 km, memantulkan radiasi berbahaya dan sinar ultraungu yang datang dari ruang angkasa dan mengembalikan keduanya ke ruang angkasa.
  • Ionosfer, memantulkan kembali pancaran gelombang radio dari bumi ke berbagai belahan bumi lainnya, persis seperti satelit komunikasi pasif, sehingga memungkinkan komunikasi tanpa kabel, pemancaran siaran radio dan televisi pada jarak yang cukup jauh.
  • Lapisan magnetosfer, memantulkan kembali partikel-partikel radioaktif berbahaya yang dipancarkan Matahari dan bintang-bintang lainnya ke ruang angkasa sebelum sampai ke Bumi.
Sifat lapisan-lapisan langit yang hanya dapat ditemukan secara ilmiah di era modrn tersebut, telah dinyatakan berabad-abad lalu di dalam Alquran. Ini satu bukti bahwa Alquran adalah firman Allah.
Wallahu A'lam!

BACA JUGA :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22



Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic