My Buku Kuning Center : GURUTTA AMBO DALLE PAHLAWAN MULTI TALENTA :

DROP MENU

Senin, Maret 09, 2020

GURUTTA AMBO DALLE PAHLAWAN MULTI TALENTA :


*Seminar Nasional Pengusulan Penganugerahan Gelar
Pahlawan Nasional kepada CPN AG.KH. Abd Rahman Ambo Dalle
*Catatan Pandangan/Pendapat Orang dan Tokoh Masyarakat
Tentang Kepahlawanan Anregurutta KH. Abdurrahman Ambo Dalle (02)

GURUTTA AMBO DALLE PANTAS DIANUGERAHI GELAR PAHLAWAN NASIONAL
Oleh: H. Syamsuddin Sennang, S.Ag.

Gurutta Sangat layak dan Pantas mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional.
Beliau adalah sosok multi talenta dalam bidang pendidikan, dimana bukan saja disaat beliau  masih muda mengembangkan pendidikan, tapi sampai usia beliau senja ( usia 90 thn) masih saja mengajar santri-santrinya bila ada waktu senggang beliau.

Beliau tetap komitmen dimanapun berada selalu menjadi teladan baik sebagai seorang guru maupun sebagai pendakwah, menempatkan dirinya disegala kalangan, mulai dari masyarakat biasa sampai pejabat, beliau tdk menunjukkan adanya rasa sombong dan mau dihargai berlebihan,beliau tatap tampil apa adanya, sehingga para pejabat, pengusaha dan masyarakat yang di hadapinya tetap hormat dan salut pada  beliau.
(pengalaman ini. kami lihat sendiri mulai tahun 1992-1994 sebagai salah satu santrinya yang selalu diajak/Pattetteng/melayani beliau bila berkunjung diseluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, Kalimantan, Malaku dan Sulawesi Tenggara).

Dalam kehidpuan sehari hari menghadapi para pejabat yang meminta do’a dan restu beliau untuk jabatan tertentu, selalu dipesankan agar senantiasa ikhlas dan jangan mendhalimi Rakyat.

Komitemen beliau dalam pendidikan tidak pernah surut. Dimanapun beliau berada kalau ada waktu kosong selalu bertanya kepada santrinya yang kebetulan ikut bersama beliau tentang pelajaran, terutama yang berkaitan dengan kitab-kitab karangan beliau, khusunya di bidang bahasa Arab (kitab tamrinuttullab dan Mufradat).

Gurutta tidak pernah menolak undangan masyarakat untuk menghadirinya, walapun itu jauh dan medan yang sulit. Serta tidak membeda-bedakan status soaial masyarakat yang mengundang. Dan selalu berpesan kepada yang punya hajat agar menyekolahkan anak-anaknya di pesantren atau lembaga pendidikan Agama supaya menjadi anak-anak shaleh kelak.

Semangat beliau selalu baharu bila Gurutta telah melakukan kunjungan atau perjalanan, sesuatu yang baru selalu ingin diterapkan dalam lingkungan rumah beliau yang tentunya yang bisa ia jangkau untuk laksanakan.

Terakhir tidak pernah absen setiap pagi dan malam bila beliau ada dirumahnya bertanya kepada murid-muridnya tentang perkembangan pelajaran yang d dapatkan baik disekolah maupun pengajian meajid. Bagi anak-anak santri yang tinggal dirumah beliau.

Semoga Gurutta senantiasa mendapatkan Barakah dan Temapt yang Layak disisi Allah. Swt.Aamiin.

Dari Hamba Allah yang penah melayani hidup Gurutta, mengurusi Sarapan, Air panas, makan siang, Makan malam, dan Pakaian Gurutta, serta sering diajak bila menghadiri undangan masyrakat baik dalam kota di Sulawesi Selatan maupun di luar pulau Sulawesi.
Masuk Kaballlangan 1989, tinggal dan besar di pondok 1998-1991.
1992 tinggal bersama Gurutta sampai thn 1995.
Berasal dari Desa Paria Kec. Duampanua Kab. Pinrang
Sekarang tinggal di Sangatta Kab. Kutai Timur Kaltim.



Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic