My Buku Kuning Center : ANREGURUTTA KH. AMBO DALLE MAHA GURU YANG KARISMATIK:

DROP MENU

Senin, Maret 16, 2020

ANREGURUTTA KH. AMBO DALLE MAHA GURU YANG KARISMATIK:

*Seminar Nasional Pengusulan Penganugerahan Gelar
Pahlawan Nasional kepada CPN AG.KH. Abd Rahman Ambo Dalle
*Catatan Pandangan/Pendapat Orang dan Tokoh Masyarakat
Tentang Kepahlawanan Anregurutta KH. Abdurrahman Ambo Dalle (09)

 AGKH. KH. ABD RAHMAN AMBO DALLE PANTAS DINOBATKAN SEBAGAI PAHLAWAN NASIONAL
Oleh: Andi Makmur Makka


Beberapa waktu silam saya (kembali) mengunjungi sebuah pesantren, tetapi kali ini pesantren “Darul Dakwah wal-Irsyad” (DDI), di Desa Kaballanggan, sekitar 250 kilometer Utara Ujung Pandang, di Sulawesi Selatan. Saya pergi mengunjungi Pendiri Pesantren, K.H. Abd Rrahman Ambo Dalle, yang dianggap berusia hampir 100 tahun (sudah meninggal, redaktur).


Pesantrennya bukan hanya Pesantren terbesar di seluruh Sulawesi, tetapi Pesantren terbesar di seluruh Indonesia Timur, yang berafiliasi di banyak desa dan kota. Saya memasuki Pesantren, seperti halnya saya memasuki Pesantren biasanya, tetapi saya menyadari suasana yang sangat berbeda yang tenang dan damai. Saya dibawa ke sebuah rumah kecil, kediaman Pendiri Pesantren ini, yang disebut dalam bahasa lokal sebagai “Anregurutta”, yang diterjemahkan menjadi sesuatu seperti “guru besar kami” karena ada sesuatu seperti tabu dalam menyebutkan namanya.

Untuk bertemu dengan Anregurutta saya tidak perlu melalui birokrasi apa pun yang mungkin kita harapkan ketika kita bertemu seseorang yang penting dalam kehidupan modern ini. Di sana ada pertukaran kata-kata sambutan yang sopan, sementara kami menunggu Anregurutta secara resmi dipersiapkan karena ia sudah sangat tua dan rapuh.

Saya sangat menantikan pertemuan pertama saya dengan pemimpin besar, yang namanya saya kenal sejak masa kanak-kanak karena dia adalah pemimpin spiritual besar dengan karisma terbesar dari ribuan santri hingga hari ini di Indonesia Timur. Dia keluar dari kamarnya dengan berjalan sedikit, didukung oleh seorang petugas.

Ketika Anregurutta duduk, dia dikelilingi oleh banyak santri besar yang tampaknya bertindak sebagai pelayan pribadinya. Salah satunya berperilaku cukup ceroboh, duduk di dekat guru besar dengan kedua kaki terentang. Bagaimana pun Anregurutta berbicara dengan tenang dan perlahan, sepertinya tidak memperhatikan perilaku ceroboh dari para pelayan.

Anregurutta adalah seorang pemimpin karismatik yang hebat, yang tangannya para santri mencium meminta restunya. Saya dapat mengisi coretan ini karena sentuhan tangannya semata-mata seakan meyakinkan kami akan berkatnya untuk seluruh hidup kami.

Pemimpin seperti Anregurutta disebut dalam literatur sebagai pemimpin karismatik. Namun karena sebagian besar literatur kita tentang kepemimpinan berasal dari dunia Barat, sulit untuk menemukan definisi tentang apa sebenarnya arti kepemimpinan karismatik.

Karakteristik fisik tampaknya tidak berlaku, usia tua atau kekayaan besar tidak mengidentikkan dengan karisma seperti itu, pemimpin besar ini tidak memiliki kekuatan gaib yang oleh banyak pemimpin spiritual yang sesumbar tentang klaim untuk diangkat. Berkat-berkatnya hanya ada dalam kepercayaan orang-orang yang telah menerima berkat seperti itu sementara dia sendiri tetap cukup sederhana.

Ketika saya pulang dari pertemuan ini, yang mungkin tidak akan pernah saya ulangi seumur hidup, saya merenungkan berapa lama tradisi ini akan bertahan dan berpikir bahwa itu hanya akan bertahan selama komunitas kita mempertahankan karakteristik komunalnya, masih menghormati kepemimpinan paternalistik dari mereka yang berusia tua dan menghormati kebijaksanaan.

Seiring berjalannya waktu, pemimpin yang benar-benar karismatik seperti Anregurutta dapat menghilang dan akan sulit untuk menemukan data empiris untuk menentukan jenis kepemimpinan karismatik mereka, bahkan di antara anak-anak didik mereka dan itu akan menjadi kerugian besar karena pada waktunya, pesantren akan kehilangan ulama dan guru agung seperti Anregurutta.

Oleh karena itu, Anregurutta KH. Abd. Rahman Ambo Dalle perlu diakui keberadaannya, secara nasional sebagai pahlawan nasional untuk mengenang karisma dan perjuangannya.

Penulis:
Andi Makmur Makka (Habibie Center)






Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic