My Buku Kuning Center : TREN MENANAM POHON DAN BUNGA :

DROP MENU

Senin, November 23, 2020

TREN MENANAM POHON DAN BUNGA :

Menanam Pohon Sedekah :

By: My Buku Kuning


"إذا قامت الساعة وفي يد أحدكم فسيلة فليغرسها”

Artinya: Apabila datang hari kiamat (kelak), dan masih tersisa benih (tangkai/biji) di tangan seseorang di antara kamu maka tanamlah (Hadits).


*Senang-lah kaum ibu-ibu yang sudah hobby mengoleksi bunga-bunga, karena aktifitas tersebut mendapat perhatian khusus di dalam Islam, dan nabi Muhammad SAW menganjurkan menanam pohon/bunga, serta menjanjikan pahala besar bagi penghobinya. Tapi, jangan hanya musiman aja he he he ...

ALKISAH! Ada seorang raja di sebuah negeri besar tempo doeloe, yang sangat perhatian pada produk sastra, suatu hari raja tersebut mengeluarkan sanyembara: Barangsiapa yang mampu menciptakan sebuah kata kata hikmah yang indah, akan diberikan hadiah 400 Dinar.


Maka sibuklah para pentolan-pentolan sastra dalam negeri merangkai bait-bait hikmah yang paling indah yang pernah dibuatnya. Maka menumpuklah karya-karya terbaik dari para pakar sastra beken tanah air yang masuk ke panitia kerajaan. Tapi, satu pun belum ada yang berkenan di hati raja. 

Lalu suatu sore raja berkeliling bersama pengawalnya diseputaran kota sekedar refreshing sambil mencari inspirasi baru, tiba-tiba ia bertemu seorang tua berkisaran usia sekitar 90-an tahun sedang menanam pohon zaitun di kebunnya... 

Raja sangat takjub menyaksikan semangat orang tua tersebut, lalu bertanya padanya: Hai, orang tua,,, mengapa kamu masih sibuk-sibuk saja menanam pohon zaitun di usia sekarang,,, pohon itu baru bisa produktif setelah 20-an tahun kemudian,,, kamu pasti tidak sempat memanennya lagi sudah keburu mati...??? 

Kata org tua dengan sangat bijaksana: "Kamu memakan buah zaitun hari ini, karena kakek mu pernah menanam pohonnya dahulu,,, maka tanam lah sekarang untuk anak cucumu besok...!!"

Tanpa sadar raja sontak berterik: Dahsyat,,, ini adalah kata-kata bijak yang sangat indah,,, ini yang saya cari,,, pengawal (panggil raja), berikan orang tua ini hadiah sanyembara 400 Dinar! Dan kakek tua menerima uang itu sambil tersenyum-senyum lebar... 

Lho, kenapa kamu tersenyum begitu? (kata raja). Dijawab lagi oleh kakek tua, mengatakan: Saya merasa lucu saja,,, tadi baru saja kamu katakan bahwa pohon zaitun itu bisa berproduksi setelah 20 tahun kemudian,,, tapi pohon zaitun saya ini baru saja saya tanam dan saya sudah memanen hasilnya sekarang,, he he he....

Wah, betul juga kamu,,, pengawal (panggil raja lagi), catat,,, ini juga yang terakhir adalah kata-kata bijak,,,, berikan lagi dia 400 Dinar tambahan! Setelah itu, raja bergegas bangkit dan buru-buru pergi meninggalkan orang tua bijak tersebut... Para pengawal heran dan bertanya: Baginda raja, mengapa kita buru-buru pergi,,, bukankah kita masih mau mendengarkan kata-kata bijak yang lain...?? 

Raja menjawab: Sudah-lah,,, mari kita cabut saja sekarang,,, kalau kita masih melanjutkan duduk di sini sampai pagi maka cash negara akan bangkrut, dan kata-kata bijak dari kakek itu tidak akan habis-habis,,, semua ucapan-ucapan yang dikatakannya adalah kata-kata bijak yang indah!!!

H I K M A H :

1. Temukan lah kata-kata Hikmah dari orang-orang yang sederhana

2. Tiada seorang muslim menanam suatu tanaman lalu dimakan dari tanaman itu oleh burung, atau manusia, dan atau hewan, kecuali bahwa baginya adalah sedekah (Hadits).

3. Menanam pohon atau bunga-bungaan itu bukanlah sia-sia atau main-main tetapi padanya ada garansi dan pahala besar dari Allah SWT. Termasuk bunga janda robek dst.

4. Menulis kalimat-kalimat indah itu menyenangkan bagi orang banyak dan sedekah bagi penulisnya. Amin. 

5. Lakukan aktifitas duniawi seakan-akan engkau akan hidup selamanya, fokuskan amaliyah akhirat seakan-akan engkau akan mati besok.

6. Gantungkan harapan setinggi mungkin.


#TAMAT : Trim's semua Komentar, Like dan Share.

Tidak ada komentar:

歓迎 | Bienvenue | 환영 | Welcome | أهلا وسهلا | добро пожаловать | Bonvenon | 歡迎

{} Thanks For Visiting {}
{} شكرا للزيارة {}
{} Trims Tamu Budiman {}


MyBukuKuning Global Group


KLIK GAMBAR!
Super-Bee
Pop up my Cbox
Optimize for higher ranking FREE – DIY Meta Tags! Brought to you by ineedhits!
Website Traffic