My Buku Kuning Center : HAUL KE-24 AGKH. ABDURRAHMAN AMBO DALLE (29/11/1996 - 29/11/2020) :

DROP MENU

Minggu, November 29, 2020

HAUL KE-24 AGKH. ABDURRAHMAN AMBO DALLE (29/11/1996 - 29/11/2020) :

Hari Masuk Kuliah ku Hari Wafatnya Gurutta Ambo Dale :

By: Med Hata



MASIH INGAT sekali, Hari Jum'at, 29 Nopember 1996, pukul 21.00 GMT atau sekitar jam 12.00 WITA, saya bersama Sahabat saya Eka Putra Wirman (sekarang: Prof. Dr. Eka Putra Wirman, Lc., MA., Rektor UIN Imam Bonjol - Padang, Sumbar), menempuh perjalanan menuju ke Tetouan, Utara Maroko untuk memulai hari pertama saya masuk kuliah di Fak. Ushuluddin, Univ. Al-Qaraouiyinne. 


Kami waktu itu menumpang bus antar kota CTM, dan selama perjalanan tersebut  - yang di tempuh (kurang-kebih) 7 jam - kami tak henti-hentinya bercerita terus sampai pada tujuan akhir, pas bertepatan Adzan Subuh waktu Maroko. Tema cerita kami pun tidak berubah-rubah, hanya bercerita tentang kemulian dan karamah Anregurutta KH. Abdurrahman Ambo Dalle...


Saya sama sekali tidak mengetahui bahwa hari dan jam perjalanan saya tersebut untuk memulai menimba ilmu di negeri Ibnu Batouta adalah (juga) hari dan jam berpulangnya kerahmatullah Gurutta Ambo Dalle. Yang saya rasakan saat itu adala rindu yang mendalam dan serasa terbayang selalu wajah Gurutta di kepala saya... Tidak tau sebabnya...

Maka tanpa penduli lawan bicara saya mendengarkan atau tidak, saya berondong saja dia dengan kisah-kisah perjuangan seorang ulama yang saya cintai, yaitu cerita tentang kepribadian, keutamaan, kemulian,  pesan-pesan, dan sampai pada cerita tentang berkah dan keramat Anreurutta Ambo Dalle. 


Meskipun - mungkin - Eka saat itu merasa mengantuk tapi saya tak hiraukan, dan saya tau dia sangat menikmati dan tertarik dengan kisah Gurutta yang saya ceritakan tersebut, dia juga sekali-kali menyela dan kadang juga bertanya, dan itu semua tentang Gurutta Ambo Dalle...

Saya tidak tau mengapa saya antusias sekali bercerita tentang Gurutta saat itu, tentu kalau tau bahwa Gurutta sesungguhnya wafat hari itu juga maka cerita-cerita saya tersebut adalah ibarat "manaqib" ghaib. Dan mungkin itulah cara Allah memberikan firasat pada saya kalau Gurutta meninggal dunia hari itu. Maka saya pun membawakan "Manaqib"-nya selama sekitar 7 Jam (Perjalanan Rabat - Tetouan)...

Tahun 1996 tersebut belum populer internet dan juga waktu itu tidak banyak anggota mengetahui keberadaan saya di Maroko jadi sama sekali tidak berita yang saya terima tentang hari wafatnya Gurutta. Nanti setelah menjalani satu bulan kuliah di Tetouan barulah ada kesempatan libur hari raya ke ibukota Rabat. Dan di Rabat lah saya membaca Majalah Tempo yang Edisi itu memuat berita wafatnya Anregurutta KH. Abdurrahman Ambo Dalle...


HAUL KE-24 AGKH. ABDURRAHMAN AMBO DALLE (29/11/1996 - 29/11/2020).

اللَّهُمَّ، اغْفِرْ له وَارْحَمْهُ، وَاعْفُ عنْه وَعَافِهِ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بمَاءٍ وَثَلْجٍ وَبَرَدٍ، وَنَقِّهِ مِنَ الخَطَايَا كما يُنَقَّى الثَّوْبُ الأبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِن دَارِهِ، وَأَهْلًا خَيْرًا مِن أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِن زَوْجِهِ، وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ....

اللَّهمَّ اغْفِرْ لحيِّنا وميِّتِنا وشاهدنا وغائِبنا وصَغيرنا وَكبيرنا وذَكرِنا وأُنثانا اللَّهمَّ مَنْ أحييتَه مِنَّا فأحيِه علَى الإسلامِ ومن تَوَفَّيتَه مِنَّا فتَوفَّهُ علَى الإيمانِ اللَّهمَّ لا تحرمنا أجرَه ولا تُضلَّنا بعدَه).

الفاتحة،،،، أمين

Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic