My Buku Kuning Center : AGKH. ABD RAHMAN AMBO DALLE BERJASA TERHADAP KEUTUHAN NKRI:

DROP MENU

Kamis, Maret 12, 2020

AGKH. ABD RAHMAN AMBO DALLE BERJASA TERHADAP KEUTUHAN NKRI:


*Seminar Nasional Pengusulan Penganugerahan Gelar
Pahlawan Nasional kepada CPN AG.KH. Abd Rahman Ambo Dalle
*Catatan Pandangan/Pendapat Orang dan Tokoh Masyarakat
Tentang Kepahlawanan Anregurutta KH. Abdurrahman Ambo Dalle (05)


GURUTTA AMBO DALLE PANTAS DINOBATKAN SEBAGAI PAHLAWAN NASIONAL
Oleh: H. M. Fauzi Achmad Bachtar

Anregurutta KH. Abd. Rahman Ambo Dalle, berjazah terhadap keutuhan NKRI ketika beliau bertindak sebagai saksi atau pendamping dalam pertemuan antara DI/TII dibawah pimpinan Kahar Muzakkar dengan pihak TNI diwakili oleh Brigjen M. Yusuf selaku pangdam XIV Hasanuddin (waktu itu) untuk membicarakan kesepakatan damai yang dilaksanakan dalam wilayah Distrik Larompong luwu.



Anregurutta Ambo Dalle meyakini bahwa berperang melawan kebodohan sama pentingnya dengan mengangkat senjata melawan penjajah, karena kebodohan lah menjadi salah satu penyebab Indonesia terbelenggu oleh kolonialesme berabad-abad lamanya.

Gurutta mengajar dan mendidik masyrakat melalui Pondok Pesantren dan Madrasah/Sekolah yang didirikannya, sebutlah Madrasah Arabiyah Islamiyah (MAI) Mangkoso yang kemudian maju dan berkembang hingga sekarang menjadi Darud Dakwah Wal Irsyad (DDI).

Gurutta Ambo Dalle merupakan tokoh yang sangat penting dan berpengaruh dalam perjalanan bangsa Indonesia, khususnya Indonesia bagian Timur, bahkan hampir seluruh wilayah Nusantara, terbukti dengan berdirinya sejumlah Perguruan Tinggi, Pesantren, Madrasah/Sekolah DDI di hampir 17 Provensi.

Tidaklah berlebihan jika dikatan bahwa seluruh hidup Anregurutta Ambo Dalle di wakafkan untuk kepentingan dakwah dan pendidikan, kiprahnya dibidang dakwah dan pendidikan sangat nyata. Semasa hidupnya gerakan beliau dalam bidang dakwah dan pendidikan ini sangat dinamis dan produktif, hal tersebut ditandai dengan berdirinya beberapa Madrasah/Sekolah DDI yang beliau rintis sendiri. Salah satu contohnya adalah berdirinya DDI di pelosok pulau Kalimantan Timur, yaitu di Longiram Kutai Barat dan lain-lain.

Keihklasan dan ketuluasan Gurutta menjadi tauladan bagi kita semua, terutama bagi para santri Beliau, keihlasan dan ketulusan Gurutta menjalankan dakwah dan pendidikan menjadi spirit hingga sekarang.

Dari Aspek Spritualitas, Gurutta memberi spirit bagi para pejuang yang beliau sempat didik dimasa berada dalam hutan. Spirit keagamaan yang Gurutta  miliki sangat menginspirasi para pejuang kemerdekaan pada masa itu.

Dari Hamba Allah yang sekarang dipercaya sebagi Ketua Dewan Tanhfidz NU Kalimantan Timur.
H. M. Fauzi Ahmad Bahtar.




Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic