My Buku Kuning Center : MODEL BUSANA SYAR'I BAGI WANITA MUSLIMAH :

DROP MENU

Kamis, Desember 10, 2020

MODEL BUSANA SYAR'I BAGI WANITA MUSLIMAH :

Bukalah Bagian Tubuhmu Sebatas Yang Kamu Bisa Menahannya Dari Jilatan Api Neraka : 

By: My Buku Kuning


SEORANG anak gadis bertanya kepada bapaknya: Papa, bagian mana sajakah yang saya harus tutup dari tubuhku dan mana-mana saja yang boleh aku buka...!!!


Bapak menjawab: Kamu boleh saja membukanya sebatas yang kamu bisa tahan dari jilatan api neraka !


Lalu, ditempat berbeda datang seorang mahasiswi semester akhir dari sebuah universitas berkata lantang: Aku seorang mahasiswi muslimah, Alhamdulillah, taat beribadah, namun aku tidak memakai kerudung karena, sepengetahuan aku, Allah tidak memerintahkan wanita memakai kerudung atau jilbab..!!!

Di atas nampak dua kasus berbeda pada satu hukum yang sama; gadis kecil bertanya untuk mengetahui syariat agamanya yang benar langsung dari ahlinya, sedangkan mahasiswi perawan mencari pembenaran atas keadaan dirinya melalui analisanya sendiri. Bagaimana duduk perkaranya...???

Alquran - secara umum - mendiskripsikan pakaian penutup bagi perempuan dengan 3 istilah/model berbeda dalam satu pengertian yang sama, yaitu (KHIMAR, JILBAB dan HIJAB) :


1. KHIMAR (kerudung), Allah berfirman :

وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّ ۖ

Terjemah Arti: "Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya" (QS. An-Nur: 31).

Menutupkan kain kerudung (sampai) ke dada adalah memakai kerudung panjang untuk menutupi bagian leher dan dada.

2. JILBAB (busana panjang), Allah berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ

Terjemah Arti: "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka" (QS. Al-Ahzab: 59).

Jilbab adalah busana longgar panjang mempunyai kantong (tempat memasukkan/mengeluarkan tangan) dan mempunyai terusan penutup kepala, persis seperti busana tradisional perempuan Maroko.

3. HIJAB (tabir), Allah berfirman :

وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ۚ

Terjemah Arti: "Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir" (QS. Al-Ahzab: 53).

Tiga istilah atau tiga model busana di atas maknya hanya satu, yaitu perempuan wajib menutup seluruh tubuhnya kecuali bagian yang dibolehkan oleh syariat, yaitu muka dan kedua telapak tangan !

Bagi perempuan muslimah ada dua jenis pakaian yang harus selalu di mathing-matching kan setiap saat dan segala kondisi, yaitu :


Pertama: busana yang menutupi seluruh tubuh wanita muslimah, yaitu perintah yang diwajibkan oleh Allah dan rasul-Nya.

Kedua, pakaian yang menutupi jiwa dan hatinya, yaitu lebih utama dari yang pertama. Sebagaimana firman Allah: "pakaian takwa, itulah yang lebih baik". Wallahu A'lam !


#TAMAT: Trim's semua Komentar, Like dan Share.

Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic